Friday Pause: Shining star, like a little diamond…

136


Good morning!

 
Friday is here, so it’s time to unwind! As always, no news today. Instead, we’ll dive in funnier things in life, like memes, cool recs, and tips. Oh, and don’t forget to check our podcast that will air today at 7 AM (WIB). We’ll talk about All England (Seriously!), Georgia shootings, etc. Subscribe to catch up! on what’s happening in the world. Leggo!

For the love of Meme: Where did the 2020 go?


For when you’ve been so stressed out about money…

You’re not alone. 

Kalo kamu bukan Elon Musk, Bill Gates, atau Jeff Bezos, maka chances are, kamu pernah pusing mikirin duit. Ga punya duit lah, belum gajian lah, harus bayar utang lah, like, seriously, gimana sih caranya biar bisa hidup kayak Sisca Kohl? Wkwkwkkw
 
Yha emang ga gampang guys, apalagi sejak pandemi, di mana ekonomi benar-benar nggak berkembang. Bahkan banyak negara yang justru mengalami resesi (termasuk kita) karena daya beli penduduknya menurun drastis. Kenapa daya beli menurun? Karena pemasukanmu juga menurun, dan ini tentunya berpengaruh sama kondisi ekonomi secara keseluruhan.
 
Nah, tapi kali ini, kita mau ngomongin personal finances aja nih, aka keuangan pribadi.  Before we start, note that kalo kamu pusing mikirin uang, itu normal banget, namanya juga banyak pengeluaran. Namun kalo kamu udah merasa masalah uang ini terus-terusan mengganggumu dan bikin kondisi mentalmu nggak baik, mungkin kamu udah perlu segera mencari solusi untuk masalah keuanganmu. This might sound difficult as it’s full of self-control and responsibility, but we are all adulting, right? So, here are your checklist to be less stressed out about money:
  • Pay down debt: Hutang biasanya bikin kamu capek dan terbebani secara psikis, jadi salah satu cara untuk mengurangi beban mentalmu karena $$$ adalah dengan mengurangi jumlah hutang dan eventually, debt free. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk hal ini guys, misalnya dengan nggak pake kartu kredit dulu, stop belanja hal-hal konsumtif yang nggak terlalu dibutuhkan, hingga cari pemasukan tambahan biar kamu bisa membayar cicilan hutangmu lebih banyak. Nah, kalo hutangmu udah besar, maka kamu perlu bikin rencana dan strategi untuk mengurangi hutang, misalnya dengan negotiate with your bank untuk mengurangi bunga dari hutangmu.
  • Bikin budget: Yes, bikin budgeting ini penting banget supaya kamu tahu uangmu lari ke mana aja. Mungkin kerasanya emang PR banget, tapi sekarang udah banyak kok guys, aplikasi yang bisa dipake buat bikin budgeting. Lagian juga kalo kamu tahu uang kamu lari ke mana aja, kamu ga bakal kaget terus stres pas masih di pertengahan bulan, uangmu udah abis. Supaya lebih gampang, kamu juga disarankan untuk mengecek pengeluaran dan pemasukanmu setiap seminggu sekali. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami money habit kamu dan nggak stres lagi, ‘cause you’ve got your $$$ under control.
  • Bikin rencana keuangan:  Yep, ini juga nggak kalah penting guys, karena bisa membantu kamu untuk menentukan apa yang pengen kamu raih di masa depan. Misalnya, kamu mau beli rumah, mau kuliah di luar negeri, mau traveling, etc. Nah, financial plan ini bisa bantu kamu untuk menghitung aset dan pengeluaranmu apa aja, dan bikin strategi gimana cara kamu harus mencapai rencana keuangan kamu. Misalnya kamu pengen beli rumah seharga Rp 800 juta, dan saat ini gajimu Rp 8 juta, berarti kan kamu bisa ngitung-ngitung tuh, berapa yang harus kamu tabung supaya kamu bisa beli rumahnya. Terus gimana skemanya kalo kamu mau beli secara KPR. Gini-gini penting sih guys, jadi kamu tahu nih pas gajian, duitmu mau ditabung untuk beli rumah, atau untuk beli baju baru lagi.
  • Tambahin tabungan pensiun: Yhaa emang sih, sekarang kamu masih muda, tapi namanya uang pensiun kan emang buat persiapan hari tua kamu. Dan ini penting banget loh, untuk memastikan bahwa kamu bakal ada duit kalau udah pensiun atau nggak kerja lagi. Semakin cepat kamu bikin tabungan ini, semakin banyak akumulasi keuntungannya nanti. Kalau kamu udah punya, nominalnya bisa ditambahin aja supaya lebih tenang.
  • Tentukan berapa yang kamu perlukan ketika kamu pensiun nanti: Rencana pensiunmu, kayak butuh uang berapa, apa yang kamu butuhin nanti pas pensiun, bakal menentukan pola hidup dan target kamu. Caranya, kamu bisa hitung pengeluaran hidupmu dalam setahun, kayak bayar berapa untuk rumah, makanan, kesehatan, dan hal-hal lainnya.  Setelah kamu punya estimasi kebutuhanmu, kamu bisa mulai sisihkan uang bulananmu untuk pensiun nanti.
  • Mulai investasi, atau tambahin investasimu:  Sebaiknya kamu mulai investasi, bisa jadi investasi di saham, obligasi, deposito, kripto, emas, dll. Kamu bisa download beberapa aplikasi yang gampang dipakai untuk investasi. Remember, tabungan pensiun dan investasi beda ya. Jadi, sebaiknya ada tabungan khusus untuk melakukan investasi.


Hi, it’s your weekly quarantips again.

Boy, do we loooove weekly quarantips. Reading your submission every week never fails to get us super excited about the weekend. From fun podcast to Korean drama, we’re sooooo stan! 
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apapun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Buat kamu yang ada di Bandung, atau dari luar kota tapi lagi kangen sama Bandung, coba cek jalanhorebandung.com, ada banyak cerita tentang Bandung mulai dari jalan-jalan, jajan-jajan, sampai bobok-bobok di hotelnya. (@nfirmansyah_)
  • Listen to Chopin Nocturne No. 15 in F Minor, Op. 55 No. 1 by Vladimir Ashkenazy (A Soviet-born pianist and conductor). It shall calm your heart and mind. Available on YouTube.  (Anonymous)
  • Game namanya geoguessr! Jadi game ini nampilin streetview random dair Google Map, terus kita suruh nebak (pin point) itu lokasinya di mana. Cocok banget buat yang gabut dan got a lot of time to kill. (Anonymous)

  • Walaupun #DirumahAja kita harus selalu memperhatikan kesehatan kita, salah satu caranya kita bisa mulai dari mengatur pola makan kita. Nah demi pola makan yang lebih baik, kalian bisa banget baca buku ini, semoga kita sehat selalu!
  • Mau rekomendasiin lagu enak dari band indie HOPPIPOLLA. Jadi mereka ini pemenang survival Superband JTBC yang terkenal karena komposisi band mereka yang unik: instead of drums, mereka punya cello! Make sure to hear their songs such as Enough, About Time, Your Ocean, and various cover like Wake Me Up (Aviici), Creep (Radiohead), Before You Go (Lewis Capaldi).(@predebutjiyong)

  • Hai, aku mau merekomendasikan akun spotify Ngaji Budaya. Isinya membahas banyak hal dari perspektif Islam. Bahasanya ringan banget dan mudah dimengerti. Aku baru aja dengerin topik “Menolak Lelaki Sholeh” nahhh emang boleh tuh? Kalo mau tau boleh atau enggaknya, kindly check it. Thank youu 🙂 (seninpagi)

  • Baca novel “Kambing dan Hujan” karya Mahfud Ikhwan buat hati kita yang kadang kala perlu untuk dibasuh wkwkwkwk. (@darumowl)

Quote of the day:
 
“If you live each day as if it were your last, someday you’ll be right. Every morning I looked in the mirror and asked myself: If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?”
 
-Steve Jobs-

Thank you note

Terima kasih buat Rinawati Eko dan Putu Citra yang udah nraktir kami kopi kemarin!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

 

1. Jadi cerita ini muncul pas aku minta ibuku pakein minyak cem-ceman ke rambutku. Beliau cerita banyaaaak banget soal masa kecil aku. Misal, dulu aku selalu dipakein lidah buaya sama seledri di rambut, biar rambutnya bagus. Gapernah dikasi jajan biar ga kebiasa minta dan makan asupan yang ga sehat, dan lain-lain. Bahkan pada saat itu, Ibu aku tuh cuma lulusan SMA, tapi beliau bisa bikin aku yang masih dua tahun punya kemampuan kognitif/berpikir dan motorik/gerak setara anak 4 taun karena didikannya tiap hari, dan bikin aku lancar baca buku (termasuk buku Bahasa Inggris), berhitung, dan menulis di umur 5 tahun, which means, kalo kalian tau, usia 0-5 tahun itu golden age buat anak karena di masa ini anak tumbuh dan berkembang pesat, dan 80% otak kita kepake di masa ini. Jadi dengan didikan yang baik, bisa buat “base” yang kuat di tahun-tahun selanjutnya kita tumbuh dan berkembang. Dari sini aku belajar banget, mental buat jadi Ibu yang baik itu ngga bisa kamu dapetin di sekolah tinggi, tapi dari kemauan dan kesadaran diri. Shout out to all moms and prospective moms, we can create a better world just by educating our children well! ❤

-Her proud daughter-

 
2. Selama pandemi ini karena wfh, aku di rumah dan ikut bantu usaha kuliner orang tua. Berat banget cari modal setiap hari, gaji karyawan juga telat, emergency fund-ku ludes, gaji asliku ga cukup sampai akhirnya aku ambil berbagai pinjaman online (iyep yang bunganya tinggi itu) untungnya sampai sekarang masih kecover dengan omset. Aku ingin banget berhenti dari semua ini karena udah menguras energi terutama mental, tapi melihat orang tua yang sudah terhitung usia pensiun, masih kerja keras cari uang aku engga bisa ninggalin usaha ini. Semangat untuk para tulang punggung keluarga, kalian luar biasa, semoga kalian semua sehat dan bisa tidur nyenyak :’)
-grassroots society-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it hereCome, share us your versions of angels!)