Negara Finlandia di Eropa Tetap Meraih Predikat Negara Paling Berbahagia di Dunia

100

For when you want to live in the happiest place in the world…

Try Finland. 
Yep guys, walaupun pandemi covid-19 masih terjadi di hampir seluruh dunia, namun di tahun 2021 ini, negara Finlandia di Eropa tetap meraih predikat negara paling berbahagia di dunia! FYI, ini adalah yang keempat kalinya secara berturut-turut Finlandia jadi negara paling bahagia, disusul di posisi kedua ada Islandia, ketiga ada Denmark, keempat ada Swiss, dan Belanda berada di posisi ke lima.
 
Adapun dalam riset yang dilakukan oleh Gallup World Poll ini, ditemukan bahwa yha wajar aja sebenernya kalo negara-negara Nordic nggak bergeser dari posisi teratas dalam urusan kebahagiaan. Hal ini karena para peneliti menemukan bahwa di masa pandemi kayak sekarang, ‘trust’ aka ‘kepercayaan’ adalah faktor utama yang bisa memberikan kebahagiaan pada masyarakat. Hal ini karena adanya rasa percaya bikin masyarakat merasa terlindungi selama pandemi, termasuk kepercayaan terhadap pemerintah. Nah, dalam hal ini, negara-negara Nordic memang disebutkan memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintahnya.
 
FYI guys, seiring dengan masih menyebarnya pandemi, maka laporan kebahagiaan aka World Happiness Index 2021 ini sedikit beda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana para peneliti nggak bisa melakukan wawancara langsung. Selain itu, indikator yang dinilai juga berubah, dari yang biasanya diukur dari pertumbuhan ekonomi, life expectancy, social support, etc, indikatornya kini berubah menjadi hubungan antara kesejahteraan dan covid-19. Menariknya, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah sangat berpengaruh pada tingkat penularan pandemi di suatu negara, yang kemudian juga sangat berpengaruh secara signifikan pada kebahagiaan warga di negara tersebut.
 
Hayo…masih mau nggak peduli sama politik?