Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Berpulang

27

Who got people mourning about…

Mantan Hakim Agung yang baru berpulang, Artidjo Alkostar.
Who?
Mantan Hakim Agung yang kemudian menjabat sebagai Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Artidjo Alkostar diumumkan meninggal kemarin di kediamannya di Kemayoran, Jakarta Utara. Jadi seumur hidupnya, beliau ini paling ditakuti sama koruptor karena dikenal suka memberatkan hukuman yang dijatuhkan buat para koruptor tersebut.
 
OMG…meninggalnya karena apa?
Sakit komplikasi. Jadi menurut Menteri Kordinator Hukum dan HAM Prof Mahfud MD, Pak Artidjo emang udah lama punya penyakit komplikasi ginjal, jantung, dan paru-paru. Jadi yang jelas sih, meninggalnya bukan karena Covid-19. Dalam twitnya, Prof Mahfud juga menyebut bahwa Pak Artidjo ini merupakan sosok penegak hukum yang penuh integritas.

Now tell me about his CV…
Jadi Pak Artidjo ini adalah seorang aktivis, advokat, hakim agung, dan terakhir beliau menjabat sebagai Dewan Pengawas KPK. Di awal karierinya, beliau berprofesi sebagai dosen di UII Yogyakarta. Lalu beliau menjadi advokat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta dan di tahun 2000, namanya lolos sebagai hakim agung. Nah selama menjabat sebagai hakim agung ini, beliau telah memutus hingga 19.708 berkas perkara.
 
Terus kalo soal koruptornya?
Nah beliau juga dikenal sebagai “algojo”-nya para koruptor, karena beliau sering memperberat hukuman bagi para koruptor yang mengajukan kasasi ke MA. Adapun beberapa koruptor yang hukumannya justru diperberat oleh beliau adalah mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq (dari 16 menjadi 18 tahun), mantan kader Demokrat Angelina Sondakh (dari 4 tahun 6 bulan ke 12 tahun) dan Sutan Bathoegana (dari 10 tahun jadi 12 tahun), hingga mantan Gubernur Banten Ratu Atur Chosiyah (dari 4 tahun ke 7 tahun) dll.
 
Rest in peace…