DPR RI Sahkan 33 RUU yang Masuk Program Legislasi Nasional Prioritas 2021, Empat Pejabat China Dikenai Sanksi oleh Uni Eropa, Kanada, Inggris hingga Amerika Serikat, Penerapan Sistem Tilang Elektronik Baru Saja Diresmikan, Donat Gratis Hingga Akhir Tahun Bagi yang Sudah Melakukan Vaksinasi Covid-19

203

Good morning!

 
Rise and shine! It’s the middle of the week and if you need an extra boost of spirit, just remember: besok gajian. Now, as always, on Wednesdays we wear pink, and listen to our super cool podcast. We’ll have more exciting things lining up for the next few days, so for now, scroll down, or listen. Or both, we love to do both. XOXO.

Now, let’s talk about: Prolegnas 2021.

Everybody, meet: Prolegnas. Aka, Program Legislasi Nasional.

 
Apaan tuh?
Aturan undang-undang guys, jadi kamu pasti udah paham banget kan, bahwa saat ini tuh ada banyaaaaak banget aturan di sekelilingmu. Mulai dari aturan soal jatah THR-mu berapa, sampe kalo kamu mau nikah, apa aja sih syarat-syaratnya? Nah ini semua guys, ada aturannya yang diatur dalam undang-undang. Adapun undang-undang ini yang bikin adalah DPR barengan sama pemerintah.
 
OK go on…
Nah secara aturan yang harus dirumuskan ini banyak banget, maka DPR juga kayak kamu kalo abis gajian, yaitu suka bikin skala prioritas. Jadi mereka setuju dulu nih, tahun ini, undang-undang apa aja yang mau dibahas duluan. Nah, inilah yang dinamakan sama Prolegnas, aka Program Legislasi Nasional.
 
I see…
Nah soal Prolegnas ini, kemarin banget, DPR RI baru aja mengesahkan 33 rancangan undang-undang yang masuk ke Program Legislasi Nasional di tahun 2021 ini. Artinya, di tahun ini, bakal ada 33 aturan rancangan undang-undang yang bakal dibahas, dan kalo selesai, berarti bakal berlaku sebagai undang-undang.
 
Apa aja tuh, undang-undang yang masuk ke Prolegnas? 
Ada banyak sih, kayak rancangan undang-undang perlindungan data pribadi, undang-undang larangan minuman beralkohol, undang-undang energi baru dan terbarukan, undang-undang tentang BUMN, undang-undang tentang Pendidikan kedokteran, sampe yang paling banyak jadi perbincangan nih… undang-undang penghapusan kekerasan seksual. Iya guys, RUU PKS akhirnya masuk Prolegnas.
 
Whoaa finallyyy…. 
Yep, terkait dengan masuknya RUU PKS ke prolegnas prioritas tahun ini, Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani bilang bahwa hal itu merupakan bukti keberpihakan negara kepada perempuan dan korban kekerasan seksual. Mbak Puan juga bilang bahwa kebijakan ini nggak lepas dari keinginan publik yang kemudian didengar oleh DPR.
 
Terus UU ITE?
Nah, walaupun sempat riuh rendah minta direvisi, namun nyatanya, RUU ini nggak jadi masuk Prolegnas guys. Dalam rapatnya antara pemerintah sama Badan Legislasi DPR, disebutkan bahwa RUU ini lagi dibahas sama pemerintah, karena ada kaitannya sama RUU KUHPidana. Jadi yhaa belum dimasukin dulu. Selain RUU ITE, yang juga nggak jadi dijadikan Prolegnas adalah UU Pemilu.
 
Got it, anything else?
Buat kamu yang sering khawatir soal keamanan data pribadi kamu, maka siap-siap guys, karena Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) akhirnya bakal segera disahkan. Menurut anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar Bobby Rizaldy. RUU ini ditargetkan untuk disahkan sebelum Idul Fitri tahun ini.
 
Yuk bisa yukkkk…

For when your friends decided to gang up against you…

China can relate.
 
Hah kenapa?
Karena Senin lalu, empat pejabat China baru aja dikenai sanksi oleh Uni Eropa. Dan bukan cuma Uni Eropa, namun sanksi yang sama juga dijatuhkan oleh Kanada, Inggris hingga Amerika Serikat. Yhaaa intinya negara-negara Barat lah.
 
Whyyy? What happened?
Karena kasus Muslim Uighur guys. Jadi kayak yang kamu udah tahu, China emang udah kerap kali diprotes oleh dunia internasional karena dugaan pelanggaran HAM-nya terhadap etnis minoritas Uighur yang beragama Islam dan tinggal di Xinjiang. Nah terkait dugaan aksi ini, negara-negara barat tadi memutuskan untuk mengambil tindakan tegas dengan menjatuhkan sanksi…
 
Bentar, tapi emang dugaan pelanggaran HAM-nya kayak apa?
Everybody, meet: Internment camp, yaitu merupakan kamp atau tempat misterius yang udah lamaaaa banget jadi sumber kontroversi di Xinjiang. Menurut pemerintah China, kamp ini merupakan kamp pendidikan dan pelatihan buat warga Uighur supaya siap menghadapi dunia kerja nanti. Sedangkan menurut pengamat, kelompok HAM, dan para mantan penghuni, kamp ini lebih kayak kamp tahanan, di mana warga Uighur dipaksa masuk ke kamp tersebut dan dipaksa melakukan hal-hal yang nggak sesuai dengan keinginannya. Selain itu, kamp ini juga diduga menjadi tempat dilakukannya berbagai aksi pelanggaran HAM kayak pemaksaan, penganiayaan, pemerkosaan, hingga indoktrinasi untuk meninggalkan agama mereka dan mempraktikkan nilai-nilai komunis China.
 
OMG….
Yep, keberadaan kamp ini kemudian menuai kecaman dari negara-negara Barat *wink* gatau ya kalo negara Asia Tenggara *wink* yang mendesak China untuk mengakhiri aksi pelanggaran HAM-nya di wilayah Xinjiang. Nah desakan ini kemudian berujung sanksi tadi…
 
Jadi yang disanksi pejabatnya?
Iya, lebih tepatnya empat orang pejabat China di Xinjiang. Mereka adalah Zhu Hailun, Wang Junzheng, Wang Mingshan dan Chen Mingguo. Nah nama-nama ini ada yang merupakan anggota Partai Komunis di Xinjiang, pejabat bidang keamanan, pendidikan, dll.
 
OK… terus sanksinya berupa apa? 
Pertama, berupa travel ban aka keempatnya nggak boleh melakukan perjalanan di wilayah negara-negara barat (27 negara EU+Inggris+Kanada+Amerika Serikat). Kedua, aset mereka yang ada di negara-negara tadi bakal dibekukan, dan selain itu, mereka ngga boleh menerima bantuan finansial dari negara-negara tadi.
 
Whoaaa…
Yep. Dalam keterangan bersamanya, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat menyatakan bahwa kebijakan ini diambil terkait dengan dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh China terhadap warganya sendiri di Xinjiang. Mereka juga bilang bahwa bukti-bukti adanya pelanggaran HAM ini udah jelas banget, karena ketauan dari dokumen-dokumen pemerintah China itu sendiri, gambar satelit, kesaksian saksi dan korban, dll. Lebih lanjut mereka juga menyebutkan bahwa telah terjadi berbagai kegiatan pelanggaran HAM di kamp tersebut, kayak larangan atas kebebasan beragama, kerja paksa, penangkapan, sterilisasi secara paksa, hingga perusakan situs bersejarah milik Uighur.
 
I believe China is so bete about this…
Yep. Seiring dengan munculnya kebijakan ini, China bete banget si, secara mereka juga udah berkali-kali menegaskan bahwa nggak ada aksi pelanggaran HAM di Xinjiang. Nah terkait sanksinya ini, China kemudian dengan gercep menjatuhkan sanksi juga buat sepuluh orang asal Uni Eropa, termasuk di antaranya politisi dan peneliti yang bikin penelitian soal Xinjiang. Dalam keterangan dari Kemenlu-nya, China mendorong Uni Eropa untuk membatalkan sanksi yang dijatuhkan pada empat orang warganya itu, dan meminta Uni Eropa untuk nggak ikut campur urusan dalam negeri China.

For when you’ve been using your phone while driving…

Beware of Tilang Elektronik.

 
Gimana gimana?
Yep, jadi gengs, kemarin banget nih, Kapolri Jenderal Pol Listyo SIgit Prabowo baru aja meresmikan penerapan sistem tilang elektronik di Gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan.
 
Tell me more. 
OK. Jadi tilang elektronik aka Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ini merupakan  program penegakan hukum dengan memanfaatkan teknologi.  Jadi, kalau kita melanggar aturan lalu lintas dan tertangkap basah sama ‘kamera tilang’, siap-siap aja nerima surat tilang, gengs.  Menurut Pak Kapolri, sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya.
 
Seriuus? Ada di mana aja? 
So far, ada 12 Polda (setingkat provinsi) yang menerapkan sistem tilang elektronik ini gengs, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Jambi, Polda Sumatera Utara, Polda Riau, Polda Banten, Polda DIY, Polda Lampung, Polda Sulawesi Selatan, dan Polda Sumatera Barat.  Terus, secara keseluruhan ada 244 ‘kamera tilang’ yang dipasang di 12 daerah tersebut.
 
Where exactly? 
Nggak dikasih tahu juga si, namanya juga ditilang. Tapi kalo jumlahnya sih dikasih tahu, kayak di Polda Metro Jaya (98 titik), Polda Riau (5 titik), Polda Jawa TImur (55 titik), Polda Jawa Tengah (10titik) dan Polda Sulawesi Selatan (16 titik) Polda Jawa Barat (21 titik), Polda Jambi (8 titik), Polda Sumatera Barat (10 titik), Polda DIY (4 titik), Polda Lampung (5 titik), Polda Sulawesi Utara (11 titik), dan Polda Banten (1 titik).
 
Got it. Terus cara kerjanya gimana?

Here’s how: 

  • Pertama, kalo emang melanggar lalu lintas, kamera tilang/CCTV di jalan bakal secara otomatis menangkap aksimu dan mengirimkan buktinya ke petugas.
  • Kedua, polisi bakal melakukan identifikasi data kendaraan dengan Electronic Registration and Identification (ERI) untuk mengidentifikasi data pemilik.
  • Ketiga, petugas bakal mengirimkan surat tilang ke alamat pemilik kendaraan yang melanggar lalu lintas.
  • Keempat, warga yang dapat surat tilang harus mengkonfirmasi via website yang ditulis di suratnya, atau langsung datang ke kantor Sub Direktorat Penegakan Hukum.  Konfirmasinya harus dilakukan dalam waktu delapan hari, dan kalau gagal konfirmasi, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kita akan diblokir sementara.
  • Kelima, kalau berhasil konfirmasi, kamu akan menerima email tentang pasal apa aja yang dilanggar dan tempatnya di mana. Selain itu, ada informasi juga tentang berapa dendanya, sekaligus bagaimana cara bayarnya, yaitu via BRIVA (BRI Virtual Account). Terus, kamu juga nggak harus ikut proses persidangan, namun tinggal bayar dendanya aja langsung juga gpp (batas waktunya 15 hari setelah tanggal pelanggaran).

Got it. Btw, pelanggaran apa aja yang dicatat sama kamera tilangnya?
Menurut Pak Sigit sih ada at least 10 jenis pelanggaran lalu lintas yang dipantau sama kameranya. Adapun pelanggarannya termasuk: pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran marka jalan, pelanggaran ganjil genap, pelanggaran menggunakan hp, pelanggaran melawan arus, pelanggaran nggak pake helm, pelanggaran keabsahan STNK, pelanggaran nggak pake seat belt, dan pembatasan jenis kendaraan tertentu.

 
Banyak ugha ya…anything else? 
Well, selain untuk memantau pelanggaran lalu lintas, ternyata sistem ini juga dapat jadi bukti kasus kecelakaan dan tindak kriminalitas di jalan raya. Adapun tahap kedua penerapan tilang elektronik bakal dilakukan pada 28 April 2021 di 10 Polda lainnya.

For when you’re a fan of donuts…

Well, who isn’t?
Donuts are sweet, fun to eat, and just…really yummy. Nah extra (donuts) points buat kamu yang tinggal di Amerika Serikat, karena mulai Senin kemarin, perusahaan donat Krispy Kreme bakal memberikan donat gratis buat pelanggannya, satu hari satu, sampe akhir tahun. Syaratnya? Cukup kasih liat aja kartu bahwa kamu udah menerima vaksinasi Covid-19.
 
Dalam keterangan perusahaan, Krispy Kreme bilang, “Kita semua pengen Covid-19 ini segera berakhir, dan kami ingin mendukung orang-orang yang udah mengambil peran untuk bikin pandemi ini berlalu, dengan divaksinasi.” Meski begitu, Krispy Kreme juga bilang bahwa pilihan untuk mau divaksin atau enggak adalah pilihan yang sangat personal, dan mereka yang memilih untuk nggak divaksin juga teteup dapet donat dan kopi gratis, tapi cuma sampe bulai Mei aja.
 
FYI guys, inisiatif ini juga ternyata nggak hanya berlaku buat pelanggan, namun juga buat karyawannya yang divaksin. Selain itu, Krispy kreme juga bakal ngirimin donat dan kopi gratis buat para petugas vaksin di berbagai vaccine center yang udah ditentukan sebelumnya.
 
Nyam nyam…

“On the personal front, I am doing a lot more. I am driving electric cars. I have solar panels at my house. I eat synthetic meat (some of the time!). I buy green aviation fuel. I pay for direct air capture by Climeworks. I help finance electric heat pumps in low-cost housing to replace natural gas,”

Gitu guys, kata bosnya Microsoft yang juga orang tertajir kedua di dunia, Bill Gates pas ditanya soal kontribusi apa aja yang udah dia berikan untuk mengurangi pemanasan global. Gates juga bilang bahwa secara Covid-19 udah membuktikan bahwa kita bisa melakukan banyak hal dengan di rumah aja, maka dia juga bakal mengurangi frekuensi terbangnya dan bakal lebih banyak makan daging sintetis.
 
When you’re rich, you really can do a lot more…

Catch Me Up! Recommendations

Healthy eating is important. And if you want to start somewhere, start from here.

A thank you note…


Thanks to Reza Arnanda for buying us coffee yesterday!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Angel’s Stories

1. Seperti biasa aku buang sampah ke tempat penampungan sampah yang jaraknya nggak jauh tapi terlalu capek kalau jalan kaki, jadi harus ditempuh pakai kendaraan entah motor atau mobil. Dengan bawaan satu kantong besar sampah, biasanya aku bawa naek motor dan sesekali mobil. Baru aja parkir, belum sempat angkut plastik turun, biasanya ada bapak-bapak petugas sampahnya yang selalu sigap dan cekatan nyamperin dan bawain kantong sampahnya. Hari ini ceritanya aku mau kasih sedikit apresiasi berupa uang makan siang buat bapaknya yang selalu helpful ini. Sungguh terkejut bapak itu, yang aku pikir membutuhkan dan menerima tanpa berpikir, justru menolak dengan halus. Wow batinku. Aku tahu bapak itu pasti sudah digaji dari dinas kebersihan setempat, tapi integritas dan profesionalitasnya dalam menjalankan tugas sungguh terrepresentasi sempurna hari ini. Tanpa memandang apa pun profesinya, kadang kita sering memandang remeh profesi orang lain yang “berbeda kelas” tanpa kita tahu betapa banyak value yang justru bisa kita petik dari mereka ini. Terima kasih telah mengajarku tentang arti integritas yang sesungguhnya ya pak.
 
2. Mamaku seorang single parent. Tapi, Mama selalu membesarkan dan mendidik anak-anaknya sebagai seorang Ibu, sekaligus sebagai seorang Ayah. Mama orang yang sangatt hebat, pagi sampe sore kerja, sepulang kerja langsung masak dan membantu anaknya mengerjakan tugas. Bahkan rasanya aku ga pernah ngerasa laper karena Mama selalu nyediaiin makanan yang enak walaupun sederhana. Ga cuma itu, Mama juga bisa bikin aku ga ngerasa kesepian. Mama selalu dengerin setiap aku cerita, memahami posisiku, dan ngasih advice yang baik juga! Padahal aku tau jadi single parent pasti ngga mudah, tapi mama tetap melalui semua ini dengan sangat kuat. Berkat Mama, bagiku rumah adalah tempat yang paling nyaman.
-K-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!