Prosesi Pemakaman Pangeran Philip digelar di Kapel St. George, Istana Windsor, Inggris

65

What got people’s attention during the weekend?

Prince Philip’s Funeral.
Yep guys. Pada Sabtu sore waktu setempat, prosesi pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang merupakan mendiang suaminya Ratu Elizabeth II digelar di Kapel St. George, Istana Windsor, Inggris. Adapun prosesi pemakamannya ini dilakukan secara tertutup untuk anggota kerajaan aja, namun disiarkan secara langsung.
 
Tell me more.
Ok. Adapun jumlah tamu yang hadir secara fisik dibatasi hanya 30 orang aja dan semuanya wajib mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona. Adapun jenazah Paneran Philip dibawa dengan mobil jenazah Land Rover yang dimodifikasi khusus, dan prosesi pemakamannya diikuti hanya oleh para bangsawan keluarga kerajaan.
 
Siapa aja? 
First, anaknya Prince Philip yaitu Prince Charles, Princess Anne, Edward dan Andrew. Selanjutnya hadir juga cucu Prince Phillip yaitu Pangeran William, Pangeran Harry, dan keluarga kerajaan lainnya.  Adapun prosesi pemakaman ini hampir sama dengan prosesi pemakaman Putri Diana, di mana anggota kerajaan ikut berjalan di belakang mengiringi peti jenazah.  Meanwhile, Ratu Elizabeth II diantar langsung ke Kapel St. George dan duduk sendiri.
 
Sendiri banget? 
Iya, sesuai dengan protokol kesehatan, para hadirin hadirot duduknya harus berjarak dua meter per rumah tangga. Dengan begitu, Pangeran William duduk sama istrinya Catherine, dan Prince Harry duduk sendirian karena istrinya, Meghan Markle nggak dibolehin naik pesawat sama dokter kandungannya, secara lagi hamil.
 
Any drama? 
Nope. Cuma yang banyak menarik perhatian netijen adalah ketika prosesi jalan mengiringi jenazah, Prince William dan Prince Harry tidak berjalan beriringan, namun pas pulangnya sih barengan gengs. Selain itu, Harry, William dan Kate Middleton juga sempat tertangkap kamera lagi bebincang-bincang di sela acara pemakaman. Hal ini kemudian menuai respons positif dari publik karena ini adalah kali pertamanya Pangeran Harry muncul di depan publik bersama keluarga kerajaan setelah wawancara kontroversialnya sama Oprah Winfrey beberapa waktu lalu.
 
I see, anything else? 
Sebelum meninggal, Pangeran Philip sempat memilih beberapa hal dalam prosesi pemakamannya, yaitu mobil jenazah yang dimodifikasi, juga beberapa lagu yang dibawakan oleh pasukan militer. Meskipun prosesi pemakaman dilaksanakan secara tertutup, masyarakat tetap berkumpul di luar istana Windsor.  Meanwhile, Perdana Menteri Inggris menonton prosesi pemakaman dari rumah dinasnya.