Pertemuan Bilateral antara Indonesia dengan Jerman Bahas Kerja Sama Kedua Negara, Mulai dari Kesehatan, Ekonomi, hingga Perubahan Iklim, PBB: Myanmar Semakin Mencekam dan Hampir Sama Seperti Perang Sipil di Suriah 2011, Anies Baswedan : Jumlah Warga Miskin di Ibu Kota Meningkat Sejak Pandemi Covid-19, Apple Akan Meluncurkan Produk Baru pada 20 April Mendatang

156

Hi there,

 
Rise and shine! It’s Thursday, meaning we are just a day away from the weekend. Today. we’ll take you to Germany, Myanmar, Apple HQ, aaaand… your wallet. Yes, seriously. Let’s go, scroll down

Who just had a virtual meeting with Angela Merkel? 

Prince Harry?
Angela Merkel beb, bukan Meghan Markle.
 
Oooo kalo itu gatau. Emang siapa?
Pak Presiden Joko Widodo.
 
Uhmm…agak jauh yha…
Iya, lol. Jadi guys, Selasa kemarin telah terjadi pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Jerman yang mempertemukan kepala negara dari keduanya. Adapun pertemuan tersebut digelar secara virtual oleh Pak Jokowi dari Istana Bogor.
 
What did they talk about?
A lot of things terkait kerja sama kedua negara, mulai dari di bidang kesehatan, ekonomi, hingga perubahan iklim. Keduanya juga sempat membahas terkait isu di Myanmar yang menjadi perhatian bagi kedua negara.
 
Tell me more about the meeting.
Ok. Terkait isu kesehatan, Pak Jokowi dan Frau Merkel saling sharing tentang bagaimana penanganan covid-19 di masing-masing negara. Keduanya juga sama-sama menyampaikan kekhawatiran terkait ‘nasionalisme vaksin’ yang dinilai mengganggu ketersediaan vaksin dunia dan kesetaraan akses vaksin. Dalam kesempatan tersebut, Pak Jokowi juga menyampaikan bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia udah berangsur membaik, di mana kasusnya udah menurun dari yang tadinya 14 ribu kasus per hari, jadi 4 -5 ribu kasus per hari. Pak Jokowi juga mengatakan bahwa penting untuk membangun kerja sama kesehatan dengan Jerman.
 
I see, terus? 
Selain soal kesehatan, keduanya juga membahas tentang pengembangan investasi untuk industri khusus Jerman. Menurut Kanselir Merkel, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi mitra pentingnya Jerman dalam bidang industri ini. Pak Jokowi juga sempet ngejelasin soal UU Cipta Kerja yang menurutnya dapat mendukung kerjasama di bidang investasi.
 
Kayak apa tu contohnya?
Kayak misalnya, kerja sama pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi. Selain itu, Pak Jokowi juga nawarin Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.
 
Interesting. Terus bahas apa lagi?
Keduanya juga membahas tentang perubahan iklim aka climate change. Dalam kesempatan itu, Pak Jokowi bilang bahwa Indonesia berkomitmen tinggi untuk melakukan pembangunan hijau. Contohnya, Indonesia terus mengembangkan restorasi hutan mangrove, dan melakukan upaya pembangunan energi berkelanjutan.
 
Hmmmm….anything else? 
FYI, Indonesia dan Jerman udah jadi sohib sejak bertahun-tahun lalu, dan Jerman adalah mitra dagang terbesarnya Indonesia di Eropa. Jerman juga merupakan mitra investasi Indonesia terbesar ke-4 di Eropa dan wisatawan Jerman adalah wisatawan paling banyak ketiga yang datang ke tanah air dari benua biru tersebut. Terkait potensi kerja sama ini, Kanselir Merkel berharap bisa melakukan sinergi prioritas kerja ke depannya, apalagi tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20 dan Jerman menjadi Ketua G-7. One more thing, pertemuan ini digelar setelah pembukaan acara Hannover Messe 2021 di mana Indonesia menjadi official partner-nya Jerman pertama di kawasan ASEAN. More info here.

For when things are getting worse in Myanmar…

Still? 
Yep, malah makin parah guys. Jadi kemarin, pejabat HAM PBB Michelle Bachelet bilang bahwa apa yang terjadi di Myanmar saat ini udah mencekam banget, dan mirip-mirip sama perang sipil yang terjadi di Suriah tahun 2011 lalu.
 
Seriouslyyyyy?
Iya. Karena itulah Bachelet mendesak negara-negara anggota dewan HAM PBB untuk segera mengambil langkah konkrit demi menghentikan aksi represi yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap warganya sendiri. Adapun seruan ini disampaikan setelah terjadi lagi bentrokan antara demonstran dan pihak militer di kota Bago, minggu lalu. Bentrokan tersebut menewaskan 82 orang dan memaksa ratusan warga untuk mengungsi ke desa-desa sekitarnya.
 
Jadi masih ada nih aksi protesnya?
Masih banget guys. In case you need a refresher, jadi sejak Februari lalu, suasana di Myanmar emang lagi panas gara-gara kudeta yang dilancarkan kelompok militer terhadap pemimpin demokratisnya yang dijabat oleh Aung San Suu Kyi. Since then, a lot of things happened: Suu Kyi jadi tahanan rumah, militer mengambil alih kekuasaan, dan masyarakat Myanmar yang menolak pemerintahan militer turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya. Hal inilah yang kemudian direspons oleh pihak militer dengan tindakan kekerasan.
 
Is it deadly?
Oh yeah, very. Hingga saat ini, terhitung udah ada lebih dari 700 orang, termasuk anak-anak, yang meninggal sejak aksi kudeta dilancarkan. Selain itu, udah ada sekitar 3.000 warga yang ditangkap melalui razia malam. Sedangkan dari segi ekonomi, Myanmar juga diprediksi bakal collapse, karena banyak bank yang tutup, ATM nggak ada duitnya, proses produksi di pabrik-pabrik terhenti, hingga perusahaan-perusahaan internasional yang memilih untuk tutup dan menerbangkan karyawannya keluar dari Myanmar. In a nutshell, Myanmar is on a brink of a destruction. 
 
Oh no…
Yep, terus baru-baru ini, kelompok advokasi Assistance Association for Political Prisoners (AAPP) juga menyebut bahwa pihak militer menggunakan senapan, granat roket, dan granat tangan dalam melakukan berbagai aksinya. Terus, ada postingan di Facebook dari salah satu serikat pelajar di Myanmar yang menyebut bahwa pihak militer ngasih harga sebesar 120.000 Myanmar kyat ($85) bagi keluarga yang mau mengambil jenazah keluarganya yang tewas karena bentrokan, dan ada juga laporan yang menyatakan bahwa pihak militer melarang tenaga medis untuk membantu warga yang luka-luka.
 
This sounds terrible…
It does. Lebih jauh, Bachelet juga bilang bahwa apa yang terjadi di Myanmar mirip dengan apa yang terjadi di Suriah tahun 2011 lalu. Menurutnya, dulu juga aksi protes di Suriah dilakukan secara damai, namun aksinya justru berhadapan dengan kekerasan dari pihak militer, yang ujungnya menyebabkan kondisi Suriah porak-poranda kayak sekarang. Bachelet juga ngingetin supaya kesalahan yang terjadi di Suriah supaya jangan sampe kembali terulang di Myanmar.
 
So, what now? 
Well, Dewan HAM PBB sih menyerukan pada negara-negara anggotanya untuk ikut mendorong dihentikannya kekerasan di Myanmar dengan cara menghentikan pasokan senjata dan keuangan untuk pihak militer. Menurut Bachelet, hal ini juga demi menghentikan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan tindak pidana terhadap kemanusiaan yang tengah terjadi.

For when you feel broke during the pandemic…

You’re not alone, especially if you live in Jakarta. 
 
Really? 
Yep. Jadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan emang baru aja mengatakan bahwa jumlah warga miskin di ibu kota meningkat sejak pandemi covid-19. Hal ini beliau sampaikan dalam acara Musrenbang DKI Jakarta 2021 yang digelar secara virtual kemarin.
 
Tell me more.
OK. Dalam keterangannya itu, Pak Anies nggak bilang sih tentang detail penambahan jumlah warga miskinnya berapa. Tapi, menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) penduduk miskin di DKI Jakarta memang naik. Adapun penambahannya adalah di tahun 2018 ada 373 ribu jiwa, lalu di tahun 2020, jumlahnya jadi 481 ribu jiwa.
 
I see…
Nah, untuk membantu para warga miskin ini, Pak Anies bilang bahwa tahun depan, doi pengen bikin program terkait kesejahteraan rakyat secara langsung. Beliau juga mengakui bahwa kesejahteraan masyarakat ibu kota masih jadi PR besar buat pemerintah, dan hal ini diperparah dengan ekonomi yang turun di masa pandemi.
 
But I heard that Jakarta is also… very expensive?
Yep. Ini yang menarik ni guys, karena meskipun jumlah warga miskin meningkat di Jakarta, namun laporan dari Global Wealth and Lifestyle mengatakan bahwa Jakarta termasuk dalam daftar kota termahal di dunia tahun 2021.  In fact, Jakarta menduduki peringkat ke-20 dari total 25 kota termahal di dunia. Dalam daftarnya, Jakarta diketahui lebih mahal dibanding kota-kota lain kayak Sao Paulo, Mumbai, Mexico City, Vancouver, dan Johannesburg.
 
Got it. Anything else I should know? 
Menanggapi laporan ini, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad mengatakan bahwa ketimpangan ekonomi di Jakarta semakin lebar. Hal ini bisa dilihat dari Data BPS tahun 2020 yang menunjukkan bahwa gini ratio Jakarta adalah 0,400 poin, meningkat dari tahun 2019 yang rasionya adalah 0,391.  FYI, gini rasio adalah rasio tentang tingkat ketimpangan di suatu wilayah, semakin angkanya mendekati angka 1, semakin tinggi tingkat ketimpangannya.

When you’re a fan of Apple products…

Be excited.
Karena pada 20 April nanti, Apple rencananya bakal meluncurkan produk baru. Hal ini dikonfirmasi sama Apple setelah kemarin, pihak perusahaan baru aja ngirim undangan liputan virtual buat media dengan tagline “Spring Loaded”. Adapun kegiatan launching ini bakal diadakan pada Selasa, 20 April mendatang di Apple Park Headquarters di Cupertino, California. Dari info yang beredar sih, katanya Apple bakal memperkenalkan produk iPad barunya, yaitu iPad Pro dengan LED display yang super terang. Selain itu, iPad mini juga akan hadir dengan tepian yang lebih kecil dan dengan display yang lebih lebar. Selain iPad, produk baru yang bakal diluncurkan juga adalah AirPods 3, yang merupakan versi lebih canggih dari AirPods pro yang udah ada di publik saat ini. Adapun AirPods ini bakal memiliki fitur kontrol sentuh dan support untuk audio ruang (spatial audio).
 
Crying while checking our saving…

“GoTo”

Isu-isunya sih, ini yang bakal jadi nama baru Tokopedia dan Gojek setelah keduanya bergabung aka merger. Menurut infonya ni guys, perundingan merger antara dua unicorn ini udah di tahap akhir, dan proses mergernya bakal selesai bulan ini.
 
When simpler name is lyfe…

Catch Me Up! Recommendations

Always feel hungry? Even after eating? Maybe here’s why.

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Untuk pertama kalinya kerja di bagian keuangan padahal gak punya latar belakang ngurus keuangan dan hampir semua rekan kantor juga gak ada yang begitu paham. Tapi, mitra kerja kantor selalu siap banget ditanya-tanyain bahkan tentang masalah sepele dan kadang di luar jam kantor kadang sampe malem juga. Kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang membantu saya selama ini, terima kasih banyak atas segala waktu yg diberikan. Semoga bapak/ibu selalu diberikan kesehatan.
-M-
 
2. Aku bersyukur banget punya ibu (ART) yang supportive dan selalu jadi pendengar yang baik di kala anggota keluargaku sendiri bahkan nggak peduli sama aku. Orang rumah satu-satunya yang selalu nyemangatin aku, nasihatin aku, percaya ke aku bahwa aku bisa capai mimpi-mimpiku. Sehat-sehat terus ya bu, aku cuman punya ibu.
-Anonymous-
3. Gue pulang agak malem dari biasanya. Nah di jalan, gue ngeliat ad mobil yang tutup bensinnya kebuka. Secara gue bawa motor dan harus ngegas pakek tangan kanan dan posisi tangki mobil di sebelah kiri mobil, gue bingung mau gimana nutupnya. Yah karena gue cewek tapi sedikit geragas, sampe mikir apa gue tutup pakek KAKI aja kali yak. Eeh selang 2 detik ada 2 orang pengendara motor yang nutup tangki mobil pakek TANGAN. Emang ngebantu orang juga harus pakek cara yang baik juga.
-N-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!