Corona Updates 05 April 2021

23

As always, we will start with Covid-19 updates..

Yep, it’s still here. Let’s go now, starting from…

Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.534.255 kasus, 41.669 meninggal dan 1.375.877 sembuh.

  • Adapun provinsi dengan jumlah kasus terbanyak adalah DKI Jakarta 379.691 kasus (25,4%), Jawa Barat 246.788 kasus (16,5%), Jawa Tengah 167.276 kasus (11,2%), Jawa Timur 138.706 (9,3%) dan Kalimantan Timur 63.091 (4,2%).

  • Kemarin, Kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan tinggi yaitu sebanyak 427 kasus/hari. Dari jumlah itu, kasus kematian terbanyak disumbang oleh Provinsi Banten yaitu sebanyak 338 kasus.

  • Kabar gembira buat kamu yang lagi nunggu-nunggu untuk bisa divaksin, karena kemarin, Kemenkes baru aja menyatakan bahwa Indonesia bakal menerima tambahan 10 juta dosis vaksin Sinovac pada bulan ini. Dengan penambahan ini, maka ketersediaan vaksin Sinovac di Indonesia menjadi 28 juta dosis yang udah terdistribusikan ke berbagai daerah. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 5 juta dari 28 juta dosis itu sudah dikirim ke berbagai provinsi dan kabupaten/kota pada awal April.

  • Buat kamu yang masih berencana untuk mudik lebaran nanti, siap-siap ni guys, karena Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) udah menyiapkan 333 titik penyekatan lalu lintas guna memastikan masyarakat nggak melakukan mudik pada Idul Fitri 2021. Terkait kebijakan ini, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono bilang bahwa penyekatan tersebut tersebar di seluruh Indonesia, baik di jalan arteri maupun jalan tol.

  • Minggu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Pak Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan 100 ribu lebih pelaku industri perfilman supaya mendapatkan vaksinasi covid-19. Pak Sandi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, udah ada 30 ribu insan industri perfilman yang telah terdaftar untuk divaksin dan targetnya sih, awal April udah bisa dimulai vaksinasi tahap pertama.

  • Kehadiran Pak Presiden Joko Widodo di acara pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah jadi sorotan netijen dan masyarakat ni guys. Jadi, selain karena hadir secara langsung padahal masih pandemi, kritikan juga muncul karena kehadiran Pak Jokowi di pernikahan itu diunggah di akun resmi Setneg. Banyak yang menilai, kegiatan itu nggak ada hubungannya dengan urusan kenegaraan.

  • Merespons aduan terkait makin minimnya reagen kit alat deteksi covid-19 polymerase chain reaction (PCR) di seluruh penjuru daerah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjamin pemerintah bakal terus berupaya memastikan ketersediaan alat test tersebut. Menurut Pak Wiku, pemerintah udah berkomitmen untuk meningkatkan strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) pada tahun ini.

And, Internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 130.882.260 kasus dan 2.848.207 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (30.672.256 kasus), Brazil (12.953.597 kasus), India (12.485.509 kasus), Prancis (4.802.545 kasus), dan Russia (4.529.576 kasus).

  • Dalam pesan Paskahnya, Paus Fransiskus mendorong negara-negara untuk mempercepat distribusi vaksin Covid-19, khususnya buat negara miskin. Beliau juga menyebut bahwa konflik bersenjata dan pengeluaran militer yang dilakukan di era pandemi ini merupakan “skandal”.

  • Kabar mengejutkan datang dari Presiden Argentina Alberto Fernandez yang baru aja menyatakan dirinya positif Covid-19 pada Jumat lalu. Fernandez diketahui terinfeksi meski sebelumnya sudah pernah mendapatkan vaksin Covid-19 Sputnik buatan Rusia.

  • Warga di Amerika Serikat kini udah bisa mulai jalan-jalan lagi ni guys. Jadi minggu lalu, CDC aka Center for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa untuk warganya yang udah mendapat vaksin secara full, maka mereka udah boleh jalan-jalan ke dalam maupun ke luar negeri tanpa harus melakukan karantina mandiri.

  • Minggu lalu, WHO menyoroti program vaksinasi virus corona di Eropa yang dinilai berjalan sangat lambat. Direktur WHO untuk kawasan Eropa Hans Kluge, juga mengkhawatirkan infeksi Covid-19 yang kembali melonjak di kawasan tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

  • Rusia melalui kedutaan besarnya di Pyongyang, Korea Utara menyatakan bahwa kondisi di negara itu semakin sulit karena adanya pandemi Covid-19. Pihak kedutaan juga bilang bahwa sebagian personel diplomatik negara asing udah meninggalkan Pyongyang, dan saat ini, masih ada sekitar 300 warga asing yang masih tersisa.