Corona Updates 10 Mei 2021

33

First, let’s talk about the main reason why your Lebaran is still the same like last year…

The Covid 19.
Yep, the virus is still around, and as always, we’re gonna update you with Covid 19 issues from home, or around the world. Let’s go!
 
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.713.684 kasus, 47.012 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 1.568.277 (91,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.

  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (414.838 kasus), Jawa Barat (291.030 kasus), Jawa Tengah (187.073 kasus), Jawa Timur (.kasus), dan Kalimantan Timur (69.493 kasus).

  • Buat kamu yang lagi mikir-mikir rencana Salat Ied, kamu harus tahu nih bahwa izin pelaksanaannya bakal diberikan secara zonasi. Jadi kalo suatu RT atau RW punya status zona hijau, maka mereka boleh melaksanakan salat Idul Fitri dengan catatan di wilayah tersebut nggak ada pendatang. Selain itu, salatnya juga hanya boleh diikuti oleh warga setempat dan kapasitas masjidnya cuma boleh terisi 50 persen.
  • Sabtu pagi kemarin, Indonesia kembali kedatangan batch ke tiga vaksin dari jalur multilateral, yaitu jalur Covax Facility berupa vaksin jadi Astrazeneca. Jumlah vaksin Astrazeneca dalam bentuk vaksin jadi sebesar 1.389.600 dosis vaksin. Dengan tambahan ini, maka secara keseluruhan, ada 75.910.500 dosis vaksin yang udah diterima Indonesia dari berbagai skema, yang terdiri dari vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, dan vaksin Sinopharm.
  • Dinas Kesehatan Banyuwangi, Jawa Timur, baru aja menyampaikan bahwa ada 38 warganya di Dusun Yudomulyo, Desa Ringintelo, Kecamatan Bangorejo, terjangkit Covid-19, dari klaster salat tarawih. Dari jumlah tersebut, enam orang di antaranya udah meninggal dunia.
  • Per Sabtu kemarin, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono bilang bahwa seenggaknya ada 70 ribu kendaraan yang diputar balik sebagai antisipasi dari larangan mudik Lebaran 2021. Adapun jumlah ini terakumulasi dari 381 posko penyekatan mudik dari Sumatera hingga Bali.
  • Sabtu malam kemarin, Satgas Penanganan Covid-19 Garut membubarkan acara pasar malam yang digelar di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pembubaran ini dilakukan karena dinilai udah melanggar protokol kesehatan karena para pengunjung enggak menjaga jarak dan nggak mengenakan masker.
  • Kemarin, Polda Banten baru aja memastikan bahwa warga dari luar Banten dilarang untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di provinsi tersebut. Untuk memastikan berjalannya aturan ini, pihak kepolisian bakal memeriksa KTP orang yang berkunjung ke tempat wisata di Banten, dan kalo KTP-nya dari luar daerah, maka mereka akan diminta untuk putar balik.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 157.739.395 kasus dan 3.284.463 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (32.686.791 kasus), India (22.296.414 kasus), Brazil (15.145,879 kasus), Prancis (5.829.166 kasus), dan Turki (5.016.141 kasus).
  • Weekend kemarin, pemerintah Inggris mengeluarkan pengumuman yang membolehkan warganya untuk melakukan liburan musim panas ke luar negeri mulai 17 Mei 2021 nanti. Adapun untuk bisa liburan ini, tujuan wisatanya bakal diatur berdasarkan zonasi, di mana untuk negara-negara zona hijau (kayak Singapur, Brunei, Australia, Selandia Baru, dll) maka mereka harus tes PCR tapi nggak perlu dikarantina. Adapun untuk di zona kuning (Prancis, Spanyol, Italia dll maka wisatawan wajib dikarantina selama 10 hari setelah kembali ke Inggris. Dan untuk yang zona merah kayak Afrika Selatan, India, Namibia, Uni Emirat Arab dll, maka wilayahnya masih dilarang untuk dikunjungi.
  • Pakistan baru aja mengeluarkan kebijakan yang menghapus libur Idul Fitri untuk mencegah lonjakan kasus positif covid-19. Adapun kebijakan ini berlaku sejak Sabtu kemarin sampe sembilan hari ke depan.
  • Kemarin, warga Madrid, Spanyol turun ke jalan untuk merayakan berakhirnya aturan jam malam di kota tersebut. Warga yang excited pada hepi-hepi di alun-alun Sol tanpa menerapkan pembatasan sosial. FYI guys, ini adalah pertama kalinya warga bisa kumpul-kumpul di luar rumah di atas jam 11 malam sejak Oktober 2020 lalu.
  • Kabar terbaru buat para penggemar sepakbola, venue final Liga Champions antara Manchester City vs Chelsea yang rencananya bakal digelar di Stadion Ataturk, Istanbul ada kemungkinan bakal dipindahkan. Hal ini karena Turki baru aja masuk ‘daftar merah’ dari Pemerintah Inggris terkait pandemi Covid-19. Nah karena masuk daftar merah tersebut, maka Pemerintah Inggris melarang warganya termasuk fan Man City dan Chelsea bepergian ke Turki untuk nonton langsung.
  • Minggu lalu, WHO akhirnya meng-approve penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 asal China, Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Approval ini tentunya jadi kabar gembira buat banyak negara, khususnya negara berkembang yang kesulitan dapetin pasokan vaksin yang dikembangkan di Barat kayak Moderna, Pfizer, maupun AstraZeneca.