China Uji Coba Mata Uang Digital yang Disebut Digital Yuan

67

For when you’re hearing a lot about bitcoin…

Now, everybody meet: digital yuan.
 
What? 
Iya, Jadi minggu lalu, China baru aja mengujicoba mata uang digitalnya yang disebut digital yuan. Adapun mata uang ini disebut sebagai terobosan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah negeri Tirai Bambu demi mewujudkan masyarakat yang makin cashless. 
 
Are we in the future?
Looks like it, yes. Jadi, digital yuan adalah mata uang digitalnya China. Beda sama cryptocurrency yang nggak diatur pemerintah, maka uang digital ini diatur sama Bank Centralnya China. Selain itu, digital yuan juga nggak bakal menggantikan dompet-dompet digital kayak Alipay atau WeChat Pay. Jadi yhaa beneran duit aja gitu guys, cuma dalam bentuk digital.
 
I need more info.
OK. Jadi dalam salah satu proses uji cobanya, Pemerintah China memilih daerah Shenzhen untuk mengadakan lotere dan membagikan uang digital ini kepada warga, dengan total 10 juta yuan (sekitar 1,5 juta dollar Amerika, setara 22 milyar rupiah). Tercatat ada sekitar dua juta orang yang ikutan daftar loterenya, dan ada 50 ribu orang yang menang.
 
Luckyyy….terus? 
Nah, setelah dinyatakan menang, maka mereka harus men-download aplikasi digital yuan-nya untuk mendapetkan uangnya.  Setelah di-download, mereka bisa belanja di lebih dari 3.000 toko yang ada di wilayah Shenzhen. FYI, supermarket-supermarket lokal, apotik-apotik, even Walmart juga udah terdaftar sebagai toko yang menerima uang digital ini.
 
Is this the first time, tho? 
Nggak juga sih. Jadi dalam beberapa tahun terakhir, China udah pernah  melakukan uji coba yuan digital ini di berbagai daerah lain, tapi uji coba yang di Shenzhen adalah uji coba terbesarnya China. Sampai saat ini, udah ada lebih dari 100.000 orang di China yang men-download aplikasi untuk bisa menggunakan uang digital tersebut. Mereka yang udah punya uangnya bahkan bisa jajan di Starbucks dan McDonalds dengan aplikasi tersebut.