Friday Pause: It’s fearless ❤️💘

84


Good morning!

Welcome back to Friday. Hope you’re as excited as we are, because we have buuunch of Ramadan-related memes here. So, relax a little bit, breath in, and enjoy the day like it’s Friday. See you next week!

For the love of Meme: You can’t unsee it…


For when you’ve been thinking about starting a business…

Why not start now? During Ramadan?

Iya beneran guys. Whether kamu kerja kantoran atau punya kerjaan freelance, tapi ngaku deh, it’s always good to have extra money, right? Nah, kalo kamu udah lama kepikiran pengen dapet duit sampingan dari jualan online, atau menawarkan jasa lewat internet, mungkin sekaranglah saatnya. Kenapa? Karena di momentum Ramadan gini, ditambah banyaknya masyarakat yang dapet THR, maka mungkin banget, barang jualanmu bakal laris manis.
Terus gimana sih caranya biar bisa punya bisnis online yang sukses? Well, we’re here to tell…
  • Maksimalkan semua aset digitalmu. And we mean, SEMUA. Artinya nggak cuma promosi di Instagram aja, tapi kamu juga harus bisa “memborbardir” pelanggan lewat channel lain seperti Twitter, TikTok, email, website, hingga WhatsApp story. Inget, kayak mantan, barang dagangan juga punya prinsip “out of sight, out of mind”. Kalo jarang keliatan, bakal terlupakan. Jadi dalam hal ini, kamu harus rajin-rajin promosi lewat channel yang berbeda-beda.

  • Jaga reputasi. Yep, namanya bisnis online, semua review, masukan, pujian, dan berbagai record kamu juga tersedia secara online. Jadi berhati-hatilah ketika melayani pelanggan dan pastikan kamu selalu memberikan servis terbaikmu. Jangan sampe deh, dapet review jelek.

  • Invest di teknologi. Yhaa maksudnya at least di jaringan wifi dan handphone-mu. Karena begitu kompetitifnya jualan online, kamu bisa banget kehilangan pelanggan karena kamu telat bales chat-nya dan mereka jadi beli dari yang lain. Nah untuk menghindari hal-hal ini, pastikan kamu punya gadget yang mendukung jualanmu, dan kalo memungkinkan sih, jaringan wifi yang jarang ngadat. Terakhir, kalau emang bisnismu udah took off dan menghasilkan untung, kamu bisa juga loh, mulai hire admin. Jadi kamu bisa fokus di hal-hal yang strategis, dan admin yang ngatur hal lainnya.

  • Selalu up to date. Tren online selalu berubah dengan cepat, dan kamu harus selalu bisa jeli melihat perubahan ini. Karenanya, kamu harus memastikan bahwa kamu tahu tren baru apa yang sedang berlangsung dan pastikan kamu ngikutin trend-nya.

  • Pake promo bebas ongkirIni juga bakal jadi salah satu cara promosi yang menarik, karena sering banget, ada pelanggan yang gajadi beli karena ongkirnya mahal. Remember, small things matter!

  • Bikin produk parsel lebaran. Meski masih jauh, kamu udah harus banget mulai mikirin gimana caranya menjual produkmu dalam bentuk parsel lebaran. Hal ini karena selain emang banyak yang nyari, orang juga udah mulai tertarik untuk ngasih parsel dalam bentuk lain selain kue-kue kering. Jadi kalau kamu jualan barang-barang atau makanan unik yang bisa dibikin sebagai parsel, go for it!


Hi, it’s your weekly quarantips…

Hello there! It’s our weekly quarantips again, where you get all the cool stuffs fo the weekend. Let’s check it out!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Aku mau rekomendasiin novel karya Leila S. Chuidori, Laut Bercerita. Novel ini bagus banget, kita dibawa ke masa orde baru dan diajak untuk merasakan bagaimana perjuangan para aktivis pada masa itu. Selain itu kita juga bisa merasakan rasa kehilangan keluarga yang ditinggalkan karena aktivis-aktivis yang dibunuh dan dibuang. (Anonymous)
  • Wello! Buat yang lelah dan bingung “hidup kok gini-gini aja yak?”, gue mau rekomendasi buku judul nya “Lagom: The Swedish Art of Living a Balanced, Happy Life“. Buku ini baguuusss banget buat ngajarin cara agar kita bisa hidup dengan seimbang. Buku ini gak bicara tentang minimalisme, tapi tentang just enough – not too muchnot too little. Buku ini juga buka mata gue tentang happy little things yang bisa kita temuin dalam kesederhanaan dan berbagai situasi sosial (di kantor, di rumah, di pertemanan, dsb.) (@willydud).
  • Buat kalian yang baru belajar masak karena pandemi dan masih bikin menu-menu yang simple, bisa banget nontonin variety show Korea Delicious Rendezvous. Walaupun mereka masak di Korea tapi bahan-bahannya mudah didapet juga di Indonesia dan tentu harganya murah-murah dengan bumbu yang minimalis. Terus juga disuguhin sama jokes-jokes yang bikin kita ngga bosen buat nontonin acara ini. Plus aku udh re-cook beberapa masakannya dan ngga ada yang failed. Selamat mencoba di rumah 👍 (@adriftrmono)
  • Kalo kalian lagi mau mikir, tapi males banget buat mikirin pelajaran/kerjaan yuk nonton drakor Mouse dan Vincenzo! Dua drama ini masih on going tapi super keren dan (kayaknya) plot-nya bakal dapet banget. Dan dari awal drama, udah dibuat mikir banget. Kalian bisa nonton Mouse di Viu dan Vincenzo di Netflix. Happy watching guys^^ (Anonymous)
  • Mau belajar jadi cewe serba bisa, bisa lihat YouTube her 86m2. Isi YouTube-nya beragam banget. Ilmu bercocok tanam ada, dia punya kebun kecil d balkon rumahnya. Dia bikin pot tanam dan bikin pupuk sendiri dari sisa bahan makanan di rumahnya. Ilmu pertukangan juga ada, dia suka make over rumahnya sendiri. Bikin rak dapurnya sendiri. Kamar anaknya pun dia make over sendiri. Anaknya dibikinin lampu gantung bunga dari kertas yang bikin kamarnya jadi epic. Lihat YouTube dia jadi ngerasa, sebenarnya banyak hal yg menurut kita tidak bermanfaat sebenarnya bisa jadi sesuatu yang bernilai bila kita mau berusaha sedikit. (@mayacashindayo)
  • Channel YouTube Diet Santuy. Sebelum pandemi aku ngerasa sehat-sehat aja. Setelah pandemi dan pernah WFH, aku merasa mulai ‘memberat’ dan tubuh kerasa gak nyaman. Akhirnya karena punya banyak waktu luang, aku kepoYouTube. Ketemulah Diet Santuy. Dan bersyukur banget ketemu channel ini. Penjelasannya oke banget, ngasih informasi yg bener dan gak menyiksa. Karena diet bukan buat kurus, tp buat sehat. Langsing cuma bonus. (@sorariyanti)
  • Hi, CMU readers. Mau rekomendasiin Podcast 6 Minute English dari BBC buat yang mau nyoba dengerin percakapan berbahasa Inggris sekaligus nambahin kosakatanya. Topiknya seru buat jadi bahan diskusi/tukar opini. Semoga suka ya. Have a good day everyone! (@rismaliyana)
  • Kalau lagi merasa stres, coba dengerin lagu-lagu punya Anson SeabraIn my opinion, lagunya Anson Seabra tuh cocok banget buat healing. Anw Hindenburg Lover is my favorite(@nadeyian)

Quote of the day:

“The only limit to our realization of tomorrow will be our doubts of today.” 
 
-Franklin D. Roosevelt-

Thank you note


Terima kasih buat Sebut Saja Mawar, Dimitri Dwi Putra, dan Nadia yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Aku habis bertemu teman SMAku dan banyak bertukar cerita tentang kehidupan di dewasa awal yang sama-sama sedang kami jalani. Saat ini aku tengah merasa ada di titik terendah dalam hidup. Sedikit demi sedikit kehilangan harapan karena tuntutan baru yang terus mengalir deras. Namun saat bertemu dia kemarin, kata-kata yang diucapkan membuat saya merasa aman. Masalahku memang belum selesai, tetapi dia membantuku kembali menemukan harapan. Terima kasih ya! Mungkin kamu tidak tahu, efek pertemuan singkat kita bisa sedahsyat ini. Ku doakan agar lancar selalu segala urusanmu.

-Miwa-

 
2. Gue lagi turun lapangan buat penelitian skripsi. Sasaran gue adalah masyarakat yang kerja. Di hari pertama, gue masih harus adaptasi untuk interaksi sosial dengan orang asing, tapi gue maksain diri untuk dapet banyak responden. Beberapa ada yang menolak untuk gue wawancara, dan sebenernya batin gue dah capek, tapi masih gue paksain, sampe akhirnya seseorang yang profesinya harusnya mengayomi menolak gue dengan alasan yang absurd, mata gue langsung berkaca-kaca. Untung ga nangis disitu. Nah, beberapa hari setelahnya, gue wawancara seorang satpam. Abis pamit, gue sama temen gue berdiri dulu deket motor, mikir mo kemana. Eh trus bapaknya nyamperin, “Dek, masih butuh banyak orang buat diwawancara?” Gue iyain, karena sampel gue gede banget. Trus bapaknya ngasih tau tempat yang bisa kita tuju dan bilang, “Jadi kamu bisa dapet banyak orang di sana.” Gue disitu terharu banget dan mikir, asli ya, wujud ‘malaikat’ tuh macem-macem, dan kebaikan hati ga bisa diukur dari seberapa bergengsi pekerjaan lo. Moga bapak satpamnya sehat selalu dan rezekinya lancar, aamiin. Stay kind, everyone. ✨
-@randomlydeeply-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)