Pemerintah Akan Membangun Proyek “Bukit Algoritma” di Sukabumi, Jawa Barat

47

For when you want to work in Sand Box and meet your version of Nam Do San…

Gausah jauh-jauh ke Korea guys, karena bentar lagi juga ada Sandbox, versi Indonesia.
 
GIMANA?
Ciyu. Jadi rencananya, pemerintah kerja sama dengan BUMN konstruksi, PT Amarta Karya (AMKA) dan PT Kiniku Bintang Raya bakal membangun proyek “Bukit Algoritma” atau proyek Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0 di Sukabumi, Jawa Barat. Yhaaa ini kayak Slipicon, eh…Silicon Valley-nya Indonesia gitu deh…
 
Whooaa…tell me more!
Ok. Jadi proyek ini adalah bagian dari pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Cikidang dan Cibadak Sukabumi. FYI, Jadi KEK ini adalah program pemerintah RI untuk mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional. Adapun dalam programnya ini, ada lokasi-lokasi yang ditentukan keunggulan ekonominya apa supaya bisa menarik kegiatan industri, ekspor-impor dan kegiatan ekonomi lainnya hingga bisa bernilai lebih tinggi. Misalnya, ada KEK Kesehatan, KEK Pendidikan, KEK Ekonomi Digital dan KEK Maintenance Repair and Overhaul, dll. Hingga saat ini, ada 15 KEK yang ada di Indonesia.
 
I see, go on… 
Nah, soal Silicon Valley-nya Indonesia ini, Direktur PT Amarta Karya Nikolas Agung menyebut bahwa untuk tahap pertama, proyeknya bakal dibangun di lahan yang luasnya 888 hektar dengan total budget Rp 18 triliun (!!!!!). Adapun dananya rencananya bukan diambil dari APBN, tapi dari investor dalam dan luar negeri, di antaranya dari Eropa, Amerika, dll.
 
Hold on. Tell me more about this Bukit Algoritma again?
Jadi menurut Pak Nikolas, proyeknya bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekonomi 4.0, dengan meningkatkan pendidikan, pembangunan pusat riset dan development, juga meningkatkan sektor pariwisata di sana. Selain itu, Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko juga mengatakan bahwa proyek ini diharapkan bisa menjadi pusat pengembangan inovasi dan teknologi tahap lanjut, kayak kecerdasan buatan, robotic, drone, juga panel surya untuk energi bersih dan ramah lingkungan.
 
Wah interesting… terus gue udah bisa pindah ke sana?
Belum gengs, kan masih baru mau dibangun. Jadi untuk tahap pertama pembangunan (tiga tahun pertama), perusahaan bakal membangun infrastrukturnya dulu, kayak akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi, dan fasilitas-fasilitas lain.
 
Got it, anything else? 
Adapun pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi ini dinilai sangat strategis karena udah ada infrastruktur pendukung, kayak Tol Bocimi, Pelabuhan Laut pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar, hingg Double Track KA Sukabumi.
Welcome to Suka-con valley…