Jokowi: Jangan Terpaku Kebesaran Masa Lalu, Masyarakat Harus Adaptif di Era Saat Ini

106

For when it’s so hard to move on from your mantan…

Been there, too. Tapi inget guys, kata Pak Jokowi, jangan terpaku dalam masa lalu.
 
Kok bisa Pak Jokowi bilang gitu?
Iya, jadi kemarin, Pak Jokowi meminta supaya masyarakat Indonesia nggak terpaku dengan kebesaran di masa lalu. Menurutnya, masyarakat harus adaptif dengan era saat ini yang dipenuhi disrupsi dan kompetisi ketat dengan berbagai negara di dunia.
 
Oooooh gitu konteksnya.
Yep, terus Pak Jokowi juga bilang bahwa tantangan zaman ke depan bakal makin berat, karenanya diperlukan adaptasi yang cepat oleh masyarakat dalam menyesuaikan perubahan. FYI guys, Pak Jokowi ni menyampaikan hal-hal tersebut pas membuka Kongres XXXI HMI secara virtual yang digelar di Surabaya, Jawa Timur.
 
And HMI is….
Himpunan Mahasiswa Islam. Itu loh, organisasi mahasiswa yang udah lamaaa banget ada di Indonesia. In fact, HMI adalah organisasi mahasiswa paling tua di Indonesia dan didirikan pada tahun 1947, cuma dua tahun setelah Indonesia merdeka. Saat ini, HMI juga jadi organisasi mahasiswa terbesar di Tanah Air, dengan kadernya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
 
So what’s the congress about? 
Untuk memilih ketua umum HMI yang baru, guys. Jadi tiap dua tahun, HMI bakal memilih salah satu dari kadernya yang bakal memimpin organisasi tersebut. Secara anggotanya banyak, calon ketua umumnya juga banyak nih. Disebutkan bahwa saat ini, udah ada 38 orang yang daftar untuk jadi ketua umum, dan 26 di antaranya udah lolos verifikasi. FYI, kongres ini digelar secara hybrid, jadi ada yang ikutan acara secara fisik di Surabaya, ada juga yang ikutan secara online.
 
Got it. Anything I should know?
Well, dalam pidatonya itu, Pak Jokowi juga menyebut bahwa di kabinetnya, ada banyak banget kader HMIFor example, Prof Mahmud MD sebagai Menkopolhukam, Prof Muhadjir sebagai Menko PMK,  Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Kepala Bappenas/Menteri PPN Suharso Monoarfa, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil,  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Karenanya, Pak Jokowi juga berharap supaya HMI bisa terus berkarya buat negara.