Satu Dari Tiga Pasien yang Sembuh dari Covid-19 Mengalami Gangguan Kesehatan Lain

100

For when you are a Covid-19 survivor…

Here’s some updaye for you.
Karena baru aja nih, penelitian dari Inggris menemukan bahwa satu dari tiga pasien yang udah sembuh dari Covid-19 mengalami berbagai gangguan kesehatan lain seperti gangguan syaraf dan gangguan kesehatan mental. Hal ini ditemukan pada 230 ribu mantan pengidap Covid-19 di Amerika Serikat, enam bulan pasca mereka tertular Covid-19.
 
Jadi guys, setelah dilakukan penelitian terhadap kondisi para mantan pasien, seperti faktor umur, etnis, jenis kelamin, hingga kondisi kesehatan sebelumnya, maka ditemukan bahwa pada pasien yang pernah kena Covid-19, maka mereka punya risiko sebesar 44% lebih besar untuk mengalami gangguan syaraf maupun mental dibanding mereka yang terkena flu, dan 16% lebih besar dibanding mereka yang punya gangguan para pernapasan.
 
Dalam penelitian ini, diketahui juga bahwa dari semua pasien yang diobservasi, 34% di antara mereka mengalami gangguan mental maupun syaraf, dan 13 persen di antaranya baru pertama kali mendapatkan diagnosa seperti itu. Adapun gangguan mental yang paling banyak ditemukan pada para mantan penderita Covid-19 adalah gangguan kecemasan (17 persen), gangguan mood (14 persen), penyalahgunaan obat-obatan (7 persen), dan insomnia (5 persen). Sedangkan gangguan syaraf yang paling banyak ditemukan adalah ischemic stroke (2,1 persen), demensia (0,7 persen), dan perdarahan otak (0,6 persen).