Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo di Kabupaten Malang, Jawa Timur Terjadi pada Sabtu Kemarin

29

For when you’ve been hearing about the earthquake in Malang…

Here’s your update.
 
Tell me.
OK. Jadi first, gempanya berkekuatan 6,7 magnitudo dan terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu jam 14.00 WIB kemarin. Saking kencengnya gempanya ni guys, getarannya terasa sampai ke Surabaya dan Yogyakarta.
 
🙁 go on… 
Jadi menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, gempa tersebut membuat 1.189 pemukiman warga dan 150 fasilitas umum (fasum) di 15 kabupaten/kota di Jawa Timur rusak.  FYI, ada kategori tingkat kerusakan, yaitu rusak berat (RB), rusak sedang (RS), rusak ringan (RR).  Khusus untuk Kabupaten Malang, ada 525 rumah RR, 114 rumah RS, dan 57 rumah RB.  Selain itu, ada 14 unit fasilitas pendidikan yang rusak, delapan unit fasilitas kesehatan, 26 tempat ibadah dan 6 jembatan.
 
What about in other places?
Kena juga. Jadi selain di Malang, BPBD mencatat bahwa gempa juga melanda Kabupaten Blitar, dan menyebabkan 217 rumah RR, 85 rumah RS, dan 10 rumah RR, dan sembilan fasum dan tiga balai desa yang rusak. Kerusakan juga terjadi di Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, dan kota Kediri dan Batu.
 
That’s a lot, ada gempa susulan?
Ada. Setelah gempa Sabtu kemarin, ada delapan gempa susulan lagi dengan kekuatan yang berbeda-beda. Adapun gempa susulan yang ke-8 terjadi di Malang Raya dan wilayah Jatim, termasuk sebagian Yogyakarta pada Minggu pagi jam 06.54 WIB dengan kekuatan gempa 5,3 magnitudo.
 
Any victims? 
So far, BNPB mencatat ada delapan orang yang meninggal di Malang (lima di Lumajang dan tiga di Malang).  Terus, ada 36 orang yang luka ringan, dua orang luka sedang, dan satu orang luka berat.
 
I see, anything else? 
Terkait bencana ini, Presiden Jokowi kemudian menginstruksikan Kepala BNPB Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan jajaran menteri dan pejabat pemerintah daerah untuk mengambil langkah tanggap darurat terkait gempa di Malang.  Meanwhile, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini juga meminta Bupati Lumajang, Thoriqul Haq untuk mengevakuasi warga yang jadi korban gempa ke tempat yang lebih aman, in case ada gempa susulan lagi.
 
Ok, anything else? 
Well, Menurut Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa di bagian selatan Malang juga pernah terjadi ratusan tahun lalu karena daerah ini memang kawasan aktif gempa.