Friday Pause: Bangun tidur, ku terus mandi… ūüõÄūüŹĽ

168


Good morning!

Finally, the (almost) weekend is here. If you want to Catch Up! with some news, we have it all right¬†here,¬†from navy submarine, Covid cases in India, to women at work. But today, as always, we’ll only bring you fun stuff, like meme, tips, and recs.¬†Now, let’s scroll down…

For the love of Meme: Way tooooo relatable


For when your morning has always been challenging…

Understood. Been there, done that.

 
Serius guys, pernah nggak sih kamu pas bangun tidur udah nggak semangat? Misalnya, kamu udah¬†planning¬†nih, mau¬†jogging¬†jam tujuh pagi,¬†but then you check your phone and you scroll and scroll and scroll¬†terus tiba-tiba… udah jam sembilan aja!
 
Nah,¬†first thing you need to know about waking up in the morning¬†adalah,¬†it kinda set the tone for the entire day.¬†Maksudnya, ketika kamu memulai hari dengan¬†positivity, baik melalui meditasi, jogging, sarapan bernutrisi, ataupun mengisi¬†gratitute journal-mu, maka¬†most likely, the rest of your day will be positive, too.¬†Sebaliknya, misalnya kamu bangun telat, ga keburu rapihin kasur, terus ujung-ujungnya telat juga nyampe kantornya, harimu juga kemungkinan bakal…¬†less positive.¬†Karena itu, perlu banget kamu sadari betapa pentingnya memulai hari dengan mood yang bagus, optimisme, dan¬†a little time, here in there for yourself.¬†
 
Terus, apa aja sih hal-hal yang perlu kamu hindari biar¬†pagi-mu bisa lebih positif?¬†Here we go…¬†
  • Menekan¬†snooze button:¬† Raise your hands if you do this. Same.¬†Nah sekarang mungkin udah saatnya kamu menyudahi kebiasaan itu, karena meskipun emang enak banget bisa tidur lebih lama, tapi praktek ini sebenernya nggak dianjurkan sama para ahli. Alasannya, menekan¬†snooze button¬†bakal mengganggu siklus tidur kamu. Jadi kan kamu pasang alarm itu biar bisa bangun teratur¬†at¬†a certain time,¬†tapi kalo alarmnya di-snooze, ya jam bangun tidur kamu jadi tetep nggak sesuai jadwal dong. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, perubahan ini tentunya bakal mengganggu kesehatan fisik dan mental kamu. Jadi menurut para ahli, lebih baik kamu set alarm-mu 15 menit lebih cepat, dan bangun ‚Äėbeneran‚Äô pas si alarm-nya mati.
  • Check your phone.¬†Yep, same. Guilty as charged.¬†Siapa jugaaa yang nggak ngecek hp pas bangun tidur sih? Kebiasaan ini emang¬†tempting¬†banget, apalagi kalo kamu naro hape di deket tempat tidur. Namun menurut penelitian, kalau baru bangun kamu langsung check HP, sosmed, email kerjaan, atau¬†headlines, maka perasaan dan pikiran kamu jadi ‚Äėdikontrol‚Äô sama hal-hal tersebut. Bayangin guys, misalnya kamu baru bangun tidur, cek hape, terus liat di IG, mantanmu¬†update feed¬†sama gebetan barunya. Bayangin. Nah jadi, dari pada kamu membiarkan¬†mood-mu diatur sama hape, mendingan kamu¬†take time off¬†dulu deh, bentarrrr aja. Pas itu, kamu bisa minum air putih,¬†stretching, meditasi, atau menyapa keluargamu. Baru deh cek hape.
  • Sarapan yang manis-manis:¬†Who doesn’t love pancakes in the morning?¬†Atau sandwich PBJ, atau kopi susu gula aren, atau teh manis? Yep, itu semua jenis-jenis makanan dan minuman yang lumrah disantap sebagai makanan sarapan di pagi hari. Tapi kamu harus tahu guys, bahwa kalo baru bangun tidur itu, sebisa mungkin kamu hindari gula dulu deeeeh. Kenapa? Karena konsumsi gula di pagi hari bisa mengganggu hormon kamu dan bikin kamu mengalami¬†sugar rush.¬†Efeknya, kamu bakal jadi moody, gampang capek, dan gampang laper lagi. Karenanya, para ahli menyarankan supaya kamu sebisa mungkin menghindari konsumsi gula di pagi hari,¬†the less the better.¬†Alternatifnya, kamu bisa mengganti gula dengan jenis makanan lain kayak telur, oatmeal, hingga buah-buahan.
  • Nggak Cuci Muka pas bangun tidur:¬†Jangan ya guys. Meskipun malemnya udah cuci muka, namun kamu juga wajib cuci muka di pagi hari. Alasannya, karena kamu nggak tahu tuh, pas tidur itu kulit wajahmu kena apa aja. Selain itu, penelitian dari North Carolina State University menemukan bahwa sarung bantalmu punya kuman yang sama banyaknya kayak¬†toilet seat¬†(yuck). Karenanya, kamu harus sering ganti sarung bantal (ideally seminggu sekali atau lebih), dan cuci muka pas bangun tidur. Kalau emang takut kulitmu kering karena udah cuci muka malemnya, maka gpp kok, kamu bisa juga cuci muka tanpa pake sabun. Yang penting wajahmu dibasuh air aja. Nah, abis cuci muka, jangan lupa pake krim¬†sun block¬†ya!
  • Not taking care of your mental well-being.¬†Yep, ini penting banget guys, karena sebenernya pagi-pagi itu merupakan waktu kritis, di mana kamu harus buru-buru ngantor, nyiapin sarapan, nganterin anak-anak ke sekolah (kalo kamu udah punya anak) dll. Terdengar¬†hectic¬†emang, tapi kalo kamu nggak nyempetin untuk ngurus mental health kamu sendiri (kayak meditasi,¬†journaling, atau¬†even a simple stretching), maka¬†mood-mu seharian yang jadi korban. Karenanya, coba sempetin deh, ambil waktu 10-15 menit di pagi hari untuk fokus sama diri kamu sendiri dulu, dengan melakukan hal-hal di atas. Kalo bener-bener nggak ada waktu, cukup buka jendela kamarmu terus diem bentar di depan jendela untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Inget guys,¬†small things that matter, supaya harimu tetap lancar.


Your weekly quarantips is heeeere…..

Quarantips, quarantips… is when you’ve finished up the series you’ve been watching or the book that you’ve been reading and you’re like… what now? Here, here. Check what we have!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Kalau kalian lagi pengen baca novel yg ringan, menghibur, dan tentang kucing, bisa banget coba baca novel Kisah-Kisah Kucing (Cat Stories) karya James Herriot. Novel ini juga bisa dibaca gratis dan legal di app iPusnas. Happy reading :))¬†(Anonymous)
  • Belakangan ini baru kelarin drama Korea¬†Hello, Me!¬†dan YA RELATE BANGET GITU, apalagi untuk gen Z maupun millenial. Cocok banget buat yang lagi mau nyerah aja sama kehidupan dan lupa sama siapa kamu sebenarnya. Semoga drakor ini bisa buat kalian lebih baik dengan diri sendiri!¬†Cheers¬†untuk pejuang kehidupan!¬†(@elisabethds)
  • Buat kalian yang suka baca novel Indonesia atau pernah baca 5cm (iya yang udah difilm-in itu hehe) jadi novelnya udah ada sekuelnya nih judulnya¬†5cm Aku, Kamu, Samudera dan Bintang-Bintang. Novelnya udah ada di Gramedia. Gak mau banyak spoiler, intinya menarik banget, gak sabar dibuat filmnya¬†ūüėÜ. Selamat membaca!¬†(Anonymous)
  • Untuk kalian yang lagi penat sama kehidupan di kota dan kangen suasana hangat di kampung halaman,¬†I would like to recommend you this Korean movie called¬†“Little Forest“!¬†My absolute comfort movie¬†everrrr <3 Filmnya sih diadaptasi dari manga dan ada juga film versi Jepangnya, tapi aku¬†personally¬†belum ngecek keduanya, hehe. Paket komplit: hubungan ibu dan anak, persahabatan, pencarian jati diri, sinematografi makanannya yang bikin super ngiler. Eits, yang gak tahan sama makanannya mungkin bisa nonton setelah buka puasa ūüėõ¬†(From someone who wishes a good weekend ahead.)
  • Udah tiga tahun ini kami bikin akun untuk berbagi seputar dunia gizi dan kesehatan, buat temen temen yg pengen cari tau makanan yg bener dan seimbang menurut kebutuhan kamu, bisa kepo akun instagram kami yaa¬†@dietbaik.id¬†, kami juga ada konsultasi gizi online dengan dietisien.. semoga bermanfaat¬†(@dietbaik.id)
  • Buat kalian¬†football lovers, kalo lagi bosen ato butuh hiburan, bisa coba buka akun YouTube namanya¬†Suara Chinoll. Di situ bakal bahas berita-berita sepakbola terkini tapi dibawakan dengan kocak dan ga bakal bosen dengerinnya. Kalian bakal ngakak kalo dengerin kontennya, apalagi kalo sedang stres masalah kerjaan atau urusan lain. Sesekali kita juga perlu rehat dari kesibukan kita dan membuat diri kita¬†happy. Stay healthy guys and enjoy your life whatever its condition.….(@aldowiratama)
  • Halo, aku suka banget sama rekomendasi lagu-lagu dari penikmat CatchMeUp, sekarang gantian aku yang kasih rekomendasi yah. Aku mau rekomendasi satu lagu dari album terbaru dari¬†Lomba Sihir¬†yaitu Semua Orang Pernah Sakit Hati. Langsung klik aja yaa, biar kalian sama kagetnya sama aku waktu pertama kali denger.¬†Anyway, happy weekend, semoga fisik dan mentalnya selalu sehat!¬†(-¬†Fanfan)
  • Mau rekomendasiin drama Korea yang keliatannya ga terlalu terkenal tapi asli bagus bangettt, dari mulai ceritanya, alurnya, genrenya agak-agak¬†thriller¬†tapi¬†sweeeettt¬†bangetttt, judulnya¬†Flower of Evil¬†rating di IMDB juga hampir 9,¬†and they deserve it!¬†(@Nunna_N)

    Quote of the day:

    ‚ÄúYou don‚Äôt become what you want, you become what you believe.‚ÄĚ

    -Oprah Winfrey-

    Thank you note


    Terima kasih buat Dhini yang udah nraktir kami kopi kemarin!

    (Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. Meanwhile, if you want our cool swag, you can also buy it¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

    Angel’s Stories

    1. Aku habis bertemu teman SMAku dan banyak bertukar cerita tentang kehidupan di dewasa awal yang sama-sama sedang kami jalani. Saat ini aku tengah merasa ada di titik terendah dalam hidup. Sedikit demi sedikit kehilangan harapan karena tuntutan baru yang terus mengalir deras. Namun saat bertemu dia kemarin, kata-kata yang diucapkan membuat saya merasa aman. Masalahku memang belum selesai, tetapi dia membantuku kembali menemukan harapan. Terima kasih ya! Mungkin kamu tidak tahu, efek pertemuan singkat kita bisa sedahsyat ini. Ku doakan agar lancar selalu segala urusanmu.

    -Miwa-

     
    2. Suatu hari aku bawa anakku yang baru usia 3 tahun naik motor ke supermarket untuk beli es krim, yak*lt, dan susu. Ketika mau¬†check out¬†di kasir, tiba-tiba langit gelap dan hujan turun deras banget. Selepas¬†check out,¬†aku memutuskan untuk berteduh sebentar. Hari makin malam dan anakku udah ga betah. Dia ingin pulang walopun hujan masih deras. Akhirnya aku putuskan untuk pulang aja hujan-hujanan. Eh, ketika kami akan jalan ke parkiran motor, salah satu pegawai supermarket itu payungin kami dengan payung besar sambil tersenyum. Aku kaget tapi senang juga sambil bilang, “Wah terima kasih, mas!” Dia jawab, “Sama2 pak, biar engga basah hehe..” Dia payungin kami sampe motor dan memastikan aku pake jas hujan dan anakku bonceng dengan aman. Mungkin memayungi¬†customers¬†sudah jadi salah satu tugas si mas pegawai, tp aku bersyukur dia memayungi kami dengan ikhlas¬†and it really warmed my heart. Sekarang tiap kali belanja lebih milih ke situ hehe.
    -a dad of two boys-
     
    (We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it¬†here.¬†Come, share us your versions of angels!)