Pemerintah Arab Saudi Izinkan Umrah untuk Jemaah yang Sudah Divaksin Covid-19

74

Who’s opening up its gates?

Arab Saudi.

 
Really? 
Iya. Senin kemarin, Pemerintah Arab Saudi akhirnya memberikan izin umrah untuk jemaah yang sudah divaksin covid-19.
 
Whooaaa…go on… 

Ok. Jadi dalam keterangan resminya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menjelaskan bahwa ada tiga kategori orang yang dianggap ‘imun’ terhadap covid-19, they are: 

  • Orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin covid-19,
  • Orang yang mendapatkan satu dosis vaksin setidaknya 14 hari sebelum umrah, dan
  • Orang yang sudah sembuh dari Covid-19.
Wah, jadi udah boleh umrah beneran? 
Udah, bagi yang memenuhi syarat-syarat di atas. Persyaratan ini juga berlaku untuk Jemaah yang mau berkunjung ke wilayah Masjid Nabawi di Madinah. Untuk bisa umroh ini, para jemaah yang masuk tiga kategori tadi harus men-download aplikasi tracking pemerintah Saudi, namanya “Tawakkalna” yang akan mendaftar status vaksinasi dan kesehatan para jemaah.
 
Terus terus…kapan ni kebijakannya mulai berlaku?
Bulan Ramadan, which is next week! Jadi selain bakal menerima jemaah yang udah divaksin, Arab Saudi juga berencana untuk menerima lebih banyak jemaah di tahun ini dibanding tahun lalu. FYI, di musim haji tahun lalu, ibadah haji dibatasi hanya untuk seribu  warga Arab Saudi.  Padahal, biasanya bisa sampai jutaan warga muslim dari seluruh dunia yang naik haji.
 
Jadi tahun ini udah boleh naik haji belum? 
Soal itu sih belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi gengs, dan belum tahu juga nih, kebijakan soal vaksin tadi bakal lanjut terus sampe musim haji apa enggak. Meanwhile, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Ramadhan Harisman mengatakan bahwa mereka udah menyusun skenario penyelenggaraan haji dengan sistem kuota di tahun ini.