Corona Updates 24 Mei 2021, Puluhan Ribu Orang di Seluruh Dunia Melakukan Aksi Untuk Mendesak Dihentikannya Kekerasan Oleh Israel Terhadap Warga Palestina, 24 Persen ASN Dibawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Akan Bekerja Dari Bali, Hati-hati! Meminum Alkohol Bisa Menurunkan Fungsi Otak

97

Good morning,

 
Happy Monday! It’s the new week again and if it feels so slow because gajian is so close yet so far…trust us, we can relate. So, maybe let’s take it slow today. Stretch up a little bit, sip your coffee, and scroll down…

Monday is for… your weekly Covid-19 updates.

Yep, we’ve been starting the week with Covid-19 updates for almost half a year now. However, no matter how challenging these times may be, we believe someday, we will have our last update. Just… keep your faith strong.

Nationally…

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.758.898 kasus, 48.887 meninggal (2,8% dari terkonfirmasi), dan 1.621.572 (92,2% dari terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (420.459 kasus), Jawa Barat (301.003 kasus), Jawa Tengah (191.588 kasus), Jawa Timur (151.931 kasus), dan Kalimantan Timur (90.404 kasus).
  • Baru-baru ini, diketahui bahwa sebaran mutasi virus corona varian B1617 terus bertambah di Indonesia. Adapun virus ini ditemukan pada sekitar 13 anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Filipina yang melakukan bongkar muatan di Cilacap, Jawa Tengah.
  • Sabtu kemarin, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta supaya Posko PPKM Mikro tingkat desa atau kelurahan menerapkan kebijakan lockdown kalo ditemukan ada penghuni dari lima rumah di satu RT yang terpapar Covid-19. Adapun kebijakan ini disampaikan seiring sama penambahan jumlah kasus akibat arus balik Idul Fitri.
  • Minggu lalu, Pak Presiden Jokowi menyampaikan kritikannya terhadap negara-negara kaya yang disebut menguasai 83 persen stok vaksin Covid-19 di dunia. Kata Pak Jokowi, sayang banget dengan adanya kesenjangan ini karena ternyata, negara-negara berpenghasilan rendah cuma dapet 0,3 persen pasokan vaksin Covid-19. At the same time, negara-negara kaya udah memulai vaksinasi untuk anak dan remaja, yang sebenernya bukan kelompok prioritas.
  • Munculnya isu yang bilang bahwa keberadaan vaksin gotong royong ada motif bisnisnya bikin kementerian BUMN angkat bicara. Menurut Jubir kementerian Arya Sinulingga, gaada tuu upaya lembaganya cari untung dari penggunaan vaksin merek tertentu. Justru harga vaksin dari Sinopharm yang Indonesia dapetin dari China merupakan harga termurah kedua dunia, dan hanya ada di bawah China yang memproduksi sendiri vaksin covid-19 tersebut.
  • Ada kabar yang bikin deg-degan ni guys dari Amerika Serikat. Jadi menurut The Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), angka kasus kematian warga Indonesia akibat virus corona sebenernya lebih banyak daripada data yang dilaporin sama pemerintah. Menurut prediksi IHME, per 22 Mei kumulatif kasus kematian Covid-19 Indonesia mencapai 123.533 kasus. Sementara laporan kasus kematian di Indonesia per 22 Mei dilaporkan 49.205 kasus. This means, IHME memprediksi kematian Covid-19 di tanah air sebesar 2,5 lipat dari data yang dilaporkan pemerintah Indonesia.
  • Menjelang Hari Raya Waisak yang jatuh pada Rabu (26/5) mendatang, Kementerian Agama (Kemenag) mengatur adanya pembatasan jumlah peserta peribadatan, yakni 30 persen aja dari kapasitas. Menurut keterangannya, panduan ini dibuat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Budhis dalam penyelenggaraan sembahyang yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 166.723.247 kasus dan 3.454.220 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (33.104.963 kasus), India (26.530.132 kasus), Brazil (16.047.439 kasus), Prancis (5.979.597 kasus), dan Turki (5.178.648 kasus).
  • Mulai minggu lalu, Bangladesh menerapkan aturan lockdown di lima kamp penampungan pengungsi Rohingya Cox Bazaar karena meningkatnya angka jumlah kasus positif Covid-19 di sana. Dengan adanya aturan ini, maka para pengungsi nggak boleh kumpul-kumpul maupun melakukan pergerakan antar kamp.
  • Mulai Sabtu kemarin, Argentina udah memberlakukan lockdown ketat untuk pertama kalinya. Adapun kebijakan ini diambil setelah penambahan Covid-19 mencapai lebih dari 35 ribu kasus selama tiga hari berturut-turut. Fyi guyslockdown ini bakal berlaku sampe 31 Mei mendatang, dan bakal membatasi berbagai kegiatan terkait bisnis, pendidikan, keagamaan, hingga olahraga.
  • Lembaga Moneter Internasional (IMF) pada Jumat lalu menyampaikan prediksinya bahwa pandemi Covid-19 ini bisa berakhir setelah seenggaknya 40% dari populasi dunia udah divaksin di akhir tahun 2021, dan meningkat hingga 60% di awal tahun 2022. Untuk bisa melakukan hal ini, IMF bilang bahwa pemerintahan negara-negara harus mengalokasikan dana sebesar US$ 9 Trilyun untuk meningkatkan kebangkitan ekonomi global.
  • World Health Organization (WHO) minggu lalu bilang bahwa sebenernya, jumlah orang meninggal karena Covid-19 banyak yang nggak keitung. Menurut WHO, jumlah total orang meninggal karna Covid-19 di seluruh dunia bisa aja mencapai enam sampe delapan juta, jauh di atas angka resmi saat ini di 3,4 juta. Adapun perbedaan itung-itungan ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya nggak adanya pelaporan maupun testing yang dilakukan di negara-negara berkembang atau miskin.
  • Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala menyatakan minggu lalu bahwa penting banget nih, vaksin Covid-19 diproduksi di Afrika maupun Amerika Latin. Menurutnya, hal ini diperlukan supaya negara-negara berkembang bisa dapet akses dengan cepat ke vaksin. Okonjo-Iweala juga bilang bahwa secara saat ini, banyak vaksin yang diproduksi di negara maju, maka negara-negara maju ini jadinya “menimbun” vaksin untuk warganya sendiri.

    Who’s giving support for Palestinians?

People all over the world. 
 
Really? 
Yes. Jadi over the weekend kemarin, puluhan ribu orang di seluruh dunia turun ke jalan untuk mendesak dihentikannya kekerasan oleh Israel terhadap warga Gaza, Palestina.
 
Di mana aja aksinya?
Ada lebih dari 100 kota di dunia yang udah melakukan aksi menentang kekerasan Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Adapun aksi protes ini dilakukan oleh para warga di New York, London, Cape Town, Auckland, negara-negara di Eropa, dan di Indonesia juga.  FYI, agenda aksinya banyak banget dan terjadwal sampai tanggal 30 Mei nanti. Here’s the full list.
 
Tell me more!
OK. Jadi di Amerika Serikat aja, ada lebih dari 90 aksi dukungan terhadap Palestina over the weekend kemarin. Aksi ini dilakukan di beberapa kota, kayak New York, Houston, Philadelphia, Chicago, dan Portland. Adapun para peserta aksi memadati berbagai titik kota sambil meneriakkan yel-yel yang mendukung warga Palestina. Selain itu, mereka juga mengutuk keras pemerintah Israel yang telah menggunakan kekerasan tidak proporsional dengan cara membom Gaza di wilayah yang populasinya tinggi.
 
Speaking of Gaza… any updates?
Nah, soal Gaza, jadi pada Jumat kemarin, Israel dan warga Palestina (Hamas) setuju untuk melakukan gencatan senjata. Keputusan ini akhirnya diambil setelah menewaskan ratusan orang, including women and children, serta kerusakan berat terhadap infrastruktur di Gaza. In fact saat ini, warga Gaza tengah mengalami krisis air bersih, di mana sekitar 250.000 penduduk Gaza kehilangan akses ke air bersih.
 
🙁
Ya gitu guys. Ya gimana ga hancur, jadi serangan udaranya Israel itu dilakukan selama lebih dari 11 hari full, dan secara keseluruhan, Israel udah membunuh 232 warga Palestina, 65 di antaranya adalah anak-anak. Terus, terdapat 1.900 penduduk Gaza yang luka-luka dan sekitar 120 ribu penduduk terpaksa mengungsi. Meanwhile, ada 12 orang, 2 di antaranya anak-anak, yang meninggal di Israel.
 
:(((((((
Dalam segi infrastruktur, laporan PBB mencatat bahwa Gaza kehilangan satu-satunya lab tes Covid-19 karena hancur oleh serangan Israel. Selain itu, ada 46 sekolah yang hancur, termasuk di antaranya 2 TK, dan beberapa training center untuk para pengungsi Palestina. Selain itu, sebagian bangunan dari Islamic University of Gaza juga rusak, dan ada 6 rumah sakit hingga belasan klinik juga hancur lebur.
 
Terus kok bisa akhirnya ada gencatan senjata?
Iya. Jadi, menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan sama Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, disebutkan bahwa pihak Israel menyetujui inisiatif gencatan senjata yang akan dimediasi sama Mesir. Selain Mesir, Qatar dan PBB juga menawarkan proses mediasi. Meanwhile, Joe Biden menyerukan agar Israel melakukan ‘penurunan yang signifikan’ atas kekerasan di Jalur Gaza.
 
Terus? 
Biden juga janji bakal memberikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi Gaza. Selain itu, Biden janji ke Israel untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel (FYI banyak anggota Partai Demokrat yang nggak setuju tentang ini, mereka nggak mau jual senjata ke Israel). Selanjutnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken juga dijadwalkan akan bertemu dengan Menlu Israel dan Palestina minggu ini.
 
Ok. Anything else? 
Di Indonesia, aksi bela Palestina dilakukan di hampir seluruh daerah, termasuk di Jakarta, Ciamis, Bandung, Palu, Solo, Medan dan daerah-daerah lain sejak hari Jumat kemarin.  Di Jakarta, aksi dilakukan di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, dan ada 11 orang yang diamankan oleh polisi dalam aksi tersebut karena tidak mematuhi protokol kesehatan. Di Bandung, ribuan warga melakukan long march dari Gedung Sate ke Gedung Merdeka. Di Solo, aksi solidaritas untuk Palestina digelar di Bundaran Gladag dan dibubarkan oleh aparat karena oratornya menyinggung Kapolresta Surakarta.

When Work from Bali is your biggest dream…

If you’re an ASN.. you may live your dream soon. 
 
Whaaaat?
Yep. Jadi gengs, pemerintah rencananya bakal mewajibkan 24 persen aparatur sipil negara (ASN) di tujuh kementerian/lembaga di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk bekerja dari Bali (WFB).
 
HAH?? Seriously? 

Yep. Hal tersebut akan berlaku pada kuartal ketiga tahun ini.  For those of you who are excited, here’s the list of kementerian yang bakal memberlakukan WFB:

  • Kementerian Kelautan dan Perikanan,
  • Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),
  • Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,
  • Kementerian Perhubungan,
  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan
  • Kementerian Investasi.
So jealous!!!! 
Same.  Menurut Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, kuota ASN yang bakal WFB tergantung sama budget negara aka Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).  Aturan ini juga akan disesuaikan sama aturan work from office (WFO) ASN yang hanya 50 persen boleh di kantor.
 
Hmmm…tapi emang WFB ini biar apa?
Well, menurut Pak Vinsensius, kebijakan tersebut bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. Jadi menurut beliau, diharapkan bahwa dengan adanya WFB, maka tingkat okupansi hotel di Bali bakal meningkat. Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa kebijakan tersebut dibuat untuk memulihkan pariwisata Bali.  FYI, komitmen program WFB ini juga udah diteken dalam nota kesepahaman lho, pada Selasa kemarin.
 
Whoaaa so legit! Anyway, any comments?
Tentunya. Menurut Trubus Rahadiansyah selaku pengamat dari Universitas Trisakti, program tersebut nggak akan efektif. Ia menilai bahwa kebijakan tersebut malah bakal boros, bukannya untung. Menurutnya, di masa pandemi gini, masih banyak kebutuhan negara yang lain, selain menggunakan anggaran untuk bayarin ASN work from Bali.  Ia juga bilang bahwa hal tersebut akan merugikan kesehatan, bisa jadi program tersebut malah akan mengakibatkan transmisi lokal.
 
Ok, anything else? 
Pak Vinsensius mengatakan bahwa pemerintah masih perlu mengkaji kebijakannya secara lebih detail.  Pemerintah masih harus menentukan kuota dan jenis pekerjaan apa aja yang harus dilakukan di Bali.  Usulan awalnya adalah pekerjaan-pekerjaan rutin, kayak kesekretariatan dan rapat-rapat yang bakal dilakukan di Bali.  Ia juga mengatakan bahwa harus ada peraturan agar ASN yang WFB nggak boleh mengajak keluarganya.

When you loooooove drinking alcohol…

Be careful guys. 
Karena ternyata, meminum alkohol itu bisa menurunkan fungsi otak. Udah tau? Ok good. Tapi ini nih bagian yang harus bikin kamu lebih waspada: There’s no such thing as a “safe” level of drinking. Meaning, nggak ada tuh level ‘aman’ dari minum alkohol. In other words, mau kamu minum sedikit atau banyak, tetap aja konsumsi alkohol akan mengakibatkan kerusakan pada otak. Yha kalau lebih banyak minumnya, kerusakannya juga lebih banyak, namun kalo minumnya dikit, bukan berarti hal itu nggak “merusak” cara kerja otak kamu, tapi tetap aja ada kerusakan, tapi dikit. FYI, hal ini ditemukan dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Oxford University. Jadi dalam penelitiannya, para researchers memperhatikan pola konsumsi alkohol dari 25.000 orang di Inggris. Setelah itu, dilakukan scan terhadap otak para partisipan tadi. Hasilnya, ditemukan bahwa minum alkohol berpengaruh pada “area abu-abu” yang ada di otak mereka. Jadi, area abu-abu ini berguna untuk menyimpan informasi penting di otakmu. Makin banyak minum alkohol, maka area abu-abunya makin berkurang, yang berefek bikin kamu jadi lebih gampang lupa. Pada orang tua, area abu-abu ini berkurang signifikan banget kalo mereka menderita dementia. Nah, balik lagi ke alkohol, ternyata apa pun jenis alkohol yang kamu konsumsi, mau bir, wine, spirits, soju, dll, efeknya sama aja guys, jadi gaada tuh, istilah-istilah “drinking moderately”, karena teteup aja, yang paling aman nggak minum alkohol sama sekali. Gitu ceunah.

“Saya tidak diundang,”
 
Gitu guys kata Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo ketika ditanya kenapa dirinya nggak hadir dalam acara penguatan soliditas partai menuju Pemilu 2024 yang digelar di Kantor PDIP Jateng di Semarang. Soal nggak diundang ini, Ketua DPP PDI-P Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto bilang bahwa Mas Ganjar nggak diundang karena dianggap berseberangan  soal langkah pencapresan di 2024.
 
Pssst… 2024, it’s getting hotter here…

Catch Me Up! Recommendations

Since it’s Monday… why don’t we go for some light jog this morning? Well, these are somtips for your first run.

Announcement


Thanks to Somebody for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Motor saya ngambek di jalan alternatif dan sama sekali tidak mau start. I was totally down karena bengkel terdekat jaraknya 5 KM dan bawaan lumayan banyak. Tiba-tiba ada mas2 berhenti dan nawarin dorong. Sampai bengkel, saya bermaksud kasih sedikit rejeki sebagai ungkapan terima kasih. Masnya nolak dan bilang, “Saya ikhlas, Mba. Hati2, ya, semoga motornya gapapa.” Masih banyak orang baik di luar sana and I am thankful I met one of them.
-Moony-
 
2. Temenku kuliah tiba2 nanyain alamat dan ternyata doi kirim hampers jualannya dia. Seneeng dong dapat paket wedang uwuh, susu kambing, dan baby fish yang udah digoreng. Lalu aku kepikiran untuk beli hampersnya dia untuk aku kirim ke ortu dan ustadzahku waktu dulu aku masih di Jogja. Kata beliau, pas banget beliau lagi pengen susu kambing yang rasa strawberry. Dan ternyata rezeki langsung datang. Memang menyenangkan yah bisa berbagi dan mewujudkan mimpi orang sekitar kita. Semoga Allah mampukan kita dalam bentuk fisik atau harta untuk nyenengin orang di sekitar kita.
-Izza- rantau di Jaksel-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!