Pesawat Tempur China “the Liaoning” Muncul di Perairan Laut China Setelah Latihan Militer Bersama Angkatan Laut AS dengan Filipina Berakhir

35

For when things are heating up in South China Sea…

Between China and the United States.
 
What happened?
Jadi Hari Minggu kemarin, pesawat tempur China, namanya “the Liaoning” tiba-tiba aja muncul di perairan Laut China Selatan (LCS). Adapun kemunculan ini berbarengan dengan berakhirnya latihan militer bersama antara angkatan laut Amerika Serikat dengan Filipina di wilayah tersebut.
 
Terus kenapa hubungannya jadi memanas?
Karena Laut China Selatan adalah daerah konflik yang diperebutkan oleh enam negara di Asia Tenggara dan China. Adapun negara-negara yang mengklaim wilayah ini adalah China, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam dan Malaysia. Salah satu faktor yang bikin LCS banyak yang nge-klaim juga adalah karena wilayah itu mengandung kekayaan alam yang banyak, sehingga masing-masing negara punya klaim masing-masing.
 
Terus hubungannya ama AS apa beb?
Yhaa untuk mempertahankan kekuatan AS di kawasan Asia Pasifik. Jadi gini guys, wilayah Laut China Selatan ini luaaaas banget, dan areanya meliputi perairan dari China, terus ke Taiwan, Vietnam, Filipin, sampe Indonesia. Gede banget kan tuh. Nah China, ingin mengklaim seluruh wilayah ini sebagai wilayahnya (imagine kita berbatasan langsung sama China?), so the US was like… nope, not so fast. Karena di wilayah Asia Pasifik sendiri, AS punya geng-an yang harus dijagain nih, kayak Filipina, Jepang, dan Korea Selatan. Kalo misalnya AS ngebiarin aja China mengklaim seluruh wilayah, maka hal itu bakal jadi ancaman yang serius buat pengaruh AS di Asia Pasifik.
 
Whoaaa…
Yep, that complex. Nah salah satu cara yang biasa dilakukan negara-negara untuk menunjukkan “pengaruhnya” di satu wilayah adalah dengan menggelar latihan militer bersama, which is itu yang dilakuin AS minggu lalu. Hal ini kemudian langsung mendapat respons dari China yang “mengirimkan” pesawat tempur Liaoning tadi.
 
Got it.
Nah guys, Amerika Serikat sendiri menjelaskan bahwa latihan militer bersama itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa mereka ‘kuat’ dan mampu mewujudkan keamanan dan stabilitas wilayah demi mendukung terciptanya kawasan Indo-Pasifik yang bebas. Pelatihannya sendiri dilakukan secara dua minggu, dan diikuti oleh lebih dari 1.700 tentara dari AS dan Filipina.
 
So, China has a response to this exercise?
Yep, Ahli Militer China, Wei Dongxu mengatakan bahwa latihan angkatan laut AS ini adalah bentuk provokasi. Meanwhile, latihan pesawat tempurnya China adalah untuk membentuk posisi defense yang lebih luas dan menjaga wilayah-wilayah pesisirnya China, serta menjaga dan memantau kegiatan Angkatan Lautnya AS.
 
I see, anything else? 
Secara kondisi makin panas, kemarin, Vietnam juga ikut mengirim Kapal Perang ke LCS untuk menggelar ‘simulasi perang’. Dalam keterangan resmi dari Kemenlu Vietnam, emang aktivitas kapal-kapal China di LCS  melanggar kedaulatan negaranya secara serius, dan karena itulah, Vietnam berada pada persiapan pertempuran level tertinggi.