Corona Updates 31 Mei 2021, Bashar Al-Assad Menang Pemilu Presiden Suriah Raih 95,1 Persen Suara, Dewan HAM PBB Sepakat Melakukan Penyelidikan Atas Dugaan Kejahatan Perang Israel Dalam Serangan 11 Hari ke Gaza, Perusahaan Oil & Gas Shell Wajib Mengurangi Produksi Emisi Gasnya Hingga 45% Pada Tahun 2030 Mendatang

40

Hi there,

 
Rise and shine! We’re just today away from reaching halfway of 2021. If you’re on track with this year’s resolution, congrats. If you aren’t, it’s ok. Give yourself a break because well… this year is still looking preeetty much the same like last year. So be kind, and try again. You got this.

Now, let’s start with… Covid-19 updates.

Yep. it’s still here, and we’ll start from…
 
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.809.926 kasus, 50.262 meninggal (2,8% dari terkonfirmasi), dan 1.659.974 (91,7% dari terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (428.269 kasus), Jawa Barat (311.994 kasus), Jawa Tengah (198.198 kasus), Jawa Timur (154.315 kasus), dan Kalimantan Timur (71.370 kasus).
  • Dalam rapat sama DPR RI minggu lalu, Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono bilang bahwa dalam hal penanganan Covid-19, maka ibu kota DKI Jakarta ada di posisi paling rendah, yakni nilai E. Hal ini seiring dengan jumlah kasus yang meningkat, dan kinerja tracing yang nggak begitu bagus. Eiiits, tapi statement ini langsung ditarik lagi guys sama sama Menkes Budi Sadikin dan bilang bahwa justru DKI Jakarta punya nilai testing yang tinggi. Selain itu, Pak BGS juga minta maaf atas statement sebelumnya.
  • Menanggapi rapor E dari Kemenkes, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Jumat lalu bilang bahwa angka penularan Covid-19 maupun keterisian rumah sakit di DKI Jakarta lagi mengalami penurunan. Beliau bilang bahwa ibu kota serius banget dalam berupaya menanggulangi Covid-19, dan buktinya juga, Jakarta udah lama ga masuk zona merah.
  • Minggu lalu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat supaya berhati-hati terhadap kemungkinan vaksinasi ilegal. Pak Wiku bilang, warga harus lebih waspada pas mau menerima vaksin, dan turut mencermati sertifikat yang didapat pas udah selesai vaksinasi, apakah udah sesuai dengan yang diterbitkan pemerintah, apa belom.
  • Tadi malem, politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI Fadli Zon mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Dalam akun Twitternya, Bang Fadli bilang bahwa: “Di hari-hari menjelang 50 tahun, akhirnya saya terpapar Covid-19. Maret lalu sudah 2 kali vaksin, dan tes titer antibodi 250 (cukup baik). Covid-19 ini nyata ada.”

  • Weekend kemarin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bilang bahwa udah terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa daerah di Jateng. Adapun daerah tersebut adalah Kudus, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Banyumas, Cilacap, Klaten dan Jepara. Karenanya, Mas Ganjar kemudian udah neleponin para kepala daerahnya supaya terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di sana.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 169.953.037 kasus dan 3.533.629 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.251.944 kasus), India (27.894.800 kasus), Brazil (16.471.600 kasus), Perancis (5.719.877 kasus), dan Turki (5.178.648 kasus).

  • Over the weekend kemarin, warga di Brasil menggelar protes besar-besaran untuk mengkritisi pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro yang dinilai ngegampangin munculnya pandemi Covid-19. Para pemrotes mendesak supaya penegak hukum melakukan  investigasi terhadap kebijakan Bolsonaro di awal-awal pandemi yang meremehkan Covid-19, mendorong penggunaan obat yang belum terbukti, sampe menyudutkan pemerintah lokal yang memberlakukan pembatasan sosial. Alhasil, saat ini Brasil jadi salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbesar di Amerika Selatan, dengan lebih dari 450ribu orang meninggal.

  • Mulai 1 Juni besok, Malaysia bakal memberlakukan lockdown nasional demi mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Kebijakan ini baru aja diumumin sama Perdana Menteri Muhyiddin Yassin minggu lalu yang menyebut bahwa lockdown-nya bakal berlangsung sejak 1 sampe 14 Juni mendatang. Dengan kebijakan ini, maka hanya essential services yang bole beroperasi. FYI guys, kebijakan ini diambil setelah jumlah penambahan kasus di Malaysia mencapai rekor tertinggi harian selama empat hari berturut-turut, dan diyakini hal ini disebabkan oleh kumpul-kumpul lebaran.

  • Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi Covid-19 di Eropa pasca vaksin, Presiden Perancis Emmanuel Macron baru aja menyampaikan bahwa negaranya bakal membantu pengadaan vaksin di Afrika. Macron bilang, Prancis bakal mendonasikan lebih dari 30 juta vaksin ke Afrika lewat skema COVAX global vaccine initiative yang digawangi PBB.

  • Weekend kemarin, Duchess of Cambridge aka Kate Middleton baru aja menerima suntikan dosis vaksin covid-19 pertamanya. Di akun Instagramnya, Kate update lagi di-vaksin dengan caption: “I am hugely grateful to everyone who is playing a part in the rollout – thank you for everything you are doing.”

  • Berita bagus neh buat kamu yang udah dapet vaksin Sinovac, hasil uji coba independen yang dilakukan WHO menemukan bahwa emang Sinovac ini efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19. Meski begitu, para peneliti masih belum mendapatkan data yang cukup apakah vaksin ini aman untuk ibu hamil dan individu dengan penyakit bawaan.

  • Kondisi politik yang masih panas karena kudeta di Myanmar ternyata bikin sistem kesehatan di sana ikut ambruk. Pasca terjadinya kudeta, program penanggulangan Covid-19 di Myanmar terhenti. Terus, rumah sakit banyak yang nggak bisa beroperasi karena gaada tenaga kesehatan, gaada ambulans, gaada oksigen, hingga gaada obat-obatan. Akhirnya, kebanyakan pasien covid-19 di Myanmar hanya mendapatkan parasetamol dan disemangatin aja 🙁

Who’ve just cast their ballots?

Suriah.
Yoi, pada 26 Mei lalu, warga Suriah baru aja nyoblos untuk memilih presidennya. Dan tau siapa yang akhirnya menang? Yep, 100 buat kamu yang jawab si presiden inkumben, Bashar Al-Assad.
 
Sounds familiar…
Of course, secara dia udah jadi presiden Suriah selama 21 tahun, yakni sejak tahun 2000! (gantiin bokapnya yang juga menjabat selama 30 tahun geeez….) Nah, dengan kemenangan ini, maka Assad bakal menjabat lagi sebagai presiden Suriah untuk periode keempat. FYI guys dalam pemilu kali ini, doi mendapatkan dukungan sebesar 95,1 persen suara. Whoaaa….
 
Are  there any other candidates?
Of course. Jadi lawannya Assad pada pemilu kali ini ada dua, yakni  Abdallah Salloum Abdallah, mantan menteri dalam negeri Suriah, dan Mahmoud Ahmed Marei yang merupakan anggota kelompok oposisi. Dalam penghitungan suara, Salloum-Abdallah cuma mendapat 1,5 persen suara, dan Marei mendapatkan 3,3 persen suara.
 
Tapi tapi… bukannya Suriah lagi ada konflik ya?
Iya, lebih tepatnya perang sipil. Jadi emang sejak tahun 2011 lalu, Suriah lagi berdarah-darah hingga menyebabkan jutaan warganya jadi pengungsi di negara lain. Penyebabnya? Warga yang nggak puas dengan pemerintahan Assad yang kemudian menuntut Assad untuk mundur. Desakan ini kemudian dengan cepat bereskalasi jadi perang sipil, dan udah meluas ke mana-mana dengan melibatkan negara lain. Misalnya aja, Rusia yang mendukung Assad, dan negara-negara Barat kayak Amerika Serikat dan para sekutunya yang mendukung kelompok oposisi. So far, udah ada sekitar 400 ribu warga Suriah yang meninggal karena perang ini, dan 6,6 juta warga jadi pengungsi.
 
Oh no 🙁
Yep, nah balik lagi ke pilpres-nya tadi, walaupun lagi perang, pemilu di Suriah tetap jalan. Menurut Ketua Parlemen Suriah Hammouda Sabbagh, total voters turnout (pemilih yang menggunakan hak pilihnya) adalah 78 persen, atau sekitar 14 juta warga. Tapi guys, pemilunya ini banyak tapi-tapinya banget. Misalnya: pemilu cuma digelar di tempat-tempat yang dikontrol oleh pemerintahan Assad. Jadi buat daerah yang dipegang oposisi, contohnya di Kota Idlib, pemilunya nggak digelar. Selain itu, pemilu luar negerinya juga hanya dilakukan di kedutaan besar, padahal warga Suriah yang di pengungsian dan jumlahnya sangat signifikan, justru nggak menggunakan hak pilihnya.
 
Realllly?
Yep. Selain itu, kritikan juga datang negara-negara Barat yang bilang bahwa pemilunya gak legit dan nggak fair tanpa adanya supervisi dari PBB. Dalam keterangan bersama yang diterbitkan oleh Menteri Luar Negeri Prancis, Jerman, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat, disebutkan juga bahwa: “We support the voices of all Syrians, including civil society organizations and the Syrian opposition, who have condemned the electoral process as illegitimate.”
 
Olrite. Now what?
Well, meskipun banyak yang nggak setuju dengan hasil ini, namun Assad tetap menyampaikan rasa “terima kasih”-nya pada warga Suriah atas partisipasi mereka dalam pilpres dan mengajak masyarakat untuk membangun harapan dan membangun Suriah. Selain itu, kalo soal kritikan dari negara Barat terkait hasil pemilu ini, Assad bilang “West opinion counted zero.” Ouccch….
 
Got it. Anything else I should know?
Walaupun udah menang, sebenernya Assad punya banyak PR untuk membangun kembali negaranya, khususnya secara ekonomi. Jadi sejak perang sipil terjadi, ekonomi Suriah langsung terjun bebas dan saat ini, lebih dari 80% warga di sana berada dalam kemiskinan. Selain itu, inflasi juga terus terjadi meskipun Assad udah dibantu oleh para sekutunya, Rusia dan Iran.

Who’s just putting up the “under investigation” sign?

The United Nations Human Rights Council, to Israel.

 
U talking about the Palestine attack?
Yep. Jadi minggu lalu, Dewan HAM PBB baru aja sepakat untuk melakukan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel dalam serangan 11 hari ke Gaza, Palestina yang terjadi pas Lebaran kemarin.
 
Tell me more.
Ok. Jadi usulan investigasi ini datang dari perwakilan OKI (Organisasi Kerjasama Islam) dan delegasi Palestina di Dewan HAM PBB. Usulan ini kemudian di-vote, dan hasilnya, dari 47 perwakilan negara yang hadir dalam proses voting tersebut, ada 24 yang setuju, 9 negara nggak setuju, dan 14 negara abstain.
 
Whoaaaa….
Yep. In case you’re wondering, adapun negara yang mendukung resolusi ini di antaranya adalah China dan Rusia, sedangkan negara-negara Eropa banyak yang menolak. Meanwhile, Amerika Serikat yang sejak era Trump keluar dari Dewan HAM PBB nggak banyak komentar, namun setelah keputusan diambil, White House mengeluarkan keterangan pers yang menyesali keputusan tersebut.
 
Terus gimana?
Yha yaudah. Dengan adanya mandat investigasi ini, maka Dewan HAM PBB bakal membentuk komisi penyelidikan yang bakal menyidik dugaan pelanggaran HAM di Gaza dan West Bank. Adapun kerjaan mereka nantinya nggak hanya terkait pelanggaran HAM aja, tapi juga untuk mencari tahu penyebab ketegangan, instabilitas, hingga dugaan diskriminasi yang dialami oleh satu etnis, ras, maupun agama di sana.
 
I see…
Nah terkait resolusi ini, pemimpin Dewan HAM PBB, Michele Bachelet bilang bahwa menurut verifikasi data terakhir, ada 270 orang penduduk Gaza yang meninggal, dan 68 di antaranya adalah anak-anak. Adapun dari pihak Israel, korbannya ada 13 orang. Selain itu, Bachelet juga bilang bahwa dalam kejadian serangan kemarin sebenernya di kedua belah pihak ada pelanggarannya. Hamas yang menembakkan roket ke area sipil di Israel termasuk melanggar hukum internasional, tapi Israel yang juga membombardir wilayah sipil dan padat di Gaza bisa dibilang udah melakukan kejahatan perang.
 
I wonder what Israel says about this ….
Objection, ga setuju, gaakan kooperatif. Gitu katanya gengs. Jadi menanggapi keputusan tadi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bilang bahwa keputusan tersebut ‘memalukan’ dan menilai Dewan HAM PBB udah ‘membenarkan’ aksi kelompok teroris. Netanyahu juga bilang bahwa serangan yang dilancarkan tentaranya udah sesuai dengan hukum internasional.

When you realllly need to start Monday with a good news…

Meet: Keputusan pengadilan Belanda.
Yang pada minggu lalu memutuskan bahwa perusahaan oil & gas Shell wajib mengurangi produksi emisi gasnya hingga 45% pada tahun 2030 mendatang. Keputusan ini kemudian disambut positif sama para aktivis lingkungan yang deg-degan nunggu hasilnya di luar gedung pengadilan. Menurut Roger Cox, selaku pengacara dari salah satu organisasi lingkungan yang ikut menggugat Shell, putusan ini merupakan “Kemenangan bagi iklim dan akan mendorong munculnya gerakan yang sama di negara-negara lain.”
 
Terus ni guys, soal putusannya sendiri, pengadilan Den Haag tadi nggak menjabarkan secara spesifik gimana caranya Shell harus mengurangi produksi emisinya, jadi yha bebas aja mo kayak gimana, yang penting berkurang. Menanggapi putusan ini, Shell menyebut bahwa mereka kecewa banget karena sebenernya, mereka udah berinvestasi milyaran dollar untuk menghasilkan energi dengan karbon yang rendah. Selain itu, mereka juga mendukung penelitian atas kendaraan listrik, hidrogen, energi terbarukan, dan biofuel. Karenanya, Shell berencana untuk mengajukan banding atas putusan ini.

“Ke sini sebetulnya ingin mencoba lontong kupang dan sop kokot karena di Jabar enggak ada,”

Gitu guys kata Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil pas ditanya terkait maksud dan tujuan kunjungannya ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu kemarin. Selain ke Surabaya buat mam, Kang Emil juga ketemu sama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Dardak.
 
 Enggak guys, ga bahas pilpres kok…

Catch Me Up! Recommendations

Monday is for… taking it slow. So, try these tricks to boost your mood instantly.

Announcement


Thanks to Odi Rakhma, Trilili, Seseorang, Yang baca CMU & Prast AN for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Jadi kemarin aku pergi sama adik aku ke swalayan. Adik aku udah cukup besar tapi belum bisa jalan. Terus, pas aku mau masukin dia ke troli agak susah karena ngepas banget.. Tapi, ada ibu-ibu lagi antre di kasir terus liat aku kerepotan, aku dibantuin masukin adik ke troli, dan ada mas pegawai yang bantuin megang trolinya.. Makasih banyak buat Ibu dan Mas-nya. The little things matter karena ga semua orang ramah dan peduli dengan difabel❤
-Smile-
 
2. I feel so bad today. Akhirnya jadi semrawut gitu, eh tahu-tahu pas pulang kerja ada cahaya orange gitu. Silau banget, dan ternyata sunset-nya bagus banget. Seketika bad mood ilang, dan langsung ambil kamera buat ngefoto. Dalam hati, cuma bisa kagum sama ciptaan-Nya. Eh tahu, ga ada angin ga ada hujan, tiba-tiba bos aku kasih makanan sama cemilan banyak bangetttt 🙂 That was simple but made me feel that I am not alone. Tuhan selalu punya cara buat kita bahagia lewat hal- hal kecil 🙂 Hope your days shine brighter yaaaaw!
-Salatiga-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!