Kapal Selam KRI Nanggala-402 Telah Tenggelam dan Seluruh Awak di Dalamnya Dinyatakan Gugur

33

On those who patrol the sea eternally…

Here’s the latest updates. 
Kemarin sore, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa Kapal Selam KRI Nanggala-402 telah tenggelam, dan seluruh awak di dalamnya yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.
 
OMG….
Yep. Hal ini disampaikan oleh Pak Hadi setelah dilakukan pencarian secara intensif sejak kapal selamnya pertama kali hilang kontak, pada Rabu (21/4) dini hari minggu lalu. Terkait penemuannya ini, Pak Hadi bilang bahwa udah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala 402. Adapun KRI ini ditemukan di kedalaman 838 meter di bawah laut.
 
Tell me more…
Adapun citra yang dikonfirmasi termasuk kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, dan bagian kapal lain kayak baju keselamatan awak kapal NK-11. Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, Pak Hadi bilang bahwa dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.
 
🙁
Lebih jauh, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono juga menyatakan bahwa kapal selamnya terbelah tiga. Selain itu, penyebab tenggelam juga bukan karena human error, karena semua prosedur sudah dilaksanakan sesuai aturan. Pak Yudo menambahkan, bahwa bisa jadi karena faktor alam.
 
Tell me more about the rescue…
Adapun untuk melakukan pencarian ini, TNI AL juga dibantu sama alutsista dari negara-negara lain, kayak Singapura, Malaysia, India, Australia, hingga Amerika Serikat. Nah dalam operasi ini, escape suit atau baju keselamatan milik KRI Nanggala-402 berhasil ditemukan oleh ROV (remote operation vehicle) MV Swift Rescue dari Singapura. Escape suit itu disebut dikeluarkan dari kotak karena adanya keadaan darurat.
 
Jadi sempet dikeluarin?
Sempet dikeluarin, tapi nggak sempet dipake. Gitu kata Pak Yudo :(. Beliau juga bilang bahwa escape suit itu semestinya tersimpan di dalam kotak, dan hanya dikeluarkan saat terjadi keadaan darurat. Namun the fact that escape suit-nya bisa lepas, berarti emang ada kondisi darurat.
 
So what now?
First, TNI AL bakal segera mengevakuasi KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Terus, Marsekal Hadi juga bilang bahwa seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang gugur bakal diberi kenaikan pangkat secara berjenjang. selanjutnya, KSAL Pak Yudo juga bilang bahwa pihaknya berencana untuk mengevakuasi jasad para awak KRI Nanggala bila berhasil diangkat.
 
Anything else I need to know?
Beberapa waktu sebelum konfirmasi ini, Presiden Joko Widodo udah menyampaikan keterangannya. Menurut beliau, kejadian ini tidak hanya mengejutkan bagi keluarga dari para awak kapal, namun juga TNI AL dan seluruh warga Indonesia. Pak Jokowi juga bilang bahwa para awak kapal selam KRI Nanggala-402 adalah putra terbaik bangsa dan patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.
 
I want to hear it from Pak Prabowo too…
Sure. Dalam keterangannya di Pangkalan TNI AU Ngurah Rai, Bali, Kamis lalu, Pak Prabowo yang merupakan Menteri Pertahanan ini bilang bahwa musibah ini menunjukkan pertahanan negara adalah suatu pekerjaan yang sangat rumit, memerlukan teknologi yang sangat tinggi, dan mengandung unsur bahaya. Meski begitu, Pak Prabowo bilang bahwa kita sedang dalam rangka melaksanakan moderniasi alutsista untuk tiga angkatan, dan hal itu akan dilakukan dengan upaya yang komprehensif dan seefisien mungkin.