Konsumen Indonesia Meyakini bahwa Ekonomi Tanah Air akan Naik

31

Who’s got a good news?

Bank Indonesia (BI).
 
About what? 
Tentang tingkat keyakinan konsumen terhadap ekonomi.
 
Really? 
Iya. Jadi, berdasarkan surveinya BI yang dirilis Senin kemarin, diketahui bahwa konsumen Indonesia meyakini bahwa ekonomi tanah air bakal naik pada Februari 2021. Hal ini berdasarkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang score-nya 85,8, naik dari Januari 2021 kemarin, yang berada di angka 84,9.
 
Nice to hear… 
Yep, menurut Pak Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif dan Kepala Departemen Komunikasi BI, survei ini dilakukan di 7 kota, dan hasilnya juga menunjukkan bahwa tingkat keyakinan konsumennya naik.  Adapun kota-kota yang IKK-nya paling tinggi adalah kota Surabaya, Manado, dan Makassar.
 
Tapi kok bisa sih konsumennya udah pada optimis?
Yhaaa a few reasons, guys. Menurut Pak Erwin, kenaikan IKK ini berdasarkan pada persepsi konsumen dari berbagai aspek, kayak ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. Terus ya ini dipengaruhi oleh ekspektasi konsumen tentang penghasilan ke depannya gimana juga.
 
I see, anything else? 
FYI, pada bulan Desember 2020, IKK masyarakat juga cukup tinggi gengs, yaitu 96,5. Namun angka ini turun di bulan Januari menjadi 84,9. Penurunan ini terjadi di 14 kota yang disurvei, adapun kota yang penurunan IKK-nya paling banyak adalah Kota Surabaya, Bandung, dan Mataram.