Kilang Pertamina Balongan, Indramayu Terbakar, Kapal Kargo MV Ever Given yang Tersangkut di Terusan Suez, Mesir, Kini Berlayar Kembali, Pelaku Bom Bunuh Diri adalah Pasutri yang Menikah Selama 6 Bulan, Museum Seni Terkenal Louvre di Paris, Prancis Merilis Online Platform yang Memamerkan Lebih dari 480.000 Karya Seni

155

Hi, Tuesday.

 
The weather has been so nice lately and we’ve been receiving soooo much love from your mentions, DM, to Sociabuzz coffee treats. We want to thank you so much for that, and FYI, we’ve just launched a new podcast on adulting. Yep, adulting is hard, and no one tells you how. So every two weeks, we’ll sit down with adults to talk about how they navigate living as an adult. Because high five! We don’t know what we are doing either.

For when you’ve been hearing about the fire…

In kilang Pertamina Balongan.

 
Yea, what about it?
Jadi guys kemaren banget, Kilang Pertamina Balongan, Indramayu terbakar pada dini hari, tepatnya jam 01:05 WIB.
 
Kok bisa? 
Menurut Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dodi Dwi Endrayadi, ledakan tersebut terjadi karena adanya kebocoran gas. Jadi awalnya, warga sekitar udah mencium bau gas menyengat sejak jam 23:00 WIB, terus pas jam 00:00 WIB, terdengar ledakan.
 
Whoaaa go on…
Yep, terus pada jam 00:45 WIB, ditemukan udah terjadi tiga ledakan (satu kuat, satu sedang, dan kuat lagi). Totalnya, ada empat unit tank product premium 42 T 301 A, B, C, dan D yang terkena dampak kebakaran.
 
Terus terus…
Menanggapi hal ini, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bilang bahwa untuk mencegah penyebaran ke area lain, Pertamina langsung melakukan shut down kilang. Adapun saat ini, area api sudah berhasil dilokalisir dan nggak menyebar ke wilayah lain.
 
OK…any victims? 
Menurut BPBD, akibat kebakaran ini, tercatat ada 29 orang dengan luka ringan, enam orang luka berat, dan 932 orang yang harus mengungsi ke tiga titik pengungsian. Terus, ada satu warga yang meninggal akibat serangan jantung setelah kebakaran tersebut. Terkait insiden ini, Gubernur Jawa Barat, Kang Ridwan Kamil juga telah memberi arahan ke BPBD untuk memastikan bahwa warga yang berada di radius berbahaya harus diungsikan sesuai dengan protokol kesehatan demi mencegah penularan covid-19.
 
I see, did Pertamina say anything? 
Yep. Pihak Pertamina menyatakan bahwa meskipun terjadi kebakaran di salah satu kilangnya, namun stok BBM nasional masih aman. Menurut Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono, saat ini stok gasoline ada 10,5 juta barel, yang menurut mereka cukup untuk 27-28 hari.  Begitu juga dengan stok solar, masih ada 8,8 juta barel yang cukup untuk 20 hari ke depan. Dan untuk Avtur, masih ada 3,2 juta barel, cukup untuk 74 hari.
 
So, the fire’s off now?
Not yet. Jadi BPBD Kabupaten Indramayu memprediksi bahwa pemadaman api baru bisa selesai setelah tiga hari nanti. Hal ini karena ada satu tangki yang isinya penuh, dan dua tangki lainnya kosong, jadi emang nggak bisa sehari langsung padam. FYI, alat pemadam kebakaran yang dibutuhkan juga beda sama alat pemadam kebakaran yang biasa. Untuk kali ini, otoritas setempat membutuhkan tiga alat dan berbagai bahan kimia, jadi nggak cuma air.
 
Got it. Anything else?
Well, Kepala Damkar Indramayu, Joni Takarasel juga menyatakan bahwa api masih ada di area pertamina RU IV, Balongan, tapi menurutnya, api ini nggak akan menyebar luas. Untuk itu, beliau menghimbau masyarakat untuk tidak terlalu panik dan tetap waspada.  Meanwhile, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno bilang bahwa pihak DPR bakal memanggil PT Permina (Persero) untuk menerima penjelasan lebih rinci terkait kebakaran fasilitas Refinery Unit IV.

For when you’ve been seeing memes about the Suez Canal…

Here’s your updates. 
 
Iya, ada apa sih itu? 
Jadi kemarin, akhirnya Kapal kargo MV Ever Given yang tadinya “nyangkut” di Terusan Suez, Mesir, kini udah bisa berlayar lagi.
 
I need some background, please. 
Sure. Jadi kalo kamu akhir-akhir ini seriiing banget liat meme gambar kapal kargo di atas, then you’re in the right email, because we’re gonna tell you all about it. Jadi sejak minggu lalu, kapal kargo bernama Ever Given terjebak di Terusan Suez, Mesir gara-gara badai angin yang membuat kapal tersebut salah jalur. FYI, ukuran panjang kapal tersebut adalah 400 meter, lebarnya 59 meter, dan mampu mengangkut beban hingga 220.000 ton. Gede banget kan tu…
 
Rite…
Jadi awalnya, kapal kargo raksasa berbendera Panama ini berangkat dari China dengan tujuan akhir di Pelabuhan Rotterdam, Belanda. Namun karena kapalnya stuck, Terusan Panama jadi macet dan kapal-kapal lain nggak bisa lewat. So far, ada 300-an kapal yang ngantri nunggu bisa lewat.
 
Kalah deh macet Jakarta…
Kalah banget guys. Terus juga kalo mau muter, lokasinya jauh banget karena emang Terusan Suez adalah ‘jalan pintas’ antara benua Asia dan Eropa. A little geography lesson here, jadi Terusan Suez berfungsi untuk menghubungkan laut Mediterania dan Laut Merah. Panjang Terusan ini adalah 190km, dalamnya 24 meter, dan lebarnya 205 meter. Nah, kalau Terusan Suez ini ditutup, kapal-kapal kargo harus mengelilingi benua Afrika dulu, baru ke Eropa, which is jauh banget dan lama. FYI, Terusan Suez ini bertanggung jawab untuk memfasilitasi sekitar 12 persen dari semua perdagangan global. Itulah kenapa, terusan ini penting banget.
 
I see…
Nah selain bikin kapal-kapal lain “ngantri”, kemacetan ini juga menyebabkan kerugian finansial yang nggak kecil. Menurut Direktur pengelola kanal Osama Rabie, pihaknya mengalami kerugian sekitar Rp187,4 miliar – Rp201,8 miliar per hari karena mereka nggak dapet uang dari kapal-kapal yang nggak bisa lewat di terusan tersebut. FYI, Terusan Suez ini udah ‘dinasionalisasi’, jadi setiap kapal yang lewat harus nyetor ke Pemerintah Mesir.
 
Whooaa…terus gimana? 
Well, kayak kamu yang suka nyari jalur tikus pas lagi males kena macet, beberapa kapal kargo juga udah ada yang memutuskan untuk muter dan lewat Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Keputusan ini diambil dari pada harus nunggu macetnya terurai gara-gara kapal Ever Given tadi.  For example, perusahaan logistik pelayaran A.P. Moeller Maersk memutuskan supaya 15 kapal kargonya untuk muter ke arah Afrika Selatan. Menurut mereka, waktunya bakal sama aja kayak kalau nunggu macet di Terusan Suez, jadi mendingan puter balik aja, meski lewat jalur yang panjang.
 
I see, tapi sekarang udah dibuka lagi kan? 
Udah, akhirnya. Jadi setelah seminggu nutup jalan dan bikin Terusan Suez macet, akhirnya kemarin, kapal Ever Given udah bisa kembali berlayar. Hal ini tentunya bisa tercapai seiring dengan kerja sama internasional yang berupaya untuk bikin kapalnya bisa bergerak, mulai dari mengeruk area di sekeliling kapal, mendorong kapal, hingga melepaskan sebagian beban kapal. Nah, meskipun udah nggak stuck lagi, namun disebutkan bahwa bakal butuh waktu sekitar 10 hari supaya kapal-kapal yang mengantri bisa lewat. Jadi yha…bakal masih agak macet sih.
 
Terus, sekarang kapalnya ke mana?
Lagi berada di danau yang ga jauh dari situ guys. Adapun hal ini dilakukan untuk proses pemeriksaan oleh otoritas setempat. Dari pemeriksaan ini maka akan diketahui nih, kapalnya boleh lanjut lagi jalan, apa enggak.
 
Finally, anything else? 
Pihak otoritas terusan Suez juga bilang bahwa mereka lagi mempertimbangkan untuk ngasih diskon ke kapal-kapal yang akan melintasi wilayah tersebut pasca insiden ini terjadi. Adapun diskonnya akan diberikan karena mereka udah kena macet dan jadi harus ngantri lama banget. FYI, akibat insiden ini juga, harga minyak jadi naik di beberapa negara karena penyaluran logistiknya tertunda. Akibatnya, suplai minyak jadi berkurang, dan semakin langka barangnya, maka semakin mahal harganya.

Who just gave updates?

Kepolisian Republik Indonesia aka Polri.

Updates on? 
Bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar yang terjadi pada hari Minggu kemarin.
 
Remind me. 
Ok. Jadi pada Hari Minggu (28/3) kemarin, terjadi bom bunuh diri di Gereja Katolik Makassar, sekitar jam 10.28 WITA. Ledakan akibat bom tersebut terjadi setelah Misa Minggu Palma dan menimbulkan 20 korban luka, termasuk petugas gereja dan jemaat.
 
So, what’s new? 
The perpetrator, aka pelaku. Kalo pada edisi kemaren kita masih belum tahu nih, siapa pelaku pemboman, maka hari ini, udah diketahui siapa gerangan yang melakukan aksi bom bunuh diri tersebut.
 
Siapa?
Menurut Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono, pelaku bom bunuh diri adalah pasangan suami istri warga Makassar yang baru menikah selama enam bulan. Adapun pelaku berinisial L dan YSF, dan pelaku perempuan merupakan pekerja swasta. Selain itu, terungkap juga bahwa para pelaku mengendarai sepeda motor dengan nomor polisi DD 5984 MD untuk melakukan aksinya.
 
Oh my God…
Yep, dan sebelum melancarkan aksinya ini, polisi juga bilang bahwa pelaku laki-laki sempat meninggalkan surat wasiat kepada orang tuanya yang isinya mengatakan bahwa doi berpamitan dan siap untuk mati syahid. Untuk mencari tahu identitas para pelaku, polisi juga udah mencocokkan DNA dengan pihak keluarga, dan hasilnya identik.
 
Terus terus…
Terus menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pelaku adalah bagian dari kelompok JAD yang pernah melakukan pengeboman di Jolo, Filipina. Hal ini karena hasil penyelidikan Kepolisian Filipina mengatakan bahwa ada dua ledakan sejenis yang terjadi pada 27 Januari lalu.
 
JAD? 
Iya, Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang merupakan jaringan terorisme yang berafiliasi pada ISIS. Jadi kelompok JAD ini emang turut terlibat dalam sejumlah aksi teror dalam beberapa tahun terakhir, kayak bom di Surabaya pada 2018 dan penusukan mantan Menkopolhukam Wiranto.
 
Got it. 
Lebih jauh, menurut Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto, pelaku memang udah dalam pengejaran aparat keamanan sejak tahun 2015 karena ada indikasi terorisme di Makassar.  Menurutnya, puluhan tersangka teroris JAD yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri pada awal Januari lalu juga terlibat dalam berbagai aksi bom bunuh diri.
 
I see, anything else? 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar menyatakan bahwa ideologi antara pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar sama tiga bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya tahun 2018 lalu, mirip. Menurutnya, para teroris mencari kesempatan untuk melakukan aksi.

For when you want to visit Museum Louvre, but the pandemic hit…

Now, you can do it online.
Yes gengs, jadi museum seni terkenal Louvre yang ada di Paris, Prancis baru aja merilis online platform yang memamerkan lebih dari 480.000 karya seni yang merupakan koleksinya per Jumat lalu. Dengan adanya galeri online tersebut, maka para pecinta seni dan peneliti bisa mengakses seluruh koleksi dari Museum Louvre secara online dari mana aja dan gratis!
 
Menurut keterangan media yang baru aja dirilis minggu lalu, disebutkan bahwa website resmi dari museum Louvre bakal men-showcase delapan department dari museum tersebut, including Islamic art and Renaissance sculptures, barang-barang antik dari Mesir, hingga lukisan dari berbagai pelukis di seluruh dunia (Pssst….lukisan terkenal Mona Lisa-nya Leonardo da Vinci juga ada di sini loh!).
 
Terkait fitur ini, Direktur the Louvre Jean-Luc Martinez bilang bahwa hal ini merupakan hal yang baru, di mana mereka memberikan akses gratis ke seluruh koleksi karya seni di museum tersebut. Menurutnya, konten digital ini juga bakal menarik para pecinta seni untuk datang dan melihat karya-karyanya secara langsung setelah pandemi Covid-19 berakhir. FYI guys, gara-gara pandemi Covid-19, Museum Louvre udah tutup sejak Oktober tahun lalu.

“Bagi jajaran di lingkungan Pemprov DKI yang mengalami pelecehan, jangan ragu untuk melaporkan.”
 

Angin segar buat kamu-kamu yang pernah jadi korban pelecehan seksual, apa pun bentuknya, kalo kamu kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maka Pak Gubernur Anies Baswedan meminta kamu supaya nggak ragu-ragu melaporkan dugaan pelecehan itu ke badan kepegawaian daerah. Pernyataan ini menyusul adanya laporan dugaan pelecehan seksual oleh Kepala Badan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda, yang akhirnya sekarang udah dinonaktifkan.

Yep, always stand up for yourself…


Catch Me Up! Recommendations

Our podcast. 

 
Everybody, meet: Catch Up! our biweekly podcast on navigating adult life. 
 
Yep, nggak ada yang punya buku manual tentang gimana caranya jadi orang dewasa. Tentang gimana cara mengambil keputusan-keputusan besar dalam hal karir, bisnis, keuangan, hubungan keluarga, asmara, sampe…cara lapor SPT. Well, kalo kamu tiba-tiba merasa punya banyaaaak banget tanggung jawab, and constantly find yourself googling everything, maybe it’s is time to… talk about it.
 
Di Catch Up!, CEO dan cofounder kami akan duduk dan ngobrol sama orang-orang dewasa dari artis, pebisnis, politisi, peneliti, akademisi, dll, tentang cara menavigasi kehidupan sebagai orang dewasa. Pssst….kita udah punya episode pertama lho! Cek di sini, untuk dengerin lebih jauh obrolan kami sama seorang perempuan yang punya peran sebagai ibu, politisi, aktris, aktivis, dan businesswoman. Yep, we’re talking about one person. Let’s go!

Announcement


Terima kasih buat Aditps yang udah nraktir kami kopi kemarin!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Angel’s Stories

1. Hari senin kemarin, karena aku dari Tangerang dan mau ke Depok buat kerja, jadilah aku naik KRL tuh. Berangkat dari habis subuh dan naik KRL yang jam 6. Otomatis masih ngantuk lah ya, dan aku tidur di KRL. Pulesss banget sambil pake earphone. Aku tuh denger pemberitahuan kalo bentar lagi nyampe, tapi gatau kenapa ngantuk banget! Akhirnya aku lanjut tidur lagi wkwk. Sampe akhirnya nyampe Stasiun Duri, yang mana stasiun terakhir kan buat transit, aku tuh belum bangunn. Ehh aku kerasa ada yang senggol senggol kaki aku, mungkin ngebangunin yaa, jadilah aku bangun dan sadar kalo udah sampe. Tapi pas aku buka mata, ga nemu orang yg berusaha bangunin aku huhu. Buat siapapun mas / mbak / bapak / ibu yang berbaik hati bangunin aku, terima kasih dan semoga banyak kebaikan yang terjadi di hidup kalian ❤
-Vi-
 
2. So guys, aku habis nganter temenku balik ke kos-annya di luar kota pakai motor. Pas di tengah perjalanan, aku kecelakaan. Motor vs motor. Nggak parah kok, standar dan stang motorku bengkok sama mesinku yang nggak bisa nyala. Pas aku coba ngidupin motor, ada bapak-bapak nyamperin aku, nanya kenapa. Aku cerita dan mereka ngajak ke bengkel deket situ. Akhirnya motorku diservis dan voila, masalah terselesaikan. Aku tawarin tukangnya agar uangnya dianter besok tapi dia bilang gausah. Aku ngucapin beribu-ribu makasih dan aku doakan biar bapaknya sehat terus dan bengkelnya rame.
-Aura-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!