Kapal Selam KRI Nanggala-402 Telah Tenggelam dan Seluruh Awak di Dalamnya Dinyatakan Gugur, Corona Updates 26 April 2021, Pemimpin Negara-negara ASEAN Menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jakarta Kemarin, Kondisi di Myanmar Menjadi Pembahasan Utama, Honda Mengumumkan bahwa Perusahaannya Hanya Akan Memproduksi Kendaraan Bebas Emisi di Masa Depan

176

Good morning,

 
Last weekend felt so gloomy. We were all waiting for the good news on KRI Nanggala-402, and hoping that everyone on board could comeback to the comfort of their families. However, last night we learned that all crews  have passed. This is a news no one ever wishes to hear, so today, in this month of blessing, let’s take a moment to send prayers to all the sailors and their families. Tunai sudah janji bakti…

On those who patrol the sea eternally…

Here’s the latest updates. 
Kemarin sore, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa Kapal Selam KRI Nanggala-402 telah tenggelam, dan seluruh awak di dalamnya yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.
 
OMG….
Yep. Hal ini disampaikan oleh Pak Hadi setelah dilakukan pencarian secara intensif sejak kapal selamnya pertama kali hilang kontak, pada Rabu (21/4) dini hari minggu lalu. Terkait penemuannya ini, Pak Hadi bilang bahwa udah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala 402. Adapun KRI ini ditemukan di kedalaman 838 meter di bawah laut.
 
Tell me more…
Adapun citra yang dikonfirmasi termasuk kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, dan bagian kapal lain kayak baju keselamatan awak kapal NK-11. Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, Pak Hadi bilang bahwa dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.
 
🙁
Lebih jauh, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono juga menyatakan bahwa kapal selamnya terbelah tiga. Selain itu, penyebab tenggelam juga bukan karena human error, karena semua prosedur sudah dilaksanakan sesuai aturan. Pak Yudo menambahkan, bahwa bisa jadi karena faktor alam.
 
Tell me more about the rescue…
Adapun untuk melakukan pencarian ini, TNI AL juga dibantu sama alutsista dari negara-negara lain, kayak Singapura, Malaysia, India, Australia, hingga Amerika Serikat. Nah dalam operasi ini, escape suit atau baju keselamatan milik KRI Nanggala-402 berhasil ditemukan oleh ROV (remote operation vehicle) MV Swift Rescue dari Singapura. Escape suit itu disebut dikeluarkan dari kotak karena adanya keadaan darurat.
 
Jadi sempet dikeluarin?
Sempet dikeluarin, tapi nggak sempet dipake. Gitu kata Pak Yudo :(. Beliau juga bilang bahwa escape suit itu semestinya tersimpan di dalam kotak, dan hanya dikeluarkan saat terjadi keadaan darurat. Namun the fact that escape suit-nya bisa lepas, berarti emang ada kondisi darurat.
 
So what now?
First, TNI AL bakal segera mengevakuasi KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Terus, Marsekal Hadi juga bilang bahwa seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang gugur bakal diberi kenaikan pangkat secara berjenjang. selanjutnya, KSAL Pak Yudo juga bilang bahwa pihaknya berencana untuk mengevakuasi jasad para awak KRI Nanggala bila berhasil diangkat.
 
Anything else I need to know?
Beberapa waktu sebelum konfirmasi ini, Presiden Joko Widodo udah menyampaikan keterangannya. Menurut beliau, kejadian ini tidak hanya mengejutkan bagi keluarga dari para awak kapal, namun juga TNI AL dan seluruh warga Indonesia. Pak Jokowi juga bilang bahwa para awak kapal selam KRI Nanggala-402 adalah putra terbaik bangsa dan patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.
 
I want to hear it from Pak Prabowo too…
Sure. Dalam keterangannya di Pangkalan TNI AU Ngurah Rai, Bali, Kamis lalu, Pak Prabowo yang merupakan Menteri Pertahanan ini bilang bahwa musibah ini menunjukkan pertahanan negara adalah suatu pekerjaan yang sangat rumit, memerlukan teknologi yang sangat tinggi, dan mengandung unsur bahaya. Meski begitu, Pak Prabowo bilang bahwa kita sedang dalam rangka melaksanakan moderniasi alutsista untuk tiga angkatan, dan hal itu akan dilakukan dengan upaya yang komprehensif dan seefisien mungkin.

Now, here’s your weekly Covid-19 updates…

Yep, it’s still here. And as always, we’ll start….

From home.

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.641.194 kasus, 44.594 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 1.496.126 (91,2% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (404.167 kasus), Jawa Barat (273.765 kasus), Jawa Tengah (181.780 kasus), Jawa Timur (146.088 kasus), dan Kalimantan Timur (67.731 kasus).
  • Setelah sempat menerima masuknya travelers asal India ke tanah air, maka pada Sabtu kemarin, Ditjen Imigrasi kemudian memberlakukan kebijakan yang menolak masuknya pelaku perjalanan dari India ke Indonesia. Adapun larangan ini berlaku buat mereka yang mempunyai riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk wilayah Indonesia.
  • Sabtu kemarin, sebanyak 320 kendaraan diputarbalik oleh personel gabungan di Gerbang Tol Cileunyi dan Seroja, Bandung, Jawa Barat. Adapun kebijakan putar balik ini dilakukan sebagai bagian dari penyekatan jalur mudik.
  • Mulai weekend kemarin, kewaspadaan di Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau ditingkatkan, demi menghindari penularan pandemi Covid-19. Adapun antisipasi ini diberlakukan khususnya terkait kedatangan kapal dari India dan China, setelah sebelumnya didapati enam warga India yang terpapar Covid-19 di Kota Samarinda.
  • Minggu lalu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menegaskan kembali bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar dilarang mudik lebaran tahun ini. Adapun ASN yang bisa melakukan perjalanan adalah mereka yang emang punya kebutuhan mendesak dan punya izin tertulis dari atasan, yang setingkat eselon II.
  • Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru aja menginfokan bahwa kasus positif Covid-19 di klaster perkantoran kembali meningkat. Dalam keterangannya di Instagram @dkijakarta disebutkan bahwa pada periode 12-18 April 2021, ada 425 jumlah kasus positif yang ditemukan di 177 perkantoran. Angka ini meningkat hampir tiga kali lipat dibanding periode 5-11 April 2021 yang hanya mencatatkan 157 kasus dari 78 perkantoran.
  • Minggu lalu, sejumlah pemikul jenazah Covid-19 yang berstatus Pekerja Harian Lepas (PHL) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung, kembali mogok kerja. Aksi ini dilakukan karena honor mereka selama dua bulan terakhir belum dibayarkan.

Meanwhile, internationally… 

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 146.560.631 kasus dan 3.101.823 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (32.045.569 kasus), India (16.960.172 kasus), Brazil (14.308.215 kasus), Prancis (5.534.656 kasus), dan Russia (4.708.640 kasus).
  • India saat ini jadi episentrum penularan Covid-19, di mana angka penambahan kasusnya mencapai 350 ribu kasus dalam satu hari. Ini adalah angka penambahan per hari terbanyak sejak pandemi Covid-19 melanda dunia tahun lalu. Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada lonjakan kasus ini, di antaranya pelonggaran prokes dan mutasi virus.
  • Seiring dengan makin parahnya kondisi Covid-19 di India, pemerintah Amerika Serikat udah mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan bantuan ke negara itu. Adapun rencananya, bantuan bakal meliputi supply oksigen, alat-alat media, hingga vaksin.
  • Kemarin, Pemerintah Jepang udah secara resmi memberlakukan status darurat ketiga Covid-19. Dengan adanya aturan ini, maka restoran yang menyediakan alkohol dan bioskop harus tutup, serta kegiatan olahraga kayak sepak bola cuma diperbolehkan berjalan tanpa penonton. Adapun status ini berlaku selama 17 hari atau hingga 11 Mei 2021.

  • Sekitar 82 orang tewas ketika kebakaran yang terjadi di unit perawatan intensif virus Corona di Baghdad, Irak, kemarin. Adapun ledakan ini disebabkan oleh kesalahan dalam penyimpanan tabung oksigen. FYI guys, jumlah kasus Covid-19 di Iraq udah melampaui 1 juta kasus, dan merupakan yang tertinggi di antara negara Arab.

  • Seorang pria di kota Manacor di Mallorca, Spanyol, ditangkap polisi karena dicurigai udah menularkan virus Covid-19 ke 22 orang dengan Covid-19, menurut Kepolisian Nasional Spanyol. Jadi menurut polisi, meski udah dites PCR dan menunjukkan gejala, namun cowok tadi teteup aja melaksanakan kegiatannya kayak biasa, hingga menularkan virusnya ke orang lain. Adapun penularan terjadi di tempat kerja dan gym yang dia datangi.

For when you were working hard during the weekend…

Same, said ASEAN Leaders. Same.
 
Reallly?
Yep, jadi pada Sabtu kemarin, para pemimpin negara-negara ASEAN baru aja menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jakarta. Nah, dalam KTT tersebut, hal yang jadi pembahasan utama adalah soal kondisi di Myanmar. Pssst… pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing juga dateng lho!
 
Hah kok bisa dateng?
Ya namanya juga KTT, jadi emang semua kepala negara ASEAN pada hadir. Selain Jenderal Min, hadir delapan orang pemimpin negara lain kayak Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chính, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Kemudian, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Hassin Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.
 
Ini ketemuan mau bukber apa gimana?
Nggak sih, ya mau meeting aja. Jadi a little background here, KTT ASEAN adalah pertemuan pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN, yang di antaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Dalam pertemuan ini, biasanya dibahas berbagai isu-isu terkini di kawasan terkait ekonomi, politik, dan sosial. Nah, tahun ini, Menteri Luar Negeri Bu Retno Marsudi bilang bahwa ini merupakan pertemuan pertama yang dihadiri langsung secara fisik oleh para kepala negara, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, kegiatannya digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta.
 
Terus, mereka bahas apa aja?
Tentunya satu hal yang jadi pembahasan utama adalah terkait kondisi panas di Myanmar. Dari awal, Bu Retno juga udah bilang bahwa meeting in person ini menggambarkan keseriusan dan tekad kuat para pemimpin ASEAN untuk membantu Myanmar agar segera keluar dari krisis di negaranya. Nah, abis meeting kemarin, tercapailah lima kesepakatan terkait kondisi di Myanmar.
 
And those are…
Menurut keterangan dari Ketua ASEAN, Sultan Hassanal Bolkiah Sabtu lalu, kelimanya adalah…
  • Kekerasan harus segera dihentikan di Myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya.
  • Diperlukan dialog konstruktif antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat.
  • Utusan khusus Ketua ASEAN akan memfasilitasi mediasi proses dialog dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN.
  • ASEAN akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui AHA Centre.
  • Utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak terkait.
Wah, Myanmar bilang apa? 
Menurut Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, Myanmar menerima usulan-usulan tersebut. Selain itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga menyatakan bahwa pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing nggak menentang usulan adanya pengiriman bantuan kemanusiaan dan kunjungan delegasi perserikatan ke Myanmar. Menurutnya, Jenderal Min bilang kalau dia bakal mengambil poin-poin yang dia anggap berguna.
 
I see, any other comments? 
Terkait pertemuan ini, pihak oposisi junta militer Myanmar bernama NUG, yang merupakan pemerintahan sipil sebagai tandingan dari pemerintahan junta militer menyebut bahwa KTT ASEAN udah gagal. Menurut NUG, poin-poin perjanjian tadi berpihak pada junta militer yang justru udah melakukan pelanggaran HAM. However, NUG yang dibentuk oleh kelompok prodemokrasi juga menyatakan bahwa mereka menunggu aksi tegas dari ASEAN untuk mem-follow up lima poin konsensus tadi, demi mengembalikan demokrasi di Myanmar.
 
Got it. Anything else? 
Yes.  Selama KTT ASEAN tersebut berlangsung, Polda Metro Jaya mengerahkan 300 polisi untuk mengamankan acara. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, ada 150 personel yang dikerahkan untuk pengawalan, dan 150 anggota lain untuk pengamanan rute. Adapun saat ini, KTT-nya udah selesai dan para kepala negara udah kembali ke negaranya masing-masing.

Who just made a promise?

Honda.
Iya guys, jadi Jumat minggu lalu, perusahaan otomotif asal Jepang, Honda baru aja mengumumkan bahwa perusahaannya cuma bakal memproduksi kendaraan yang bebas emisi di masa depan. Pengumuman ini disampaikan langsung sama CEO Honda, Toshihiro Mibe, yang bilang bahwa perusahaan itu juga bakal berupaya untuk cuma menjual kendaraan listrik di tahun 2030 di tiga pasar terbesarnya, yakni Amerika Utara, China, dan Jepang. Lebih jauh, Honda juga bilang bahwa mereka udah berencana untuk mulai menjual kendaraan bebas emisi sebanyak 40% di tahun 2030, dan 80% di tahun 2035. FYI guys, kebijakan ini muncul nggak lama setelah produsen otomotif lainnya, General Motors mengumumkan bahwa mereka juga berencana untuk hanya menjual kendaraan bebas emisi di tahun 2035. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ford yang bakal cuma jualan mobil fully electric di Eropa pada tahun 2030, dan Volvo yang juga bakal jualan fully electric di seluruh dunia, per tahun 2030.
 
Adapun trend peralihan dari kendaraan beremisi ke kendaraan listrik ini dinilai banyak pihak sebagai respons perusahaan atas aturan di berbagai negara yang makin memperketat kebijakan terkait emisinya. Selain lebih ramah lingkungan, kendaraan listrik juga disebut punya onderdil yang lebih sedikit, hingga membutuhkan SDM yang lebih sedikit dalam pembuatannya.

“Bisa dilakukan, asal gotong royong,”

Gitu guys kata Bu Megawati Soekarnoputri minggu lalu, pas bahas soal upaya mitigasi bencana di Indonesia. Menurut beliau, sebenernya Indonesia bisa kok memitigasi bencana kayak di Jepang, tapi emang harus detail dan gotong royong.
 
Your mantra when you have to do kerja kelompok…

Catch Me Up! Recommendations

Been thinking about being more eco-friendly this year? Start small, start from yourself, and start…here.

Announcement


Thanks to You make me day6, nabilah, nunna for treating us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereAtau, kalo kamu mau beli merchendise resminya Catch Me Up! kamu juga bisa belanja-belanji di sini. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Nenekku meninggal, saatnya ngabarin info ini ke semua saudara kan. Tapi sayangnya ada saudara yang entah bagaimana ga bisa dihubungi. Udah coba hubungi tetangganya tapi infonya tetep ga nyampai ke rumah saudara kami ini. Karena persiapan pemakaman kami juga ga sempet buat pergi ke rumah mereka buat ngabarin. Pagi hari sebelum pemakaman, akhirnya kami iseng pesan gojek tapi semacam order fiktif. Minta Pak Gojek-nya dateng ke rumah saudara kami cuma buat ngabarin info meninggalnya simbah. Alhamdulillaah Pak Gojek-nya ga ngira ini prank dan ga keberatan sama sekali. Akhirnya saudara saya dapet infonya dan bisa datang ke pemakaman. Terima kasih Pak Gojek yang ikhlas membantu ♥️
-Afina-
 
2. Dulu gue berpikir jika gue sudah mencapai sesuatu hal, maka gue akan bahagia. Tetapi, gue mulai mengubah pola pikir tentang makna kebahagiaan gue. Terinspirasi dari film Soul Disney yang membuat gue berpikir ulang tentang makna kebahagiaan. Kebahagiaan itu adalah proses hidup, menjalani hidup dengan memilih fokus, mensyukuri dimulai dari hal hal kecil yang nyata. Pada saat hidup memiliki banyak beban setelah kerja, gue berjalan menuju rumah. Lalu ketika gue berpapasan dengan petugas kebersihan di jalanan, sesederhana mereka mengangguk, memberikan senyuman. Seketika itu hati gue nyaman, masih banyak loh orang baik di dunia ini. Kindness will always win. Begitupun ketika gue menyebrang jalanan, sesederhana ada mobil yang menyetop dan memberikan lambaian tangan untuk gue nyberang. So, kebahagiaan menurut gue adalah soal mindset. We can always choose our focus. Semoga diberikan kesehatan kebahagiaan ya semuanya 🙂
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!