Mantan Pangeran Jordan, Hamzah bin Hussein Dijadikan Tahanan Rumah, Walhi NTT: Banjir Bandang dan Longsor di NTT Dipicu oleh Kerusakan Lingkungan, Lebih dari 500 Juta Profil Pengguna Facebook Bocor, Pemerintahan Biden Membuat Iklan Radio tentang Imigran Gelap untuk Warga di Amerika Latin

73

Good morning,

 
Hi there. We are all still shocked and saddened by what happened in NTT and NTB, so if possible, try to help as best as you can. Volunteer, donate, spread the news, and don’t cut trees. Remember to always be kind, not only to other people, but also to mother nature. Have a good day.

When there’s another royal family drama…

Apa, apa, apa? Meghan Markle ada apa lagi nih?
Not them, guys, tapi kita bakal ngomongin soal royal family yang ada di Arab, tepatnya di Jordania.
 
Who?
Raja Jordan. Gini, jadi over the weekend kemarin, mantan pangeran Jordan, Hamzah bin Hussein baru aja dijadikan tahanan rumah oleh pemerintahnya sendiri. Adapun alasan penahanannya adalah karena beliau disebut lagi menyusun rencana yang mengancam keamanan dan stabilitas negara.
 
Tapi…dia pangeran?
Iya, mantan. Jadi beliau ini anak dari Raja Hussein, pemimpin Jordania sebelumnya yang meninggal pada tahun 1999 karena kanker. Nah jadi, Raja Hussein ini punya empat istri, dan salah satu anak dari istri-istri tersebut adalah Pangeran Hamzah ini. Beliaulah yang sebenernya udah digadang-gadang bakal jadi penerus takhta raja dari ayahnya, secara doi kesayangan, tapi…
 
Tapi apa?
Tapi Raja Hussein kemudian menunjuk anak laki-laki tertuanya, Abdullah untuk jadi penggantinya. Hal ini karena waktu itu, Hamzah dianggap masih muda dan belum berpengalaman. Namun sebelum meninggal, Raja Hussein udah nitip pesen nih, sama Abdullah, biar Hamzah teteup jadi crown prince. Jadi doi emang yang seharusnya melanjutkan tahta setelah Raja Abdullah. Eventually, hal itu nggak kejadian, karena di tahun 2004,  Abdullah justru melepaskan titel pangeran dari Hamzah, dan lima tahun kemudian menjadikan anaknya sendiri, Prince Hussein, sebagai putera mahkota.
 
Feels like I am reading cerita 1001 malam…
Same. Nah, jadi up to this point clear ya guys, bahwa raja di Jordania saat ini adalah Raja Abdullah II, kakak tirinya Pangeran Hamzah. Nah balik lagi ke penahanannya, jadi emang pihak militer udah memutus sebagian besar akses komunikasi beliau. Hal ini karena menurut keterangan dari pihak militer, doi ikutan acara-acara yang dinilai mengkritik pemerintah, termasuk mengkritik Raja yang tengah menjabat saat ini, yang tak lain adalah kakak tirinya sendiri.
 
Emang mengkritik gimana sih?
Yhaa katanya sih Hamzah ini udah mulai ketemu sama kepala suku-kepala suku di Jordan untuk mendapat dukungan dalam melakukan kudeta atas pemerintahan sekarang. Beliau juga dibilang udah ada komunikasi sama pihak “asing” soal rencananya ini. Terkait dugaan tersebut, kakak tirinya aka raja yang menjabat aka Raja Abdullah sih katanya pengen menyelesaikan masalahnya secara kekeluargaan aja.
 
Tapi emang bener, doi mau kudeta?
Yha kalau dari keterangan videonya sih, Pangeran Hamzah menyangkal semua tuduhan. Menurutnya, yha emang kinerja pemerintahan Jordan aja yang buruk, nggak demokratis, dan korup. Beliau juga bilang bahwa sayang banget, karena negara yang tadinya paling maju dan terdepan di wilayah Arab dalam hal pendidikan, layanan kesehatan, dan kebebasan individu, kini jadi negara yang gampang banget menahan warganya sendiri.
 
Terus yang ditangkep doi aja?
Enggak, ada banyak guys, di antaranya ada mantan menteri keuangan, ahli ekonomi, hingga anggota istana lain yang juga masih keluarga raja. FYI, mereka semua ditahan per Sabtu (3/4) kemarin dengan alasan ‘keamanan’.
 
Well, any response from the military? 
Yep.  Pihak militer sih menyangkal pernyataan Hamzah dalam video yang direkamnya. Menurut mereka, Hamzah bukan ditahan di rumah, tapi dia cuma diminta untuk menghentikan aksi-aksinya yang bakal mempengaruhi stabilitas dan keamanan Jordan.
 
Got it. Anything else I should know?
Well, suasana yang mulai memanas di Jordan ini tentunya menarik perhatian banyak pihak, khususnya karena Jordania memang dikenal sebagai negara yang paling stabil secara politik di Semenanjung Arab. Terkait tensi ini, beberapa negara tetangga juga udah mulai speak up, di antaranya negara tetangga Arab Saudi yang bilang bahwa mereka selalu mendukung kebijakan yang diambil Raja Abdullah demi menjaga keamanan negaranya.

Who has a say about the disaster in NTT?

Wahana Lingkungan Hidup aka Walhi NTT.
 
What do they say?
Well, kemarin, Direktur Eksekutif Walhi (Wahana Lingkungan Hidup) NTT Umbu Wulang T Paranggi, banjir bandang dan longsor yang baru aja terjadi di NTT sejak Minggu kemarin itu ternyata juga dipicu sama kerusakan lingkungan.
 
Really?
Iya. Menurutnya, kerusakan lingkungan yang terjadi di NTT adalah akibat dari alih fungsi lahan, pertambangan dan pembalakan liar. For example, adanya alih fungsi lahan di kawasan hulu Sumba Timur untuk investasi pabrik gula.  Artinya, yang tadinya hutan, ditebang dan diubah jadi perkebunan tebu.  Selain itu, Kabupaten Malaka juga udah sering banjir karena adanya pembangunan di daerah sungai dan hulu.
 
Tell me more…
Selain kedua tempat tadi, Wulang juga menyebut bahwa pulau Adonara tidak pernah terkena banjir sebelumnya, dan bukan merupakan daerah dalam peta rawan bencana. Namun belakangan ini, diketahui ada aktivitas pembalakan liar di sekitar Gunung Boleng, yang diduga turut berkontribusi terhadap terjadinya banjir di sana.  Sementara itu, Kabupaten Lembata memang merupakan daerah rawan longsor karena berada di lereng Gunung Merapi.
 
I see, terus gimana dong? 
Walhi meminta pemerintah untuk menetapkan NTT dalam status darurat bencana. Hal ini berdasarkan pada UU tentang Penanggulangan Bencana yang terdiri dari cakupan lokasi, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan, dan kemampuan sumber daya alam dan juga buatan.  Selain itu, menurut Walhi kerugian akibat bencana banjir dan tanah longsor tersebut sudah mencapai triliunan rupiah.  Bahkan, Walhi menyatakan bahwa bencana banjir yang juga merupakan akibat dari fenomena La Nina ini bakal meluas ke seluruh pulau di NTT.
 
Oh no….
:(. Lebih jauh, Walhi juga meminta pemerintah untuk fokus ke pencarian, penyelamatan, pertolongan darurat, dan evakuasi korban ke tempat yang aman. Selain itu, pemerintah juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terkena dampak. Adapun yang perlu jadi perhatian adalah, like penyediaan air bersih dan sanitasi, pangan, sandang, pelayanan kesehatan, pelayanan psikososial, penampungan, dan tempat hunian.
 
Where’s the government on this?
Well, kemarin sih Pak Jokowi udah meminta kepada Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Henri Alfiandi, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menangani bencana banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang di NTT. Selain itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga disuruh gercep mengatasi bencana alam tersebut.
 
I see, anything else? 
Berdasarkan update terakhir, menurut Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, terdapat 69 korban jiwa akibat banjir di Flores Timur, tepatnya di Kecamatan Ile Boleng, Adonara Timur, dan Lembata. Meanwhile, tiga ratusan orang di Lembata dilaporkan harus mengungsi. Terus sejauh ini, menurut BNPB, terdapat 68 korban meninggal, 15 orang luka-luka, 70 orang hilang dan setidaknya 2.655 orang terdampak banjir.

For when you loooove sharing everything on Facebook…

Don’t we all?

Tapi hati-hati guys, karena baru-baru ini muncul informasi bahwa data pribadi dari pengguna Facebook bocor. Nggak tanggung-tanggung, data yang bocor dan disebar secara gratis ada lebih dari 500 juta profil. Whoaaaa…
 
Serius ini?
Yep. Jadi menurut firma cyber intellegence Hudson Rock, berbagai informasi personal ini nggak hanya dicuri, tapi juga di-post di forum-forum hacker. Adapun data yang dibocorkan ini mencakup alamat email dan nomor telepon pemilik akun Facebook. Namun dalam beberapa kejadian, data yang bocor juga mencakup nama lengkap, lokasi, TTL, alamat email, hingga status hubungan.
 
Geeez….
Belum selesai guys. Jadi disebutkan juga bahwa dari 500 juta akun bocor tadi, ada setidaknya 32 juta akun asal Amerika Serikat, dan 20 juta akun asal Prancis. Adapun data pribadi yang bocor ini kebanyakan digunakan oleh oknum-oknum jahat untuk melakukan rekayasa sosial, scamming, hacking, dan juga marketing.
 
I wanna hear what Facebook says about this…
Well, juru bicara Facebook sih bilang bahwa berita kebocoran data tersebut adalah kabar basi. Disebutkan juga bahwa data-data yang bocor adalah data yang dilaporkan pada tahun 2019 lalu, dan kesalahannya udah berhasil ditemukan serta diperbaiki. Tapi guys, yhaa namanya data pribadi orang, walaupun diambil sejak 2019, bisa aja datanya masih berguna hingga sekarang.
 
OK…
Nah guys, kasus kebocoran data ini bukan hal yang pertama terjadi. Sebelumnya di tahun 2016, ada skandal Cambridge Analytica tentang penggunaan data pribadi jutaan pengguna FB untuk target iklan politik, khususnya di Amerika Serikat.

Who’s just put up the “do not enter” sign?

The US aka United States.
Yep, jadi seiring dengan makin maraknya imigran ilegal yang berusaha untuk bisa menyelinap masuk ke Amerika Serikat, pemerintahannya Biden kemudian membuat iklan via radio yang mengkampanyekan ke warga di negara-negara di Amerika Latin untuk jangan jadi imigran gelap demi bisa masuk ke AS.  Adapun iklan radio ini mengudara di negara-negara tetangga AS kayak Brasil, El Salvador, Guatemala, dan Honduras sejak awal tahun ini. Selain itu, iklannya juga direkam dengan menggunakan Bahasa Spanyol, Bahasa Portugis, dan enam bahasa Amerika Latin lainnya.
 
Nah, kamu kepo nggak, kayak gimana iklannya? Jadi, salah satu iklan berisi rekaman percakapan antara dua orang, di mana salah satu di antaranya lagi merencanakan untuk masuk secara ilegal ke Amerika Serikat demi kehidupan yang lebih baik. Namun lawan bicaranya bilang bahwa hal itu berbahaya banget, karena pelakunya bisa aja dirampok, diculik, bahkan dibunuh ketika melewati perbatasan. In their words: “Don’t put your kids’ lives at risk based on false hopes,”
 
So far, pemerintahannya Biden udah mengeluarkan sekitar 28.000 iklan radio ini dan udah didengarkan oleh setidaknya tujuh juta pendengar di Amerika Latin, melalui 133 stasiun radio. Adapun kampanye radio ini juga bertujuan untuk menangkal info-info hoaks terkait kebijakan imigrasi di Amerika Serikat, di mana salah satunya adalah di bawah pemerintahan Joe Biden, perbatasan jadi lebih ‘longgar’ dan nggak ketat. Tentunya hal ini disambut baik oleh masyarakat Amerika Latin yang pengen pindah negara karena situasi di negaranya yang nggak stabil.
 
Nah guys, meski dilakukan secara masif, banyak pihak yang meragukan efektifitas iklan radio tersebut, apalagi karena jumlah imigran ilegal yang berusaha menyelundupkan diri ke Amerika Serikat terus meningkat.

“Bukan contoh yang baik,”

Gitu guys kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera pas mengomentari soal Pak Jokowi dan Pak Prabowo yang kompakan jadi saksi di pernikahannya Atta Halilintar-Aurel. Kata Pak Mardani, pihak Setneg juga perlu ditegur karena sampe meng-upload acara ini ke akun sosial media Setneg. Menurutnya, akun itu ya buat urusan negara, bukan hadir kondangan.
 
When your boss was late to enter the Zoom meeting…

Catch Me Up! Recommendations

You know, as an adult, it is veeery easy for us to be stressed out. But here are the dangers of stress you should know.

Announcement


Thanks to Vina Sectiana, NN, Arsene, Anonym for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Sejak dua hari ini ada temen ortu yg dateng (temen sesama wali SD adekku), tapi tidak bisa ketemu ortu. Trus, kemren beliau dateng lagi dan kali ini ada ibu. Tidak lama, bapak dateng dari masjid. Singkat cerita beliau butuh pinjaman, tapi ortu sepertinya tidak ada uang banyak. Aku hanya di ruang tengah, samar-samar mendengar percakapan. Bapak lalu inisatif ngambil uang ke kamar dan ngasihin sedikit uang ke beliau. Ga lama, ada tangisan pecah. Beliau begitu berterima kasih. Ternyata, setelah ibu cerita, beliau untuk beli pulsa aja ngga bisa. Aku jadi merasa diingatkan, untuk selalu berbuat baik dan ringan tangan ke orang lain. Nyes aja rasanya sore itu.
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!