Pemerintahan Biden Membuat Iklan Radio tentang Imigran Gelap untuk Warga di Amerika Latin

22

Who’s just put up the “do not enter” sign?

The US aka United States.
Yep, jadi seiring dengan makin maraknya imigran ilegal yang berusaha untuk bisa menyelinap masuk ke Amerika Serikat, pemerintahannya Biden kemudian membuat iklan via radio yang mengkampanyekan ke warga di negara-negara di Amerika Latin untuk jangan jadi imigran gelap demi bisa masuk ke AS.  Adapun iklan radio ini mengudara di negara-negara tetangga AS kayak Brasil, El Salvador, Guatemala, dan Honduras sejak awal tahun ini. Selain itu, iklannya juga direkam dengan menggunakan Bahasa Spanyol, Bahasa Portugis, dan enam bahasa Amerika Latin lainnya.
 
Nah, kamu kepo nggak, kayak gimana iklannya? Jadi, salah satu iklan berisi rekaman percakapan antara dua orang, di mana salah satu di antaranya lagi merencanakan untuk masuk secara ilegal ke Amerika Serikat demi kehidupan yang lebih baik. Namun lawan bicaranya bilang bahwa hal itu berbahaya banget, karena pelakunya bisa aja dirampok, diculik, bahkan dibunuh ketika melewati perbatasan. In their words: “Don’t put your kids’ lives at risk based on false hopes,”
 
So far, pemerintahannya Biden udah mengeluarkan sekitar 28.000 iklan radio ini dan udah didengarkan oleh setidaknya tujuh juta pendengar di Amerika Latin, melalui 133 stasiun radio. Adapun kampanye radio ini juga bertujuan untuk menangkal info-info hoaks terkait kebijakan imigrasi di Amerika Serikat, di mana salah satunya adalah di bawah pemerintahan Joe Biden, perbatasan jadi lebih ‘longgar’ dan nggak ketat. Tentunya hal ini disambut baik oleh masyarakat Amerika Latin yang pengen pindah negara karena situasi di negaranya yang nggak stabil.
 
Nah guys, meski dilakukan secara masif, banyak pihak yang meragukan efektifitas iklan radio tersebut, apalagi karena jumlah imigran ilegal yang berusaha menyelundupkan diri ke Amerika Serikat terus meningkat.