Corona Updates 12 April 2021, Pemerintah Akan Membangun Proyek “Bukit Algoritma” di Sukabumi, Jawa Barat, Gempa Berkekuatan 6,7 Magnitudo di Kabupaten Malang, Jawa Timur Terjadi pada Sabtu Kemarin, Prince Philip Meninggal Dunia pada Jumat Pagi Waktu Setempat

170

Hi there,

 
Good morning. It’s Monday again, and we are thiiiiiis close to Ramadan. Yep, things are pretty much exactly the same like last year (No sahur on the road, no bukber, no gathering!), but let’s take a moment to appreciate how much we’ve been strong and thriving since last year’s Ramadan. You’ve been doing great.

Hi there, it’s your weekly Covid-19 updates again…

And let’s go! Starting from…

 
Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.562.868 kasus, 42.443 meninggal dan 1.409.288 sembuh.

  • Adapun provinsi dengan jumlah kasus terbanyak adalah DKI Jakarta 388.388 kasus (25,1%), Jawa Barat 255.230 kasus (16,5%), Jawa Tengah 171.870 kasus (11,1%), Jawa Timur 141.414 (9,1%) dan Kalimantan Timur 64.857 (4,2%).

  • Masih kepikiran untuk mudik lebaran nanti? Well, Sabtu kemarin, Satgas Covid-19 ngingetin kita lagi ni guys, untuk jangan mudik tahun ini. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pelarangan ini dilatarbelakangi sama potensi peningkatan mobilitas masyarakat yang memiliki risiko sama besar terhadap peningkatan kasus Covid-19.

  • Meski ternyata belum disertifikasi sama WHO, namun pemerintah meyakinkan bahwa vaksin Sinovac aman kok. Masih menurut Pak Wiku, Sinovac beneran aman karena udah keluar izin penggunaan darurat dari BPOM-nya.

  • Minggu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi udah menerbitkan fatwa terkait kebolehan melakukan tes swab Covid-19 saat menjalani ibadah puasa. Dalam fatwa tersebut, MUI menyatakan bahwa swab nggak membatalkan ibadah puasa Ramadhan.

  • Seiring dengan tingginya angka kematian karena Covid-19 di kalangan lansia di Kota Tangerang, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat berencana untuk menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok tersebut. Menurut pihak dinkes, angka kematian lansia akibat virus Covid-19 mencapai 75 persen.

  • Sejak Jumat lalu, alat deteksi Covid-19 buatan dalam negeri, GeNose, udah mulai digunakan di Bandara Ngurah Rai Bali. Terkait hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa bandara Bali adalah Bandara ke-5 yang menerapkan tes Genose setelah Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Juanda Surabaya.

  • Akhir-akhir ini, jumlah pasien di positif Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, tercatat mengalami penurunan drastis. Namun Epidemiolog dari Universitas Airlangga Laura Navika Yamani menegaskan bahwa hal itu bukan berarti pandemi Covid-19 udah terkendali, karena positivity rate di Indonesia masih tinggi.
Meanwhile, Internationally….
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 135.402.690 kasus dan 2.928.914 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (31.151.493 kasus), Brazil (13.445.006 kasus), India (13.358.805 kasus), Prancis (5.001.685 kasus), dan Russia (4.589.209 kasus).

  • Sabtu kemarin, pemerintah Iran akhirnya memberlakukan lagi lockdown nasional demi menekan angka penambahan Covid-19 di negaranya. Kebijakan ini diambil setelah jumlah kasus positif di sana menyentuh angka 2 juta kasus.

  • Meski telat, weekend kemarin, Libya akhirnya memulai program vaksinasi Covid-19nya dengan Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibah jadi orang pertama yang menerima vaksin. Adapun proses vaksin Dbeibah disiarkan langsung di TV nasional, dan abis itu, jajaran kabinet lainnya segera menerima vaksin. Vaksin yang digunakan di Libya adalah Sputnik V buatan Rusia.

  • Salah satu kota besar di India, Mumbai akhirnya menjalani lockdown lagi sejak Sabtu lalu setelah angka kasus meningkat tajam, sedangkan jumlah vaksin yang tersedia terbatas. Kebijakan ini diambil setelah sejak Maret lalu, kasus positif di India bertambah sampe 1 juta karena berbagai kebijakan pembatasan sosial mulai direlaksasi.

  • Minggu lalu, Bhutan udah berhasil memvaksinasi 60% dari warganya. Prestasi ini tercapai hanya dalam waktu 9 hari aja, setelah vaksinasi pertama kali dilakukan. FYI guys, selain karena emang pemerintahnya yang gercep, jumlah warga Bhutan juga hanya 700 ribuan orang juga membuat proses vaksinasi bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

  • Minggu lalu, Selandia Baru mengeluarkan kebijakan yang melarang sementara masuknya pendatang dari India ke negaranya selama dua minggu. Kebijakan ini diambil setelah baru-baru ini ditemukan 23 kasus positif baru di India, dan 17 di antaranya datang dari India.

For when you want to work in Sand Box and meet your version of Nam Do San…

Gausah jauh-jauh ke Korea guys, karena bentar lagi juga ada Sandbox, versi Indonesia.
 
GIMANA?
Ciyu. Jadi rencananya, pemerintah kerja sama dengan BUMN konstruksi, PT Amarta Karya (AMKA) dan PT Kiniku Bintang Raya bakal membangun proyek “Bukit Algoritma” atau proyek Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0 di Sukabumi, Jawa Barat. Yhaaa ini kayak Slipicon, eh…Silicon Valley-nya Indonesia gitu deh…
 
Whooaa…tell me more!
Ok. Jadi proyek ini adalah bagian dari pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Cikidang dan Cibadak Sukabumi. FYI, Jadi KEK ini adalah program pemerintah RI untuk mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional. Adapun dalam programnya ini, ada lokasi-lokasi yang ditentukan keunggulan ekonominya apa supaya bisa menarik kegiatan industri, ekspor-impor dan kegiatan ekonomi lainnya hingga bisa bernilai lebih tinggi. Misalnya, ada KEK Kesehatan, KEK Pendidikan, KEK Ekonomi Digital dan KEK Maintenance Repair and Overhaul, dll. Hingga saat ini, ada 15 KEK yang ada di Indonesia.
 
I see, go on… 
Nah, soal Silicon Valley-nya Indonesia ini, Direktur PT Amarta Karya Nikolas Agung menyebut bahwa untuk tahap pertama, proyeknya bakal dibangun di lahan yang luasnya 888 hektar dengan total budget Rp 18 triliun (!!!!!). Adapun dananya rencananya bukan diambil dari APBN, tapi dari investor dalam dan luar negeri, di antaranya dari Eropa, Amerika, dll.
 
Hold on. Tell me more about this Bukit Algoritma again?
Jadi menurut Pak Nikolas, proyeknya bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekonomi 4.0, dengan meningkatkan pendidikan, pembangunan pusat riset dan development, juga meningkatkan sektor pariwisata di sana. Selain itu, Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko juga mengatakan bahwa proyek ini diharapkan bisa menjadi pusat pengembangan inovasi dan teknologi tahap lanjut, kayak kecerdasan buatan, robotic, drone, juga panel surya untuk energi bersih dan ramah lingkungan.
 
Wah interesting… terus gue udah bisa pindah ke sana?
Belum gengs, kan masih baru mau dibangun. Jadi untuk tahap pertama pembangunan (tiga tahun pertama), perusahaan bakal membangun infrastrukturnya dulu, kayak akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi, dan fasilitas-fasilitas lain.
 
Got it, anything else? 
Adapun pembangunan Bukit Algoritma di Sukabumi ini dinilai sangat strategis karena udah ada infrastruktur pendukung, kayak Tol Bocimi, Pelabuhan Laut pengumpan Regional (PLPR) Wisata dan perdagangan Pelabuhan Ratu, Bandara Sukabumi Cikembar, hingg Double Track KA Sukabumi.
Welcome to Suka-con valley…

For when you’ve been hearing about the earthquake in Malang…

Here’s your update.
 
Tell me.
OK. Jadi first, gempanya berkekuatan 6,7 magnitudo dan terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu jam 14.00 WIB kemarin. Saking kencengnya gempanya ni guys, getarannya terasa sampai ke Surabaya dan Yogyakarta.
 
🙁 go on… 
Jadi menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, gempa tersebut membuat 1.189 pemukiman warga dan 150 fasilitas umum (fasum) di 15 kabupaten/kota di Jawa Timur rusak.  FYI, ada kategori tingkat kerusakan, yaitu rusak berat (RB), rusak sedang (RS), rusak ringan (RR).  Khusus untuk Kabupaten Malang, ada 525 rumah RR, 114 rumah RS, dan 57 rumah RB.  Selain itu, ada 14 unit fasilitas pendidikan yang rusak, delapan unit fasilitas kesehatan, 26 tempat ibadah dan 6 jembatan.
 
What about in other places?
Kena juga. Jadi selain di Malang, BPBD mencatat bahwa gempa juga melanda Kabupaten Blitar, dan menyebabkan 217 rumah RR, 85 rumah RS, dan 10 rumah RR, dan sembilan fasum dan tiga balai desa yang rusak. Kerusakan juga terjadi di Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, dan kota Kediri dan Batu.
 
That’s a lot, ada gempa susulan?
Ada. Setelah gempa Sabtu kemarin, ada delapan gempa susulan lagi dengan kekuatan yang berbeda-beda. Adapun gempa susulan yang ke-8 terjadi di Malang Raya dan wilayah Jatim, termasuk sebagian Yogyakarta pada Minggu pagi jam 06.54 WIB dengan kekuatan gempa 5,3 magnitudo.
 
Any victims? 
So far, BNPB mencatat ada delapan orang yang meninggal di Malang (lima di Lumajang dan tiga di Malang).  Terus, ada 36 orang yang luka ringan, dua orang luka sedang, dan satu orang luka berat.
 
I see, anything else? 
Terkait bencana ini, Presiden Jokowi kemudian menginstruksikan Kepala BNPB Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan jajaran menteri dan pejabat pemerintah daerah untuk mengambil langkah tanggap darurat terkait gempa di Malang.  Meanwhile, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini juga meminta Bupati Lumajang, Thoriqul Haq untuk mengevakuasi warga yang jadi korban gempa ke tempat yang lebih aman, in case ada gempa susulan lagi.
 
Ok, anything else? 
Well, Menurut Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa di bagian selatan Malang juga pernah terjadi ratusan tahun lalu karena daerah ini memang kawasan aktif gempa.

when people are mourning about…

The passing of Prince Philip.
Kabar duka datang dari kerajaan Inggris ni guys, di mana pada Jumat pagi waktu setempat kemarin, suami dari Pangeran Elizabeth II, Prince Philip meninggal dunia. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak kerajaan yang menyebutkan bahwa beliau meninggal dalam damai di Windsor Castle. FYI guys, Prince Philip meninggal di usia 99 tahun, dan jadi pasangan terlama bagi raja/ratu Inggris yang tengah menjabat, di mana beliau dan Ratu Elizabeth II telah menikah selama 73 tahun.
 
Rencananya, jenazah Prince Philip akan dimakamkan pada Hari Jumat minggu ini, dengan tamu yang hanya dibatasi jadi 30 orang aja, untuk mematuhi protokol Covid-19. Nah terkait pemakaman ini, rencananya mantan anggota kerajaan, Pangeran Harry akan hadir dan terbang langsung dari Los Angeles, tempat doi tinggal bersama istrinya, Meghan Markle. Namun Meghan sih disebut nggak akan ikut hadir, karena doi lagi hamil dan dokter nggak merekomendasikan Meghan untuk terbang.

“Ibadah sajalah sambil bermohon kepada Allah agar Covid-19 pada minggir, cabut dari Banten. Saya pesen kepada para kiyai banyak berdoa,”

Gitu  guys, kata Gubernur Banten Wahidin Halim yang menegaskan bahwa untuk Ramadan tahun ini, doi bakal membolehkan warganya untuk menjalankan ibadah salat tarawih di masjid. Namun ya gitu, beliau nitip pesen buat kamu-kamu yang mau teraweh ni, ntar malem, biar berdoa supaya Covid-19 segera cabut dari tanah air. Gitu.

 
When your Ramadan wish gets longer this year…

Catch Me Up! Recommendations

If you want to have a flat belly, but looove snacking, same. So, maybe you can try swap those cookies with these.

Announcement


Thanks to Indra for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Aku mau berterima kasih untuk semua teman-temanku yang selalu support aku meskipun progress TA-ku NOL besar!! Mereka selalu validasi perasaanku saat itu, “Gapapa, mungkin belum ada motivasinya aja ya,” atau “Tiap orang punya waktunya masing-masing,” sekaligus diakhiri dengan saran-saran teknis maupun non teknis supaya aku mau dan bisa memulai TA-ku. Beberapa hari terakhir ini aku mulai menjalankan saran dari mereka dan it works meskipun sangat lambat, dan yaaa it’s ok! Terima kasih juga untuk aku yang sudah mau mencoba!
-Anonymous-
 
2. I feel really exhausted. My boyfriend and his parents just got an accident a week ago. Tabung gas di rumahnya meledak, Thank God rumahnya nggak sampai hancur dan masih bisa ditinggalin. Tapi, karena padamin api itu, bf got really bad injuryHe and his dad was on surgery days ago, dan sekarang lagi masa pemulihan. I’ve been going back and forth from kantor-kostan-rumah-rumah sakit. Exhausted karna nggak tega ngeliatnya, pengen temenin terus tapi kehalang aktivitas harian yang lain dan juga nggak bisa bantu apa-apa kalo mereka kesakitan. I don’t know someone whom I can lean on to, kalau nggak lagi di samping mereka just to make sure they are on a good hand and they are okay. Dan protokol di RS yang super ribet jadi mereka nggak bisa banyak yang temenin. Sedih :’))
-Nomads Jaksel-Bgr-Tgr-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!