Lebih dari 500 Juta Profil Pengguna Facebook Bocor

94

For when you loooove sharing everything on Facebook…

Don’t we all?

Tapi hati-hati guys, karena baru-baru ini muncul informasi bahwa data pribadi dari pengguna Facebook bocor. Nggak tanggung-tanggung, data yang bocor dan disebar secara gratis ada lebih dari 500 juta profil. Whoaaaa…
 
Serius ini?
Yep. Jadi menurut firma cyber intellegence Hudson Rock, berbagai informasi personal ini nggak hanya dicuri, tapi juga di-post di forum-forum hacker. Adapun data yang dibocorkan ini mencakup alamat email dan nomor telepon pemilik akun Facebook. Namun dalam beberapa kejadian, data yang bocor juga mencakup nama lengkap, lokasi, TTL, alamat email, hingga status hubungan.
 
Geeez….
Belum selesai guys. Jadi disebutkan juga bahwa dari 500 juta akun bocor tadi, ada setidaknya 32 juta akun asal Amerika Serikat, dan 20 juta akun asal Prancis. Adapun data pribadi yang bocor ini kebanyakan digunakan oleh oknum-oknum jahat untuk melakukan rekayasa sosial, scamming, hacking, dan juga marketing.
 
I wanna hear what Facebook says about this…
Well, juru bicara Facebook sih bilang bahwa berita kebocoran data tersebut adalah kabar basi. Disebutkan juga bahwa data-data yang bocor adalah data yang dilaporkan pada tahun 2019 lalu, dan kesalahannya udah berhasil ditemukan serta diperbaiki. Tapi guys, yhaa namanya data pribadi orang, walaupun diambil sejak 2019, bisa aja datanya masih berguna hingga sekarang.
 
OK…
Nah guys, kasus kebocoran data ini bukan hal yang pertama terjadi. Sebelumnya di tahun 2016, ada skandal Cambridge Analytica tentang penggunaan data pribadi jutaan pengguna FB untuk target iklan politik, khususnya di Amerika Serikat.