Biden dan Putin Berencana Melakukan Pertemuan Pada Tanggal 16 Juni 2021 di Jenewa, Swiss

52
When you have a super important date this weekend…

Not as important as this date: Between US President Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin. 
 
Whooaa…tell me more!
Ok. Jadi menurut keterangan dari the White House, Biden dan Putin ada rencana bakal ketemuan tanggal 16 Juni 2021 nanti di Jenewa, Swiss. Pertemuannya ini dilakukan untuk membahas berbagai isu, di antaranya terkait stabilitas hubungan Amerika Serikat dan Rusia.
 
Realllly?
Yep. Selain itu, pihak Kremlin juga menjelaskan bahwa pertemuan kedua presiden bakal membahas tentang hubungan Russia-AS, masalah-masalah stabilitas strategis, interaksi dalam melawan covid-19 hingga penyelesaian konflik-konflik regional. FYI guys, meeting ini bisa disebut sebagai meeting penting yang dinanti-nanti karena bakal jadi perjalanan luar negeri pertama Biden setelah jadi presiden. Selain itu, dinamika hubungan AS sama Rusia di era Trump juga sering jadi sorotan, jadi dunia internasional juga nungguin nih, kebijakan AS di bawah Biden bakal gimana terhadap Putin.
 
I see…
Nah guys, untuk memastikan meeting-nya lancar, Amerika Serikat udah mengirim Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional AS, ke Jenewa untuk ketemuan sama pihak Rusia pada minggu lalu. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas lebih detail soal poin-poin apa aja yang bakal dibahas tadi, dan salah satu isu yang bakal dibahas Biden adalah tentang kondisi politik di Ukraina dan Belarus.
 
I see, is this their first date?
Sort of.  Meeting tersebut bakal menjadi pertemuan pertama antara Biden sebagai presiden AS, dengan Putin. Sebelumnya mereka udah pernah ketemuan sih, tapi pas Biden masih jadi wapresnya Obama.  FYI, hubungan Biden sama Putin ini bisa dibilang lagi nggak smooth gengs, karena bulan lalu, Biden baru aja menjatuhkan sanksi terhadap dugaan cyber attack yang dilakukan Rusia untuk mengintervensi pemilu AS 2020 lalu.
 
OK. Anything else? 
Yep. Selain meeting sama Putin, Presiden Biden juga rencananya bakal berkunjung ke berbagai tempat, di antaranya ke Brussel, Belgia untuk menghadiri pertemuan Uni Eropa, dan pertemuan Group of 7 di Inggris. Adapun kunjungan ini dilakukan untuk menguatkan komitmen hubungan antara Amerika dan negara-negara barat lainnya.