Corona Updates 17 Mei 2021

52

Here’s some weekly Covid-19 updates.

Yep, we are now bracing for the possible covid cases surge, due to Mudik. Here’s what else you need to know about the pandemic…
 
Nationally.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.739.750 kasus, 48.093 meninggal (2.8% dari Terkonfirmasi), dan 1.600.857 (92% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (419.047 kasus), Jawa Barat (296.512 kasus), Jawa Tengah (189.604 kasus), Jawa Timur (151.084 kasus), dan Kalimantan Timur (70.023 kasus).

  • Kemarin, Kementerian Kesehatan secara resmi menghentikan dulu distribusi dan penggunaan 448.480 dosis vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 di tanah air. Menurut Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, kebijakan ini diambil sebagai tindak lanjut atas laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang diduga ada hubungannya dengan vaksin tersebut.

  • Beberapa hari seusai lebaran, berbagai tempat wisata di Jakarta penuuuuh sama warga yang mau berekreasi. Salah satu tempat yang dipadati warga adalah Pantai Indah Kapuk (PIK), Pantai Pasir Putih, dan Pantai Maju yang ada di Jakarta Utara. Nah, untuk mencegah kerumunan massa, polisi akhirnya menutup akses masuk menuju tiga lokasi tersebut.

  • Kepadatan juga terjadi di berbagai tempat wisata di Jawa Barat, kayak Pamengpeuk di Garut, Pantai Batukaras di Pangandaran, hingga Ciwidey. Untuk mengantisipasi penularan, pemerintah setempat juga udah menutup akses ke Pangandaran dan Ciwidey.

  • Jumat lalu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Pak Wiku Adisasmito bilang bahwa telah terjadi peningkatan kasus covid-19 secara signifikan di Pulau Sumatra. Beliau menyebut bahwa saat ini, lima dari 10 provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak secara nasional berasal dari Pulau Sumatra. FYI guys, kelimanya adalah provinsi Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Sumatera Selatan.

  • Buat kamu yang baru mudik juga nih, Pak Wiku bilang bahwa kamu wajib melakukan karantina selama lima hari setelah sampai di tempat tujuan. Menurut Pak Wiku, hal ini penting demi menekan laju penyebaran Covid-19.

  • Masih inget kasus swab antigen bekas di Kimia Farma, Kualanamu, Medan guys? Nah, sebagai buntut dari temuan ini, kemarin, Menteri BUMN Pak Erick Thohir baru aja memecat seluruh direksi Kimia Farma Diagnostika (KFD) yang membawahi lab-lab tes  Covid-19 di tanah air. Kata Pak Erick, persoalan tes antigen bekas itu emang harus direspons secara profesional dan serius.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 162.564.670 kasus dan 3.371.120 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (32.924.303 kasus), India (32.924.303 kasus), Brazil (15.586.534 kasus), Prancis (5.925.071 kasus), dan Turki (5.106.862 kasus).

  • Kamis minggu lalu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC)-nya Amerika serikat baru aja mengumumkan bahwa warga yang udah menerima vaksin secara full udah bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa pake masker. Ini juga termasuk buat kegiatan indoor, maupun outdoor. WAAAH.

  • Mulai kemarin, negara tetangga Singapura sudah menerapkan kebijakan lockdown yang akan berlangsung hingga pertengahan Juni mendatang. Adapun kebijakan ini bakal mengharuskan karyawan untuk WFH, sekolah-sekolah tutup, warga nggak boleh ngumpul lebih dari dua orang, dan restoran cuma boleh take away atau delivery. FYI guys, kebijakan ini diambil setelah Singapura menemukan 11 kasus Covid-19 aktif yang ada hubungannya sama bandara Changi.

  • Jumat lalu, World Health Organization (WHO) meminta negara-negara kaya untuk mempertimbangkan lagi rencana yang akan memvaksin anak-anak. Menurut Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendingan vaksinnya disumbangkan ke negara miskin atau berkembang yang emang kekurangan vaksin daripada buat anak-anak yang bukan merupakan kelompok prioritas. FYI guys, saat ini, negara yang udah membolehkan vaksin covid-19 buat anak-anak adalah Amerika Serikat dan Kanada.
  • Buat kamu yang udah nunggu-nunggu final Liga Champions, ada update terbaru nih. Seiring dengan perkembangan kasus Covid-19 di Turki, maka tuan rumah final Liga Champions antara Chelsea dan Manchester City yang tadinya bakal digelar di Istanbul, Turki, akan dipindahkan ke Estadio do Dragao, Porto, Portugal. Keputusan ini diambil supaya para supporter Inggris bisa hadir, mengingat Istanbul kini masuk dalam daftar merah Covid-19 yang nggak boleh dikunjungi warga Inggris.
  • Sabtu kemarin, Taiwan secara resmi menaikkan tingkat kewaspadaan Covid-19 di Taipei sebagai respons atas ditemukannya 180 kasus Covid-19 baru di sana. Adapun aturan barunya meliputi penutupan banyak tempat umum dan melarang pertemuan selama dua minggu ke depan.