Corona Updates 05 April 2021, Mabes Polri Jakarta Selatan Diteror, Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Flores, Pertumbuhan Bunga Sakura di Jepang Tahun Ini Terjadi Lebih Cepat

102

Hi there,

 
Welcome back to Monday after a much needed long weekend. Hope you are all refreshed and ready to welcome the month of April. April, did we say April? Whoaaa time flies like that when we are in the middle of the pandemic. But hang in there, folks. It’s gonna end sooner than later. Fingers crossed.

As always, we will start with Covid-19 updates..

Yep, it’s still here. Let’s go now, starting from…

Home.
  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.534.255 kasus, 41.669 meninggal dan 1.375.877 sembuh.

  • Adapun provinsi dengan jumlah kasus terbanyak adalah DKI Jakarta 379.691 kasus (25,4%), Jawa Barat 246.788 kasus (16,5%), Jawa Tengah 167.276 kasus (11,2%), Jawa Timur 138.706 (9,3%) dan Kalimantan Timur 63.091 (4,2%).

  • Kemarin, Kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan tinggi yaitu sebanyak 427 kasus/hari. Dari jumlah itu, kasus kematian terbanyak disumbang oleh Provinsi Banten yaitu sebanyak 338 kasus.

  • Kabar gembira buat kamu yang lagi nunggu-nunggu untuk bisa divaksin, karena kemarin, Kemenkes baru aja menyatakan bahwa Indonesia bakal menerima tambahan 10 juta dosis vaksin Sinovac pada bulan ini. Dengan penambahan ini, maka ketersediaan vaksin Sinovac di Indonesia menjadi 28 juta dosis yang udah terdistribusikan ke berbagai daerah. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 5 juta dari 28 juta dosis itu sudah dikirim ke berbagai provinsi dan kabupaten/kota pada awal April.

  • Buat kamu yang masih berencana untuk mudik lebaran nanti, siap-siap ni guys, karena Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) udah menyiapkan 333 titik penyekatan lalu lintas guna memastikan masyarakat nggak melakukan mudik pada Idul Fitri 2021. Terkait kebijakan ini, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono bilang bahwa penyekatan tersebut tersebar di seluruh Indonesia, baik di jalan arteri maupun jalan tol.

  • Minggu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Pak Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan 100 ribu lebih pelaku industri perfilman supaya mendapatkan vaksinasi covid-19. Pak Sandi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, udah ada 30 ribu insan industri perfilman yang telah terdaftar untuk divaksin dan targetnya sih, awal April udah bisa dimulai vaksinasi tahap pertama.

  • Kehadiran Pak Presiden Joko Widodo di acara pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah jadi sorotan netijen dan masyarakat ni guys. Jadi, selain karena hadir secara langsung padahal masih pandemi, kritikan juga muncul karena kehadiran Pak Jokowi di pernikahan itu diunggah di akun resmi Setneg. Banyak yang menilai, kegiatan itu nggak ada hubungannya dengan urusan kenegaraan.

  • Merespons aduan terkait makin minimnya reagen kit alat deteksi covid-19 polymerase chain reaction (PCR) di seluruh penjuru daerah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjamin pemerintah bakal terus berupaya memastikan ketersediaan alat test tersebut. Menurut Pak Wiku, pemerintah udah berkomitmen untuk meningkatkan strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) pada tahun ini.

And, Internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 130.882.260 kasus dan 2.848.207 kasus meninggal.

  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (30.672.256 kasus), Brazil (12.953.597 kasus), India (12.485.509 kasus), Prancis (4.802.545 kasus), dan Russia (4.529.576 kasus).

  • Dalam pesan Paskahnya, Paus Fransiskus mendorong negara-negara untuk mempercepat distribusi vaksin Covid-19, khususnya buat negara miskin. Beliau juga menyebut bahwa konflik bersenjata dan pengeluaran militer yang dilakukan di era pandemi ini merupakan “skandal”.

  • Kabar mengejutkan datang dari Presiden Argentina Alberto Fernandez yang baru aja menyatakan dirinya positif Covid-19 pada Jumat lalu. Fernandez diketahui terinfeksi meski sebelumnya sudah pernah mendapatkan vaksin Covid-19 Sputnik buatan Rusia.

  • Warga di Amerika Serikat kini udah bisa mulai jalan-jalan lagi ni guys. Jadi minggu lalu, CDC aka Center for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa untuk warganya yang udah mendapat vaksin secara full, maka mereka udah boleh jalan-jalan ke dalam maupun ke luar negeri tanpa harus melakukan karantina mandiri.

  • Minggu lalu, WHO menyoroti program vaksinasi virus corona di Eropa yang dinilai berjalan sangat lambat. Direktur WHO untuk kawasan Eropa Hans Kluge, juga mengkhawatirkan infeksi Covid-19 yang kembali melonjak di kawasan tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

  • Rusia melalui kedutaan besarnya di Pyongyang, Korea Utara menyatakan bahwa kondisi di negara itu semakin sulit karena adanya pandemi Covid-19. Pihak kedutaan juga bilang bahwa sebagian personel diplomatik negara asing udah meninggalkan Pyongyang, dan saat ini, masih ada sekitar 300 warga asing yang masih tersisa.

For when you need an update on Mabes Polri attack.

We know, we know, we’re a lliiiittle late.
But here, we got all the recap. From A to Z. So be ready.
 
OK. Try me.
So, pada Rabu sore minggu lalu (31/3), Mabes Polri yang di Jakarta Selatan, diteror. Kayak yang kamu udah tahu, pelaku teror adalah seorang perempuan berinisial ZA, berusia 25 tahun, yang meninggal di tempat karena terkena tembakan petugas. Jadi awalnya, menurut keterangan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit, pelaku masuk lewat pintu belakang Mabes Polri dan menanyakan di mana pos pelayanan.
 
Terus…
Terus, petugas yang lagi jaga kemudian mengarahkan pelaku ke pos pelayananan yang dimaksud. Namun setelah berjalan menuju kantor pos pelayanan, si pelaku balik lagi dan menyerang petugas yang lagi jaga tadi. Kapolri juga menyampaikan bahwa pelaku melepaskan enam kali tembakan, jadi polisi langsung mengambil tindakan tegas dan terukur (ditembak di jantung), sampai pelaku tewas di tempat.
 
Tell me more about ZA…
Jadi, ZA ini adalah mantan mahasiswa yang drop out di semester lima.  Kapolri juga menyebut bahwa ZA berideologi ISIS dan dia merupakan ‘lone wolf’ atau pelaku aksi teror yang dilakukan secara individu, tanpa bantuan kelompok lain. ZA diduga berideologi ISIS karena dia memiliki akun Instagram yang baru dia buat, dan postingan terakhirnya adalah bendera ISIS dan caption tentang perjuangannya.  Selain itu, polisi juga menemukan surat wasiat ZA untuk keluarganya. Meanwhile, menurut dugaan ayahnya ZA, M. Ali, ada pihak yang menuntun anaknya untuk nekat menyerang markas pusat kepolisian.  Terus, menurutnya juga, ada orang lain yang memberikan senjata api ke ZA.
 
I see, terus gimana? 
Well, kalau menurut Badan Intelijen Negara (BIN), aksi ZA tergolong masih amatir. Juru Bicara BIN, Wawan Purwanto mengatakan bahwa hal tersebut bisa dilihat dari pola gerak-gerik ZA saat melakukan penyerangan dari rekaman CCTV.  Selain itu, ZA juga belum masuk radar pencarian BIN, jadi mereka kaget juga, dan menduga kalau bisa saja ini memang merupakan aksi lone wolf So far, BIN masih fokus untuk mencari keterangan dari orang-orang yang sering komunikasi sama ZA.
 
I also heard things about Perbakin…
Oh yea that, too. Jadi nggak lama setelah identitasnya terungkap, beredar juga foto kartu keanggotaan ZA di Perbakin, stands for Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia. Terkait hal ini, Dewan Pembina Perbakin Bambang Soesatyo bilang bahwa ZA bukan anggota grup Perbakin, melainkan anggota klub menembak airsoft gun.
 
OK. So, what’s now?
Menanggapi maraknya dugaan aksi terorisme di Tanah Air, rencananya TNI dan Polri akan membangun Pos Komando Taktis (Poskotis) di seluruh wilayah untuk mencegah penyebaran paham terorisme.  Menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, bakal ada empat sampai enam Poskotis di setiap daerah di Indonesia, dan akan melibatkan ribuan personil.
 
Anything else? 
Jadi guys, serangan terhadap kantor polisi bukan merupakan hal yang baru. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi beberapa aksi teror di kantor polisi, sebagai berikut: serangan seorang pria di kantor polisi Karanganyar, Jateng (Juni 2020), bom Polrestabes Medan (akhir 2019), kerusuhan Mako Brimob Depok (2018), serangan di Polrestabes Surabaya (Mei 2018), terorisme di kantor Polda Riau, Pekanbaru (2018), Bom di Polresta Surakarta dan terror serangan pesan beruntun (Juli 2016).

For when things are worrying in NTT…

Karena NTT baru aja dilanda tanah longsor dan banjir bandang.

 
What?
Yep, focus, focus. Stop googling that celebrity wedding. Now let’s talk about… banjir bandang dan tanah longsor di Flores.
 
Tell me.
OK. Jadi Hari Minggu kemarin, baru aja terjadi banjir bandang dan longsor di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), so far tercatat ada 41 orang yang meninggal, 9 orang luka-luka, 27 orang hilang, dan 49 KK yang terdampak banjir. Meanwhile, menurut Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, ada ratusan orang korban bencana longsor yang belum ditemukan.
 
Oh no…
Yep, selain itu,  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati juga menyampaikan bahwa ada puluhan rumah di Kecamatan Adonara Barat yang terendam banjir, puluhan rumah di Kecamatan Ile tertimbun lumpur, dan beberapa rumah hanyut tersapu banjir bandang. Selain itu, ada delapan jembatan yang putus karena dihantam banjir di Flores Timur.
 
Kok bisa banjir sih?
Yha karena emang terjadi hujan lebat gengs. Jadi sejak Minggu dini hari jam 01.00 WITA, BNPB udah menyatakan bahwa bakal terjadi banjir yang disebabkan oleh hujan lebat di NTT. Terus, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga udah menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem, sampai banjir dan longsor di NTT, ga lama setelah banjir terjadi. Adapun peringatan ini berlaku selama tiga hari ke depan.
 
Tiga hari ke depan?
Yep. Jadi menurut prediksinya BMKG, untuk hari ini bakal terjadi hujan sedang-lebat dengan petir dan angin kencang. Adapun untuk hari Selasa besok, bakal ada hujan sedang-lebat beserta petir dan angin kencang juga di Pulau Timor, Pulau Sabu, dan Pulau Rote. Jadi emang dalam tiga hari sejak Minggu, NTT bakal dalam status siaga potensi banjir, tanah longsor serta angin kencang.
 
🙁
Terkait bencana yang baru dialaminya ini, Pak Wabup Agustinus mendorong pemerintah pusat untuk turun tangan mengatasi banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayahnya. Menurutnya, belum ada bantuan sedikitpun dari pemerintah pusat, dan baru ada komunikasi via telepon aja.  Beliau juga menyatakan bahwa pemerintah daerah nggak punya sumber daya yang cukup untuk menangani bencana banjir yang parah.
 
Anything else? 
Menurut pak bupati, so far ada tiga daerah yang terkena banjir di Flores Timur, yaitu Kecamatan Wotan Ulumado, Ile Boleng, dan Adonara Timur. Beliau menambahkan bahwa ada sekitar delapan jembatan penghubung antar kecamatan yang rusak. Alhasil, proses evakuasi sulit dilakukan. Karena itulah, Pak Bupati berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat, seperti dana tanggap darurat.
 
Not just thoughts and prayers… 🙁

What’s growing faster than $$$ on your saving accounts?.

The cherry blossoms, aka bunga sakura.
Iya guys, beda sama jumlah tabungan kamu yang lamaaaa banget numbuhnya (seriously, can relate!) pertumbuhan bunga sakura di Jepang tahun ini justru terjadi lebih cepat, thanks to global warming. Yep, kayak yang kamu udah tahu, musim semi yang biasanya berlangsung sekitar akhir Maret sampai awal Juni merupakan waktu mekarnya bunga sakura yang terkenal di Jepang. Namun pada tahun ini, puncak pertumbuhan bunga terjadi pada 22 Maret, lebih cepat dibanding tahun sebelumnya pada 2 April. Para peneliti meyakini bahwa percepatan ini terjadi seiring dengan munculnya pemanasan global. Mereka menyebut bahwa makin panasnya suhu bumi bakal merangsang cepatnya pertumbuhan bunga sakura. Karena itulah, full bloom aka waktu mekar penuhnya terjadi lebih cepat.
 
FYI, diketahui juga bahwa dari 58 pohon cherry blossom yang diteliti pertumbuhannya pada tahun ini, tercatat ada 24 di antaranya yang tumbuh lebih cepat dibanding tahun lalu. Selain itu, 12 di antaranya juga tumbuh paling cepat sepanjang sejarah.

“Anda yang punya harta, belanjalah karena belanja hari ini adalah bela negara,”

Gitu guys, kata Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil saat ngasih sambutan dalam acara Pembukaan UKM Jabar Paten, pada Hari Sabtu kemarin. Kata Kang Emil, hal ini perlu demi mendorong perekonomian di masa pandemi Covid-19.
 
When you looove to shop and want to feel a little patriotic…

Catch Me Up! Recommendations

If you’re trying to lose weight, try these tips.

Announcement


No one bought us coffee 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Entah kenapa hari itu ketika saya pergi dengan ayah saya dari apartemen menuju rumah sakit kami, saya lupa membawa payung, padahal langit terlihat sedikit mendung dan tidak bersahabat. Selepas kami selesai menemui dokter, kami berniat jalan kaki pulang dan mampir sebentar ke warung makan terdekat buat beli sayur tambahan lauk makan. Eh, tetiba hujan turus deras sekali dan kami berdua berdiri di pinggir jalan sambil berharap hujan reda. Uniknya, di tengah menggigilnya kami berdua, ada sebuah mobil berhenti, dan seorang Ibu turun dari mobil sembari memberikan kami payung besar. Ada perasaan kaget dan merinding saat itu. Kaget karena it’s so random, bagaimana mungkin ada orang asing ngasih payung (ngasih lowh ya bukan minjemin) tanpa ada embel-embel apapun. Sesudah itu, si Ibu dan suaminya (sepertinya, orang yang nyetir didalam mobil) pergi begitu saja. Selintas saya berfikir, malaikat itu emang ada dan kita tidak akan pernah tahu siapa dan kapan mereka akan datang. Makasih ya bu atas payungnya. Ibu adalah ‘malaikat’ yang luar biasa.
-Putri, Bogor-
 
2. Hari ini aku terbangun dengan perasaan haru. Jadi, dulu ayahku pernah cerita kalo kakekku suka dateng di mimpinya dan ngasih tau hal-hal kayak, “Adek-adek lagi pada berantem, tolong dilerai”, dan pas ayahku cek ternyata beneran mereka lagi berantem. Atau kakekku dateng ke mimpi cuma sekedar ngasih tau kalo atap rumahnya bocor, yang lagi-lagi pas dicek emang beneran bocor. Nah kemarin, kakekku dateng ke mimpiku nyuruh aku jangan bolong-bolong sholatnya karena memang sholatku suka bolong. Aku terharu banget. Kata guru ngajiku, saat kita tidur itu ruh kita diambil sementara, nanti pas bangun dikembalikan lagi, jadi pada saat kita tidur dan mimpi orang yang sudah meninggal, itu ruh kita memang lagi bertemu sama ruh orang yang sudah meninggal itu. So happy to meet you, my angel 🙂
-mtnzr-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!.