Corona Updates 3 Mei 2021

28

Hi, it’s your Covid-19 updates again…

Yep, welcome back to your weekly covid-19 updates. Now, let’s start…
 
Nationally…
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.677.274 kasus, 45.796 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 1.496.126 (91,3% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (409.546 kasus), Jawa Barat (281.959 kasus), Jawa Tengah (184.441 kasus), Jawa Timur (147.977 kasus), dan Kalimantan Timur (68.765 kasus).

  • Minggu lalu, Presiden Jokowi ngingetin kita supaya hati-hati menjelang libur panjang. Hal ini karena kalo diliat dari tahun lalu, maka selalu ada kenaikan kasus Covid-19 ketika libur panjang. Pak Jokowi juga ngingetin bahwa tahun lalu, laju Covid-19 pasca Idulfitri naik sampe 93 persen.

  • Seiring dengan melonjak tajamnya pengunjung Pasar Tanah Abang dalam beberapa waktu terakhir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa mulai Senin (3/5) besok, Pemprov DKI bakal memberlakukan kebijakan buka tutup untuk membatasi jumlah pengunjung.

  • Buat kamu yang di Jawa Timur, kamu perlu tahu nih bahwa mulai 6-17 Mei 2021 mendatang, otoritas berwenang bakal menyekat jembatan Suramadu, yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura. Adapun kebijakan ini diambil demi menekan mobilitas masyarakat saat penerapan periode larangan mudik Lebaran.

  • Minggu lalu, ditemukan kluster terawih di Banyumas, Jawa Tengah. Dari hasil penelusuran oleh petugas kesehatan setempat, ditemukan bahwa kasus positifnya ada 55 kasus, dan rata-rata dalam kondisi ringan atau tanpa gejala.

  • Setelah ditemukan antigen bekas yang dipake kembali di Bandara Kualanamu, Medan minggu lalu, pemerintah kemudian berencana untuk menangani dan membenahi pengelolaan limbah medis agar kejadian yang sama nggak terulang lagi.

  • Mulai hari ini, rute penerbangan dari Indonesia ke Wuhan, China kembali dibuka. Adapun penerbangan bakal dilayani oleh maskapai Lion Air tiap hari Senin. FYI guys, sebagai tempat pertama kalinya ditemukan virus corona, Wuhan emang udah mulai membuka kembali penerbangan sejak September 2020 lalu. Kebijakan ini diambil setelah kasus di sana close to none. 
Meanwhileee internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 152.222.621 kasus dan 3.193.325 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (32.392.665 kasus), India (19.557.457 kasus), Brazil (14.725.975 kasus), Prancis (5.703.505 kasus), dan Turki (4.849.408 kasus).

  • Weekend kemarin, warga di Wuhan, China menghadiri hari pertama pelaksanaan konser Wuhan Strawberry Music Festival yang digelar bertepatan dengan liburan May Day. Dalam acara itu, disebutkan bahwa ada sekitar 11 ribu orang yang dateng, dan ada yang pake masker, ada yang enggak. Memang menurut data pemerintah, kasus Covid-19 di Wuhan udah hampir gaada.

  • Berita gembira juga datang dari Amerika Serikat yang pada minggu lalu udah berhasil memberikan vaksin pada 100 juta warganya. Dengan perkembangan ini, maka berbagai wilayah di AS udah siap-siap kembali ke “kehidupan normal”, contohnya New York yang per bulan ini udah membolehkan dine in di restoran dengan kapasitas 75%.

  • Minggu lalu, Pakistan memutuskan untuk mengurangi jumlah penerbangan internasional yang masuk ke negaranya sampai 80%. Kebijakan ini diambil seiring dengan penularan Covid-19 yang masih tinggi di negeri tersebut. FYI guys, pengurangan jumlah penerbangan ini bakal berlangsung sejak 5 Mei hingga 20 Mei.

  • Seiring dengan makin meningkatnya kasus Covid-19 di India, banyak negara-negara yang melarang masuknya pendatang dari sana. Baru-baru ini, Australia juga mengeluarkan aturan yang melarang pendatang dari India masuk ke negaranya, termasuk warga Australia sendiri. Kalo maksa guys, maka orang tersebut terancam penjara paling lama lima tahun.

  • Ga cuma Australia, namun Singapura juga menutup perbatasannya bukan cuma buat penerbangan dari India, namun juga negara-negara tetangganya kayak Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, dan Nepal. Adapun kebijakan ini berlaku buat mereka yang baru aja travelling dari negara-negara tersebut selama 14 hari terakhir.

  • India sendiri saat ini masih mengalami gelombang Covid-19 terparah yang pernah terjadi dengan jumlah kasus baru menyentuh 400 ribu kasus dalam satu hari. Seiring dengan perkembangan ini, banyak daerah di India yang akan mulai memberlakukan lockdown mulai dari minggu ini.