Singapore Dapat Ranking Satu Sebagai Negara Paling Resilience Terhadap Covid-19

21

For when you’re already tired of Covid-19…

Well, you can escape. Probably to Singapore.
 
Why Singapore?
Karena berdasarkan covid resilience ranking yang dibuat oleh Bloomberg, Singapore yang dapat ranking satu sebagai negara paling resilience terhadap Covid-19.
 
Gimana gimana?
Ok.  First of all, the covid resilience ranking adalah ranking tentang di negara mana aja covid-19 bisa ditangani secara efektif, dengan dampak ekonomi dan sosial yang paling sedikit, dan dengan tingkat mortalitas rendah, akses terhadap vaksin yang mudah, dan kebebasan berpindah. Ranking ini dikeluarkan setiap bulan oleh Bloomberg. Dan ketika daftar ini dibuat, New Zealand selalu dapat ranking satu, but not this time.
 
Wah, kok gitu? 
Karena posisinya udah digeser sama Singapura guys. Jadi dengan jumlah penduduk sebanyak 5,7 juta orang, Singapura punya lebih dari 61.000 kasus, dan terdapat 30 korban jiwa. Sedangkan, New Zealand mempunyai penduduk 5,1 juta orang, 2.601 kasus, dan 26 korban jiwa. Kedua negara sama-sama menerapkan kebijakan perbatasan yang ketat demi menghambat penyebaran covid-19.  Tapi, ada satu hal yang bikin Singapore lebih unggul dibanding the Kiwis. 
 
 Apa tuuuu? 
Jumlah warga yang divaksin. Jadi Singapura udah melakukan vaksinasi Covid-19 ke setidaknya satu per lima dari total penduduknya. Meanwhile, New Zealand baru memvaksinasi kurang dari 3 persen dari total penduduknya. In fact, New Zealand baru memvaksinasi para petugas imigrasi, pegawai yang kerja di fasilitas karantina, dan pekerja di garda terdepan yang mempunyai risiko tinggi. Walaupun sebenarnya mereka punya rencana untuk memberikan vaksin gratis ke seluruh penduduknya.
 
Well, any other alternatives than Singapore?
Ya ada. Jadi 10 besar negara dengan resilience tertinggi selain Singapura dan New Zealand adalah Australia, Israel, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, UEA, Finlandia dan Hong Kong.  Nah, negara-negara dengan ranking sepuluh terendah adalah Iraq, Republik Ceko, Filipina, Turki, Peru, Mexico, Iran, Colombia, Argentina, Polandia, dan Brazil.
 
Indonesia ranking berapa?
Indonesia dapat ranking ke 34 gengs.  FYI, New Zealand bukan satu-satunya negara dengan jumlah vaksinasi yang sedikit.  For example, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan Australia juga termasuk negara-negara yang nggak cepet-cepet memvaksin warganya.  Beberapa pemimpin negara berpendapat bahwa ada nilai lebih dari nggak mempercepat vaksinasi, yaitu mereka bisa melihat efek sampingnya dulu. Tapi tetep aja, para ahli bilang kalau vaksinasi tetap perlu dan penting karena mutasi dan perubahan dari covid-19 juga terjadi dengan cepat.