Friday Pause: Oink oinkūüź∑ūüźĹūüźĖūüź∑

73


Hellloooooo there!

 
It’s not typo, really. We are just so excited about Friday because boy, is there any better day than today? This week, we learned that most of us, the people of +62, got swept up by the “babi ngepet” phenomenon. As hilarious as it sounds, it comes from one main goal: To make money. So, ladies and gentlemen, in today’s newsletter, we will give you tips on how to make $$$. No babi ngepet involved. Scroll down…

For the love of Meme: Yep, made it to Friday. Good job, me.


Everybody, now let’s talk about: Net worth.

Pernah nggak guys, kamu lagi baca artikel terus came across tulisan tentang net worth seseorang? Misalnya, dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes, Net worth dari orang terkaya di Indonesia, yakni Hartono bersaudara (Iya, bos-nya BCA) adalah 38,8 miliar dolar AS atau lebih dari Rp562 triliun. Whooooooaaa!!!
 
Nah, buat kamu yang belum tahu,¬†net worth¬†itu artinya jumlah kekayaan bersih kamu. Yang diitung mulai dari harta benda yang kamu punya, seperti aset/barang, tabungan, investasi, terus dikurangi cicilan mobil/motor, KPR, tagihan kartu kredit, dan transfer wajib emak-babe tiap bulan *uhuk*. Nah, kalo kamu udah ngitung¬†net worth¬†kamu and¬†at some point thinking¬†“cuiiiii kecil banget¬†net worth¬†gue…” itu gak apa-apa juga. Bahkan kalo misalnya minus, ya nggak apa-apa juga. Karena emang nilai¬†net worth¬†yang tinggi itu¬†butuh banyak waktu untuk membangunnya. Selain itu, kamu juga harus nabung, pinter-pinter milih investasi, hemat-hemat, dan terus meningkatkan skill biar bisa dapet kerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.
 
Walau begitu, ada beberapa hal juga lho guys yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan¬†net worth-mu aka menambah jumlah¬†kekayaanmu. *Pssst….NOT INCLUDING¬†pelihara babi ngepet yaa wkwkwk* Anywayyy ini dia¬†tips-tipsnya!:
  • Bikin rencana untuk lunasin hutangmu:¬†Salah satu faktor yang bisa menurunkan¬†net worth-mu adalah utang. Makin banyak utang, maka harta yang kamu miliki makin sedikit. Sebaliknya, semakin kecil¬†liabilities/hutangmu, maka keuanganmu semakin baik. Nah, kalo saat ini kamu punya banyak utang *looking at u, credit cards*, maka kamu bisa mulai bikin rencana untuk melunasi utang. Caranya, bikin daftar cicilan/hutang-hutangmu terus pilih deh, utang yang mana yang mau dilunasin duluan. Salah satu strategi pelunasan utang yang paling populer adalah¬†the ‚Äúsnowball method‚ÄĚ, yaitu dengan cara melunasi hutang/cicilanmu yang paling kecil. Setelah itu lunas, baru deh lanjut ke yang lain.

  • Kurangi hutang.¬†Ini juga penting nih. Ingat ya, punya kartu kredit sebenernya bagus untuk membangun¬†credit score-mu, tapi pastikan bahwa kamu membayar lunas utangmu sebelum jatuh tempo. Artinya, pas menggesek kartu kredit, kamu emang udah yakin banget tuh, bahwa kamu beneran bakal bisa lunasin dengan cepat.¬†Big no no untuk mindless swiping,¬†dan mikir “yang penting belanja, lagi diskon kok, bayarnya gimana ntar,” jangan guys.¬†We know, it’s hard, but part of adulting is also being responsible of your wallet. Seriously, you’ll thank yourself later.¬†
  • Kurangi pengeluaranmu:¬†Jumlah pengeluaranmu juga menentukan kekayaan bersihmu, karena semakin banyak pengeluaran konsumtif (yang bukan investasi), maka semakin kecil juga¬†net worth¬†kamu. Jadi, coba di-list¬†lagi pengeluaran mingguan/bulananmu apa aja, dan kira-kira apa yang bisa di-‚Äėcut‚Äô supaya lebih hemat.¬†For example, langganan Netflix/Spotify-mu, mungkin bisa lebih hemat kalo¬†sharing. Terus kalo emang kosanmu mahal, kamu bisa pertimbangkan untuk¬†stay¬†di rumah dulu, mumpung masih WFH. Jadi bisa kamu¬†save¬†tuh, uang kosannya. Iya, kayak jalan menuju Roma, jalan menuju cuan juga banyak guys.
  • Lebih banyak nabung:¬† Menurut para ahli keuangan, sebaiknya kamu bisa menyisihkan 20% aja dari total gajimu untuk nabung. Tapi kalo 20% itu kegedean, ya bisa kamu sesuaikan juga sama kemampuanmu. Yang penting kamu nggak ngabisin gaji kamu semuanya untuk hal-hal yang konsumtif. Dalam hal ini, kalo kamu udah punya alokasi dana yang emang mau disimpan, maka kamu juga bisa pilih apakah mau nabung atau investasi. Keduanya punya profil resiko masing-masing, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  • Increase your income:¬†¬†Yes, yuk-yuk… kalo emang kamu merasa bahwa menambah pundi-pundi cuan adalah #lifegoals kamu di tahun 2021, maka kamu beneran harus mulai mikirin untuk menambah¬†income. Misalnya. kamu bisa ngobrol sama bosmu tentang kemungkinan gajimu bisa naik, atau kalau nggak memungkinkan, ya kamu emang harus cari penghasilan tambahan di luar jam kerjamu. Di era seperti sekarang, pilihan pekerjaan sampingan yang bisa mendatangkan $$$ itu banyak kok guys, mulai dari jualan online, ikutan survei,¬†freelance writers, jual jasa secara online, sampe kreator konten.


Welcome to your weekly quarantips again!

It’s your weekly quarantips again! We got everything to make your quarantine (or your stay at home days) merrier! Let’s go!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • This website is seriously fun to explore for those who are into House plant. It is packed with important information about plant care, type of plants etc plus the illustration is so adorable go check it¬†here.¬†¬†(Gaijin)
  • Series “New Amsterdam” Netflix. Untuk yang mencari genre film¬†inspirational, romance,¬†dan menyentuh silahkan gass. Ada dua season dan katanya akan ada yang ketiga. Dan “How can I help?”‚̧¬†(@Reinaldygerwin1¬†ūüź¶)
  • Haihaihaiiiii!! Aku mau rekomendasiin MV terbaru dari band korea,¬†You make me – Day6. Lagunya bagus, musik ‘band’ tapi ada sentuhan digital modernnya. Cakep deh, sekali denger reff-nya pasti langsung terngiang-ngiang hahah¬†(@cicipanny)
  • Buat kalian yang suka baca webtoon, aku mau ngerekomenin¬†My Deepest Secret!!¬†Genrenya thriller, dan¬†plot twist-nya ummm greget banget!!! Ohya, ini ada di webtoon English, ya! p.s: tiap selesai baca satu episod, jangan lupa like dannn kalo suka sama ceritanya, jangan lupa¬†subscribe!! Ini cara kita buat¬†support authors¬†ūüôā¬†(indy)
  • Anggota partai Tidur Subuh tapi Maunya Tidur Malem mana suaranya?¬†Let’s try this with me, dengerin podcast¬†Boring Books for Bedtime¬†, tutup mata, dan tinggalin hape di sebelah.¬†It helps me build a night time routine dan jadi bangun lebih seger.¬†Semoga berguna di kamu juga, ya!¬†(NN)
  • Mumpung masih Ramadan, aku ada rekomendasi series di We TV/Iflix nih. Cocok banget di tonton sebelum buka, tayang tiap senin dan kamis jam 4 sore. Cuzz cari aja “Ustadz Milenial”¬†(@reni_annora)
  • For daily dose of nutrition tips and knowledge, go check¬†Instagram¬†@nutritionisme.id! Di sini kami membahas ilmu gizi mulai dari gizi dasar, gizi puasa, gizi bumil busui, sampai check fakta dan mitos terbaru seputar gizi.¬†If you want some meal plan for your daily, also check our partner¬†@hwdiet.id! Thank you and have a good day¬†‚ėÄÔłŹ –¬†(@nutritionisme.id)
  • Hallo, aku mau rekomendasiin k-drama yang ada di Netflix, judulnya¬†Navillera. Jadi drama ini tuh tentang perjuangan seorang kakek dan anak muda tentang mimpinya.¬†Typical drama slice of life¬†dan bagus banget, bahkan di setiap eps bisa netesin air mata, apalagi eps 8-9-10 banjir sekali rasanya nonton ini. Very heartwarming.¬†(Anonymous)

Quote of the day:

‚ÄúEvery accomplishment starts with the decision to try.”

-John F. Kennedy

Thank you note


Terima kasih buat Seseorang dan Prast AN yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Ngerasa cobaan hidup kayak ga ada habisnya ya, dan sampai di tahap ini gue sering ngelamun, kepikiran bapak yang positif covid, papah sama ibu mertua juga iya, padahal kami tinggal di 3 provinsi berbeda, ditambah dari sebulan lalu anak diare, diare kronis kata dokter, kebayang suasana lebaran nanti kayak gmn ya. Udah 3x lebaran ga bisa pulang kampung. Dari semua keluhan itu, satu yang slalu bikin gue waras, kalo smua ini bakal terlewati kok kayak cobaan2 sbelumnya. Cuma butuh diri yang lebih lebihh kuatt drpd sebelumnya, dan gue harap kalian yang lagi dapat cobaan juga apapun itu tetep kuat, ga papa klo nangis, abis itu senyum lagi. Daripada dipaksain senyum tapi dalam hati nangis kan, pelukk online dari kota hujan.

-afn-

 

2.¬†Hari ini gue lagi nunggu jadwal konsultasi ke dokter, dan jam konsultasinya memang ngepasin jam buka puasa. Di samping gue ada keluarga kecil gitu lagi nunggu jadwal konsultasi juga kayanya. Suasananya lumayan sepi cuma ada gue dan keluarga di sebelah yang lagi nunggu jadwal konsul, tibalah adzan magrib berkumandang gue sengaja buka puasa¬†simple¬†karna lagi di luar juga jadi cuma minum dan makan buah. Tiba tiba ibu dari keluarga di sebelah gue nawarin kurma, mungkin ini simple banget keliatannya cuma kurma aja tapi senyum yang ibu itu kasih waktu nawarin bikin gue agak terharu. Ditambah gue lagi super deg degan nunggu konsultasi. Setelah kasih kurma si anak itu nanya ke ibunya, “Ibu kasih kurmanya kesiapa? ” Ibunya jawab, “Ke tante.” Anaknya tanya lagi, “Kenapa ibu kasih kurma ke tante?” Mungkin anaknya heran ya soalnya gue kan¬†stranger, terus jawaban ibunya bikin gue terharu lagi, “Itu namanya berbagi, kalo kita punya makanan atau apa pun harus berbagi ke sekitar ya.”¬†Being a mum is a wonderful job indeed.¬†Terima kasih ibu dan keluarga kecil yang ngajarin gue arti berbagi dan¬†help to calm me down when I’m super nervous, semoga kebaikan ibu dibalas Allah YME.

-A wanderer-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)