Corona Updates 22 Maret 2021

102

Monday is for…your once a week…Covid-19 updates.

And as always, we start from….

Home.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.455.788 kasus, 39.447 meninggal dan 1.284.725 sembuh.

  • Adapun provinsi dengan kasus penambahan Covid-19 terbanyak adalah DKI Jakarta (1.937 kasus, kumulatif: 368.944 kasus), Jawa Barat (bertambah 822 kasus dan kumulatif 239.434 kasus), Jawa Timur (289 kasus dan kumulatifnya 136.397 kasus), DI Yogyakarta (242 kasus dan kumulatifnya 31.357 kasus), serta Banten (233 kasus dan kumulatifnya 34.389 kasus).

  • Weekend kemarin, AstraZeneca Indonesia menyatakan bahwa vaksin buatannya tidak mengandung babi maupun jenis hewan lain. AZ Indonesia juga bilang bahwa vaksinnya itu udah disetujui oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia, beberapa di antaranya adalArab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Oman, Mesir, Aljazair dan Maroko.
  • Menjelang bulan puasa nih guys, Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar menyampaikan anjurannya supaya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan pada malam hari. Tapi kalo emang dikhawatirkan berlawanan sama standar medis dan keselamatan, maka gpp vaksin di siang hari dan hal itu nggak akan membatalkan puasa.
  • Setelah minggu lalu sempat dihentikan sementara, over the weekend kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya memulai distribusi vaksin Covid-19 AstraZeneca, ke seluruh wilayah hingga daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Menurut Kemenkes, hal ini dilakukan seiring dengan approval yang diterima dari BPOM terhadap vaksin AZ.
  • Minggu lalu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengkonfirmasi bahwa Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong positif Covid-19. Terkait penyakitnya ini, Tae Yong disebutkan tidak menunjukkan gejala serius dan masih bisa koordinasi secara virtual sama direktur teknik Indra Sjafrie.
  • Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa walaupun udah divaksin, kamu harus teteup menjalani protokol kesehatan. Hal ini karena seperti disebutkan sama Jubir vaksinasi Kemenkes Bu Nadia Tarmizi, hasil uji klinis menunjukkan bahwa kekebalan optimal baru bisa didapatkan 28 hari setelah penyuntikan. Artinya, vaksin membutuhkan waktu untuk berkembang dan nggak berarti langsung bikin kamu kebal gengs.
  • Masih ingat soal berita minggu lalu yang bilang bahwa ada kemungkinan tahun ini, kamu udah boleh mudik lebaran? Nah update terbaru ni guys, baru-baru ini, pihak Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa kebijakan lampu hijau mudik lebaran 2021 itu masih belum final. Hal ini karena pemerintah masih masih mempertimbangkan beberapa aspek, terutama dinamika sebaran kasus Virus Corona di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir ini.

Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 122.825.490 kasus dan 2.709.821 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (29.783.723 kasus), Brazil (11.950.459 kasus), India (11.599.130 kasus), Russia (4.397.816 kasus), dan Inggris (4.304.839 kasus).
  • Setelah sempat dihentikan sementara, over the weekend kemarin, sejumlah pemimpin negara-negara di Uni Eropa udah menyatakan siap untuk menerima suntikan vaksin AstraZeneca. Adapun salah satu pemimpin negara yang menyatakan siap divaksin adalah Perdana Menteri Italia Mario Draghi, yang bilang bahwa dirinya melakukan hal tersebut demi meyakinkan warganya atas keamanan vaksin AZ.
  • Selain Italia, negara-negara Eropa lain kayak Jerman dan Prancis juga udah mengumumkan rencana untuk melanjutkan penggunaan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca. Kebijakan ini diumumkan setelah otoritas kesehatan Uni Eropa European Medicines Agency (EMA) menyatakan bahwa vaksin AZ dapat melindungi orang dari kematian atau rawat inap, dan perlindungan ini lebih besar dibanding risikonya.
  • Hanya dua hari setelah menerima vaksin Sinopharm, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, Imran yang sudah berusia 68 tahun tengah menjalani isolasi mandiri.
  • Setelah setahun ditutup, pada hari Kamis lalu, Islandia menjadi negara visa Schengen pertama yang kembali buka untuk menerima wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke negaranya. Adapun syaratnya, wisatawan tersebut harus menunjukkan bukti bahwa mereka udah sembuh dari Covid-19 atau udah divaksinasi.
  • Satgas Covid-19 Thailand melarang pelaksanaan tradisi ‘perang air’ di perayaan tahun baru  Festival Songkran yang rencananya bakal digelar pada 13-15 April mendatang. Larangan itu diterbitkan karena pandemi virus corona atau Covid-19 di negeri gajah putih tersebut yang belum berakhir.
  • Minggu lalu, klub mewah milik mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump yaitu Mar-a-Lago, yang terletak di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, baru aja menutup sebagian resortnya setelah sejumlah pegawainya positif Covid-19. Meski ada yang positif, namun hal ini nggak menghentikan operasional klub.