Pemerintah India Melarang Penggunaan Bitcoin

28

What’s going to be banned in India?

Bitcoin.
 
Oh ya? 
Yep. Jadi guys baru-baru ini, Pemerintah India bakal ngusulin peraturan yang melarang penggunaan bitcoin or cryptocurrencies, dan ngasih denda buat warganya yang tetap masih invest di bitcoin.
 
Bitcoin tuh apa?
Itu lohhhh yang sering di-twit sama Elon Musk, wkwkkw. Jadi guysin a nutshell, bitcoin ini merupakan mata uang digital (cryptocurrencyyang pergerakannya nggak diatur ama Bank atau pemerintah. Jadi, transaksi yang terjadi adalah bener-bener terbuka dan transparan, dan transaksinya itu dilakukan langsung oleh pengguna itu sendiri dalam ekosistem blockchain. Nah, transaksi bitcoin ini juga semuanya dilakukan via internet. Terus untuk bisa bertransaksi, beda sama bank, kamu nggak perlu ngasih identitas asli kamu, jadi yang dibutuhkan cukup alamat dompet digital kamu dengan sandinya.
 
Whoaaa ini legit?
Some say it’s legit, some say it’s not. But everyone, meet: blockchain. Yaitu suatu mekanisme pencatatan dalam cryptocurrency, di mana setiap ada transaksi bitcoin, maka catatannya bakal tersedia secara publik. Jadi, blockchain itu kayak buku kas digital, dan hal inilah yang bikin Bitcoin dinilai banyak pihak, legit. 
 
I see…
Nah FYI guys, bitcoin ini udah ada sejak tahun 2009, dan dibikin sama seseorang super misterius, bernama “Satoshi Nakamoto”. Tapi sampai sekarang gak ada yang tahu siapa Satoshi Nakamoto ini. Fast forward to now, popularitas bitcoin kini makin meroket, karena beberapa alasan: Sifatnya yang mudah didapat, nilainya yang cepet banget naik tapi juga bisa turun, ga banyak regulasi, hingga nggak terikat sama bank sentral di negara mana pun. Jadi bayangin kalo kamu tinggal di negara yang lagi konflik hingga mengalami inflasi atau krisis ekonomi, yha beda sama invest di valas atau saham yang nilai duit kamu bisa turun, kalau di bitcoin atau cryptocurrency sih, nilai investasimu ga bakal kepengaruh sama kondisi-kondisi itu.
 
So…people have been using it?
Yep. Makin ke sini, emang makin banyak masyarakat yang invest di bitcoin. Bahkan, beberapa perusahaan besar udah mulai menerima pembayaran dari bitcoin, kayak Microsoft, Square, Paypal, etc. Kabarnya, Tesla juga bentar lagi bakal ikutan ngebolehin transaksi pakai bitcoin. Padahal, bitcoin punya risiko yang tinggi karena yha harganya naik turun mulu guys. Kayak roller coaster.
 
I got the idea. Now, let’s go back to India.
OK. Jadi emang sejak Januari lalu, Pemerintah India udah mengusulkan adanya larangan penggunaan private virtual currencies aka bitcoin. Kalo udah jadi undang-undang, maka siapa pun orang di India yang jual, beli, transfer, hingga memiliki aset kripto bakal dipidanakan. FYI guys, larangan ini jadi dinilai sebagai salah satu aturan terkait cryptocurrency paling ketat di seluruh dunia, dan India bakal jadi negara pertama yang meng-ilegalkan bitcoin.
 
Yha tapi alasan pelarangannya tuh apa ya?
Pihak Bank Sentral di India sih bilang karena jenis investasi ini beresiko tinggi, kayak skema ponzi, dan disebutkan juga bahwa pemerintah India lagi membikin mata uang digitalnya sendiri. Adapun jenis hukuman buat mereka yang masih pake cryptocurrency, rencananya adalah dipenjara sekitar 10 tahun.
 
Whoaaa ok anything else? 
Sejauh ini, memang transaksi bitcoin di India terus meningkat. Sudah ada 8 juta investor aset kripto di India yang memiliki aset senilai 100 miliar rupee atau senilai USD1.4 miliar. Nah, walaupun bakal dilarang, namun Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman bilang bahwa doi masih open minded banget dalam tata cara mengelola aset digital ini. Dirinya tetep berencana untuk melarang aset kripto swasta namun bakal mempromosikan teknologi blockchain untuk yang dapat merevolusi sistem transaksi internasional.