KPK Melakukan Penggeledahan di Kantor PT Jhonlin Baratama, Kalimantan Selatan, Pesawat Tempur China “the Liaoning” Muncul di Perairan Laut China Setelah Latihan Militer Bersama Angkatan Laut AS dengan Filipina Berakhir, Kerugian Masyarakat Karena Investasi Illegal Mencapai Rp114,9 Triliun Sejak Tahun 2011 Sampai Sekarang, Mobil Robot untuk Layanan Pengantaran Pizza

141

Good morning!

 
It’s the second day of fasting and we hope you’re still going strong. In case you need some inspiration, you can head out here. We talked with Aryo Ariotedjo, a businessman, venture capitalist, & an entrepreneur on a couple things: Navigating career, knowing what you’re good at, the hustle of doing business, to dealing with failures. Yep, adulting can be scary, especially when you add career to the equation. So, we hope our new Catch Up! podcast can help you out a little bit. Go listen.

For when you thought “Catch Me If You Can” was only in the movie…

Wrong.
Karena peristiwa kayak di film “Catch Me If You Can” ini beneran kejadian juga guys in real life.
 
Hah serius?
Iya, jadi diduga ada pihak yang berhasil menyembunyikan dan ngumpetin barang bukti penyuapan korupsi mereka. Ga tanggung-tanggung, barang bukti ini dibawa kabur pake truk.
 
Geeeez…is this for real?
Yep. Jadi Jumat kemarin, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru aja  melakukan penggeledahan di kantor PT Jhonlin Baratama yang ada di Kalimantan Selatan. Adapun perusahaan punya pengusaha batu bara asal Kalimantan Selatan Haji Isam ini ini diperiksa terkait penyidikan kasus dugaan suap terhadap pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Namun dalam penyidikannya, KPK nggak berhasil menemukan barang bukti apa-apa.
 
Kok bisaaaa?
Well, kalo menurut informasi dari Plt. Jubir KPK Ali Fikri sih, pihak KPK sebelumnya emang udah menerima informasi dari masyarakat tentang upaya penghilangan barang bukti dugaan kasus korupsi yang dimuat di sebuah truk yang ada di Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Menurut informasinya, truk tersebut menyimpan dokumen-dokumen terkait perkara suap pajak tahun 2016 dan 2017 lalu.  Tapi pas tim penyidik KPK datang di lokasi, truknya udah nggak ada di tempat. Menurut Pak Ali Fikri, diduga emang ada pihak-pihak yang sengaja mau menghilangkan alat bukti.
 
Emang ini tuh terkait kasus apa sih? 
Kasus suap di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) gengs. Inget ga, bulan lalu, Bu Menkeu Sri Mulyani sempet bahas soal dugaan suap pajak di jajarannya? Kalo enggak, here’s some refresher, dan kalo inget, kamu perlu tahu bahwa dalam perkembangannya, KPK udah melarang mantan Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak Angin Prayitno Aji dan lima orang lainnya bepergian ke luar negeri. Pelarangan ini dilakukan karena berkaitan dengan kepentingan penyidikan kasus dugaan suap pajak.

 
I see…
Nah, saat ini, KPK lagi mencari di mana gerangan truk barang bukti tersebut. So, in case kamu nemuin truk yang banyak berkas-berkas mencurigakannya, Pak Ali minta kamu ngabarin KPK melalui call center 198 atau melalui email informasi ke @kpk.go.id.
 
Noted. Now, does anyone has a say, tho?
Yep, terkait kejadian ini, peneliti Pusat Kajian Antikorupsi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM), Zaenur Rohman menyebut bahwa kemungkinannya sih udah terjadi kebocoran informasi. Dugaan serupa juga disampaikan oleh peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana yang menduga bahwa ada internal KPK yang membocorkan informasi tentang rencana penggeledahannya.
 
Liciiin bener ini (terduga) koruptor.
Yoi. In fact, hal ini bukan merupakan kejadian yang pertama. Menurut Kurnia, kasus suap pengadaan paket sembako di Kemensos beberapa waktu lalu juga menghadapi rintangan yang sama, di mana dari beberapa tempat yang harus digeledah, tidak ada barang bukti apapun yang ditemukan. Untuk itu, ICW meminta Dewan Pengawas KPK untuk menindaklanjuti dugaan info penggeledahan KPK bocor.
 
Terus KPK bilang apa? 
Pihak KPK, Pak Ali tadi, menegaskan bahwa mereka udah bekerja sesuai dengan prosedur yang ada.  Selain itu, Pak Ali juga menegaskan bahwa ada konsekuensi hukum bagi pihak-pihak yang mencoba menghambat proses penyidikan. Hal tersebut tercantum dalam pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Adapun ancaman hukumannya adalah 12 tahun penjara dan denda paling banyak Rp600 juta.
 
Whooaa..I see, anything else? 
FYI, penggeledahan dilakukan di kantor PT Jhonlin Baratama, anak usaha dari Jhonlin Group milik Samsudin Andi Arsyad aka Haji Isam merupakan proses penggeledahan yang kedua. Sebelumnya pada Kamis (18/3) penyidik udah menemukan dan mengamankan barang bukti berupa dokumen terkait kasus suap pajak tersebut. Selain itu, mereka juga udah menggeledah PT Bank Panin dan PT Gunung Madu Plantations terkait kasus yang sama.

For when things are heating up in South China Sea…

Between China and the United States.
 
What happened?
Jadi Hari Minggu kemarin, pesawat tempur China, namanya “the Liaoning” tiba-tiba aja muncul di perairan Laut China Selatan (LCS). Adapun kemunculan ini berbarengan dengan berakhirnya latihan militer bersama antara angkatan laut Amerika Serikat dengan Filipina di wilayah tersebut.
 
Terus kenapa hubungannya jadi memanas?
Karena Laut China Selatan adalah daerah konflik yang diperebutkan oleh enam negara di Asia Tenggara dan China. Adapun negara-negara yang mengklaim wilayah ini adalah China, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam dan Malaysia. Salah satu faktor yang bikin LCS banyak yang nge-klaim juga adalah karena wilayah itu mengandung kekayaan alam yang banyak, sehingga masing-masing negara punya klaim masing-masing.
 
Terus hubungannya ama AS apa beb?
Yhaa untuk mempertahankan kekuatan AS di kawasan Asia Pasifik. Jadi gini guys, wilayah Laut China Selatan ini luaaaas banget, dan areanya meliputi perairan dari China, terus ke Taiwan, Vietnam, Filipin, sampe Indonesia. Gede banget kan tuh. Nah China, ingin mengklaim seluruh wilayah ini sebagai wilayahnya (imagine kita berbatasan langsung sama China?), so the US was like… nope, not so fast. Karena di wilayah Asia Pasifik sendiri, AS punya geng-an yang harus dijagain nih, kayak Filipina, Jepang, dan Korea Selatan. Kalo misalnya AS ngebiarin aja China mengklaim seluruh wilayah, maka hal itu bakal jadi ancaman yang serius buat pengaruh AS di Asia Pasifik.
 
Whoaaa…
Yep, that complex. Nah salah satu cara yang biasa dilakukan negara-negara untuk menunjukkan “pengaruhnya” di satu wilayah adalah dengan menggelar latihan militer bersama, which is itu yang dilakuin AS minggu lalu. Hal ini kemudian langsung mendapat respons dari China yang “mengirimkan” pesawat tempur Liaoning tadi.
 
Got it.
Nah guys, Amerika Serikat sendiri menjelaskan bahwa latihan militer bersama itu dilakukan untuk menunjukkan bahwa mereka ‘kuat’ dan mampu mewujudkan keamanan dan stabilitas wilayah demi mendukung terciptanya kawasan Indo-Pasifik yang bebas. Pelatihannya sendiri dilakukan secara dua minggu, dan diikuti oleh lebih dari 1.700 tentara dari AS dan Filipina.
 
So, China has a response to this exercise?
Yep, Ahli Militer China, Wei Dongxu mengatakan bahwa latihan angkatan laut AS ini adalah bentuk provokasi. Meanwhile, latihan pesawat tempurnya China adalah untuk membentuk posisi defense yang lebih luas dan menjaga wilayah-wilayah pesisirnya China, serta menjaga dan memantau kegiatan Angkatan Lautnya AS.
 
I see, anything else? 
Secara kondisi makin panas, kemarin, Vietnam juga ikut mengirim Kapal Perang ke LCS untuk menggelar ‘simulasi perang’. Dalam keterangan resmi dari Kemenlu Vietnam, emang aktivitas kapal-kapal China di LCS  melanggar kedaulatan negaranya secara serius, dan karena itulah, Vietnam berada pada persiapan pertempuran level tertinggi.

For when you’re planning to invest your money…

Hati-hati investasi bodong.
 
Kenapa emang?
Karena menurut Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kerugian masyarakat karena investasi illegal itu gede banget, yakni mencapai Rp114,9 triliun sejak tahun 2011 sampai sekarang!
 
Whoaa that much? 
Yep. FYI, selama tahun 2020, SWI udah menghentikan dan menutup 390 investasi illegal, dan 1200 financial technology (fintech) bodong.  Menurut Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara, meskipun udah ada yang ditutup, namun praktik investasi illegal masih muncul terus karena banyak masyarakat yang percaya.
 
Go on… 
Terkait hal ini, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sardjito juga mengatakan bahwa maraknya penipuan ini juga dikarenakan banyak masyarakat yang gampang dibujuk kalau diiming-iming keuntungan yang tinggi banget. Dalam kesempatan yang sama, Pak Sardjito memberi contoh kasus di Depok, di mana pelaku penipuannya adalah orang yang nggak lulus SMA, sementara itu korbannya udah berpendidikan tinggi.
 
No…
Yep, Pak Sardjito juga bilang bahwa investasi ilegal ini bisa banyak banget karena keterbatasan wewenang OJK dalam menindaklanjuti laporan masyarakat.  Terus, sekarang juga semakin banyak modus-modus untuk menipu korban.  Namun, OJK, Kementerian Perdagangan, atau Bappebti nggak punya wewenang untuk menindaklanjuti.
 
So what now?
Well, jadinya kamu harus lebih hati-hati kalau dapat tawaran investasi dengan keuntungan yang nggak masuk akal atau nggak wajar dalam waktu yang cepat. Terus, sistem bonus member get member juga adalah salah satu ciri investasi bodong.
 
I see, anything else? 
Hati-hati juga sama lembaga investasi yang memanfaatkan tokoh masyarakat, agama, atau public figure untuk menarik minat kita ikutan investasi ke mereka. Selain itu, kalau mereka jelasin produknya nggak ada risiko (risk free), pikir-pikir lagi ya gengs. Dan terakhir, jangan lupa cek legalitas lembaganya di website OJK, kalau nggak ada, berarti kemungkinan besar lembaga tersebut adalah penipu investasi bodong.

For when you loooove to order pizza…

Meet: Domino’s pizza robot. 
Yep, beneran guys, robot Domino’s pizza yang satu ini adalah mobil robot untuk layanan pengantaran pizza. Jadi minggu ini, Domino’s Pizza di Amerika Serikat baru aja memulai program percobaan delivery robotnya di Houston, Texas. Bagi para pelanggan yang terpilih, mereka bisa memesan pizza dan memilih supaya pizza-nya dianterin pake robotnya. Setelah memilih, para pelanggan ini bakal mendapatkan pesan tentang di mana lokasi si robot dan kode pemesanan. Terus setelah robotnya sampai, pelanggan tinggal memasukkan kodenya di mobil robot, terus pintunya akan terbuka dan pizzanya tinggal diambil deh.
 
FYI, robotnya Domino’s ini adalah mobil robot tanpa awak pertama yang mendapatkan izin jalan dari Department of Transportation-nya Amerika Serikat. Meski begitu, mobil robot ini bukan robot pertama yang dipakai sama Domino’s pizza untuk mengantar pesanan. Sebelumnya di tahun 2013, Domino’s pernah mencoba men-deliver pizza pakai drone di Inggris. Terkait inovasinya ini, pihak Domino’s menyebut bahwa program ini bakal membantu mereka memahami bagaimana pelanggan merespon deliveries, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan robot, dan bagaimana hal tersebut berdampak ke operasional toko.

“Insya Allah reshuffle kabinet pekan ini,”

Gitu kata Tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin kemarin, pas ngebocorin soal kemungkinan reshuffle atau penggantian menteri di kabinet Indonesia Maju. FYI guys, isu reshuffle ini kembali rame setelah munculnya Kementerian Investasi dan peleburan Kemendikbud-Ristek.
 
We’re waiting for a call from RI 1 now…

Catch Me Up! Recommendations

A little alteration, here and there… we’re not talking about a wedding dress, we’re talking about podcast! Yep, it’s another one. We notice that you LOOOOOVE song lyrics on our email subject, so why don’t we put it in our podcast? So, starting from today, Listen Up! will include songs that makes listening to news less boring. Prove it yourself, here.

Announcement


Thanks to Dirga, 8, & Tania for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Jadi kamis kemaren aku pergi dari padang sendirian ke Jogja. Trus smpe di YIA itu udah malem banget. Dapetlah Damri terakhir, tapi aku ga tau berhentinya bakalan jauh dari hotel atau enggak. Trus, ada nih mas mas yg duduk di sebelahku ternyata tujuannya sama. aku nanya2lah masnya dari mana dan dia juga nanya aku dari mana. Karena aku orang jauh kali ya, jadi dia ngasih petunjuk buat ke hotelku. Nah pas aku turun yg deket persimpangan hotel, dia juga ikutan turun, padahal harusnya dia turun di pemberhentian terakhir. Trus dia juga nemenin dan bantuin aku smpe dapet gocar. Aku bersyukur banget pdhal cuma kenal di bus dan gak sempat nanya namanya siapa, cuma tau dia dari Jakarta. Buat masnya semoga sehat terus ya. I adore you mas.
-Pelancong jauh yg hampir nyasar di Jogja-
 
2. Jadi, hari ini gue berangkat ngantor dengan semangat yg standar-standar aja, kayak biasa. Tapi perjalanan lanjutan dari stasiun ke kantornya nih, yg unik luar biasa dan bikin heartwarming banget sepanjang jalan. Gue order ojek online, di salah satu penyedia jasa ojol yg nawarin extra protection buat penumpangnya. Kayak, drivernya pake pembatas plastik yg digendong macam tas ransel gitu, trs sama nyemprotin hand sanitizer ke tangan gue pas udah duduk di jok. Ini, biasa. Pas bapaknya udah mulai tancap gas, bapaknya nyanyi dong pas bawa motor😭 Suaranya merduuu, macam bapak-bapak yg suka nyumbang lagu di acara nikahan, yg bisa bikin semua undangan ikutan sing along. Tapi jelas tetep hati-hati bawa motornya. Gue ngga kenal lagunya, tapi dengerin bapaknya nyanyi dengan gembira (you know people sound different when they’re singing while smiling, right?) bikin gue ikutan terhibur juga😂 Tidak cukup gue dibuat kaget (in a good way) sama pengalaman naik ojol kali ini, gue dibuat terharu karena pas gue turun trs ngasi helm, bapaknya bilang, “Sehat-sehat terus ya, Mbak. Semoga kerjanya lancar dan sukses selalu.” And it’s soooo genuine I could feel my eyes got teared up, yg tentunya gue balas, “Iyaa, Pak. Aamiiinnn, makasihh. Semoga doanya balik ke bapak juga ya.” Panjang umur orang-orang baik! Semoga bapak ojol yg gue naekin pagi ini orderannya ramai lancar dan ngga ketemu customer-customer nyebelin. Sehat selalu semua pembaca catchmeup.idthe rest of the catchmeup.id team, gue, dan bapak ojol!
-yloomgi-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!