10 Juta Karyawan di Indonesia Akan Menerima Vaksin Gotong Royong

74

Who’s ready for Vaksin Gotong Royong?

ME ME ME!
So do
 10 juta karyawan di Indonesia yang bakal menerima vaksin tersebut.
 
Gimana?
Jadi Selasa lalu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P Roeslani menyebut bahwa udah ada 22.736 perusahaan yang daftar program vaksin gotong royong. Dari semua perusahaan tersebut, total karyawan yang akan divaksin mencapai 10 juta orang.
 
What’s vaksin gotong royong? 
Vaksin gotong royong adalah vaksin mandiri yang diinisiasi oleh pemerintah. Jadi, vaksinnya dibeli sama perusahaan terus diberikan secara gratis oleh perusahaan ke karyawannya. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses vaksinasi dan mempercepat kekebalan kelompok. Selain itu, proses vaksin ini juga diharapkan akan berdampak ke pemulihan ekonomi ke depannya.
 
Siapa aja yang boleh dapet vaksinnya? 
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang pelaksanaan vaksinasi, yang boleh mendapatkan vaksin gotong royong adalah karyawan swasta dan keluarganya.
 
I see… 
Nah dalam mendapatkan vaksin gotong royong ini, pemerintah udah mengatur supaya karyawan nggak dibebankan biaya apapun. FYI guys, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan, harga vaksinnya adalah Rp321.660 per dosis dan biaya vaksinasinya Rp 117.910 per dosis.  Nah, since kita masing-masing butuh dua dosis, this means total harga vaksin per karyawan adalah Rp 1 juta.
 
Oh gitu, vaksin apa btw? 
Vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dan vaksin Cansino Biologics sebanyak 5 juta dosis. Selain itu, diatur juga bahwa vaksin yang udah digunakan dalam program vaksinasi pemerintah yang lain nggak boleh digunakan. Hal ini supaya program ini nggak mengganggu program vaksinasi lain. Terus, layanan vaksinasinya juga nggak boleh di layanan kesehatan pemerintah, namun harus di fasilitas kesehatan swasta. Hal ini juga tujuannya supaya nggak mengganggu program vaksinasi pemerintah lainnya.
 
I see, progamnya udah mulai belum? 
Udah. Menurut Jokowi, udah ada 19 perusahaan yang mulai program vaksinasi Gotong Royong per Selasa kemarin. Adapun beberapa perusahaannya adalah:  PT Unilever Indonesia, Asia Pulp and Paper (APP Sinar Mas), dan PT Chandra Asri Petrochemical.  FYI, pada awalnya, proses vaksinasi gotong royong dijadwalkan pada 9 Mei kemarin, tapi molor beberapa minggu hingga Selasa ini.
 
I see, anything else? 
Yep. Dari target pemerintah untuk mempunyai 30 juta dosis vaksin, hingga saat ini yang baru tersedia adalah 420 ribu dosis vaksin. Menurut Jokowi, sulit untuk mendapatkan vaksin karena vaksinnya direbutin sama sekitar 215 negara yang ada di dunia.