Pertemuan Bilateral antara Indonesia dengan Jerman Bahas Kerja Sama Kedua Negara, Mulai dari Kesehatan, Ekonomi, hingga Perubahan Iklim

43

Who just had a virtual meeting with Angela Merkel? 

Prince Harry?
Angela Merkel beb, bukan Meghan Markle.
 
Oooo kalo itu gatau. Emang siapa?
Pak Presiden Joko Widodo.
 
Uhmm…agak jauh yha…
Iya, lol. Jadi guys, Selasa kemarin telah terjadi pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Jerman yang mempertemukan kepala negara dari keduanya. Adapun pertemuan tersebut digelar secara virtual oleh Pak Jokowi dari Istana Bogor.
 
What did they talk about?
A lot of things terkait kerja sama kedua negara, mulai dari di bidang kesehatan, ekonomi, hingga perubahan iklim. Keduanya juga sempat membahas terkait isu di Myanmar yang menjadi perhatian bagi kedua negara.
 
Tell me more about the meeting.
Ok. Terkait isu kesehatan, Pak Jokowi dan Frau Merkel saling sharing tentang bagaimana penanganan covid-19 di masing-masing negara. Keduanya juga sama-sama menyampaikan kekhawatiran terkait ‘nasionalisme vaksin’ yang dinilai mengganggu ketersediaan vaksin dunia dan kesetaraan akses vaksin. Dalam kesempatan tersebut, Pak Jokowi juga menyampaikan bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia udah berangsur membaik, di mana kasusnya udah menurun dari yang tadinya 14 ribu kasus per hari, jadi 4 -5 ribu kasus per hari. Pak Jokowi juga mengatakan bahwa penting untuk membangun kerja sama kesehatan dengan Jerman.
 
I see, terus? 
Selain soal kesehatan, keduanya juga membahas tentang pengembangan investasi untuk industri khusus Jerman. Menurut Kanselir Merkel, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi mitra pentingnya Jerman dalam bidang industri ini. Pak Jokowi juga sempet ngejelasin soal UU Cipta Kerja yang menurutnya dapat mendukung kerjasama di bidang investasi.
 
Kayak apa tu contohnya?
Kayak misalnya, kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi. Selain itu, Pak Jokowi juga nawarin Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.
 
Interesting. Terus bahas apa lagi?
Keduanya juga membahas tentang perubahan iklim aka climate change. Dalam kesempatan itu, Pak Jokowi bilang bahwa Indonesia berkomitmen tinggi untuk melakukan pembangunan hijau. Contohnya, Indonesia terus mengembangkan restorasi hutan mangrove, dan melakukan upaya pembangunan energi berkelanjutan.
 
Hmmmm….anything else? 
FYI, Indonesia dan Jerman udah jadi sohib sejak bertahun-tahun lalu, dan Jerman adalah mitra dagang terbesarnya Indonesia di Eropa. Jerman juga merupakan mitra investasi Indonesia terbesar ke-4 di Eropa dan wisatawan Jerman adalah wisatawan paling banyak ketiga yang datang ke tanah air dari benua biru tersebut. Terkait potensi kerja sama ini, Kanselir Merkel berharap bisa melakukan sinergi prioritas kerja ke depannya, apalagi tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20 dan Jerman menjadi Ketua G-7. One more thing, pertemuan ini digelar setelah pembukaan acara Hannover Messe 2021 di mana Indonesia menjadi official partner-nya Jerman pertama di kawasan ASEAN. More info here.