Corona Updates 15 Maret 2021

73

And as always, here is your Covid-19 updates

Yep, it’s Monday, and your weekly Covid-19 updates is still here. Let’s check it out!

 

Nationally… 

  • Per kemarin total kasus positif Covid-19 di Indonesia udah mencapai 1.414.741 kasus, 38.329 meninggal (2,7% dari Terkonfirmasi), dan 1.237.47 (87,5% dari Terkonfirmasi) sembuh.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (355.876 kasus), Jawa Barat (228.277 kasus), Jawa Tengah (160.063 kasus), Jawa Timur (133.630 kasus), dan Kalimantan Timur (59.173 kasus).
  • Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lagi mendorong makin cepatnya proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Soalnya guys, diketahui bahwa vaksin Sinovac batch pertama bakal kadaluwarsa pada 25 Maret 2021 mendatang. Yha memang sih, dalam kemasan Sinovac tercatat vaksin Covid-19 ini akan kadaluwarsa sampai 2023, namun waktunya dipercepat jadi hanya enam bulan ajha. Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan percepatan itu wajar dilakukan untuk vaksin yang dikeluarkan melalui izin penggunaan darurat (EUA).
  • Masih inget guys, soal Wali Kota Blitar yang jadi viral karena joget dangdut pas lagi corona? Nah weekend kemarin, Wali Kota Blitar bernama Pak Santoso ini akhirnya meminta maaf karena udah melakukan hal tersebut. Beliau juga bilang bahwa aksi joget dangdutan yang dilakukannya bersama sejumlah orang di Balai Kota Blitar itu sebagai sebuah kekhilafan. Aksi tersebut sebelumnya terekam dalam tayangan yang beredar dan viral di media sosial.
  • Kemarin, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah dinyatakan positif Covid-19, padahal doi diketahui udah dua kali menerima vaksinasi Sinovac. Nggak cuma Bu Wagub, namun para anggota keluarganya juga dinyatakan terpapar corona.
  • Weekend kemarin, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X baru aja menerima vaksinasi Covid-19. Sri Sultan menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona di RSUP Dr. Sardjito, dan termasuk pada penerima vaksin lansia.
  • Minggu lalu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar forum diskusi keilmuan Islam (Bahtsul Masail) tentang hukum vaksinasi Covid-19. Hasilnya, PWNU Jatim menghasilkan lima rekomendasi, one of which adalah agar vaksinasi Covid-19 wajib diikuti oleh seluruh warga Indonesia. “Vaksinasi hukumnya wajib, tidak menaati pemerintah dalam kebijakannya yang jelas tidak bertentangan dengan syariat Islam hukumnya haram,” gitu.
  • Who’s feeling optimistic? Bio Farma. Karena Sabtu lalu, perusahaan farmasi ini yakin banget bahwa pihaknya bisa jadi pusat produksi vaksin di Asia Tenggara. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara vaksin PT Bio Farma Bambang Heriyanto yang menyebut bahwa kapasitas produksi vaksin Bio Farma sendiri juga cukup besar, yakni mencapai 2,5 miliar dosis tiap tahunnya.
  • Sabtu lalu, Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, bilang bahwa  bahwa pemerintah China lagi berencana menjadikan perusahaan farmasi di Indonesia sebagai salah satu rumah produksi vaksin asal China untuk negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Pak Djauhari bilang, ada banyak peluang hubungan kerja sama Indonesia-China terkait penanganan pandemi virus corona, terutama komitmen vaksinasi. Soalnya kan Indonesia udah memiliki pengalaman cukup dalam pengembangan vaksin selama ini.


Meanwhile, internationally…

  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 119.514.606 kasus dan 2.648.143 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (29.399.987 kasus), Brazil (11.439.558 kasus), India (11.359.048 kasus), Russia (4.331.396 kasus), dan Inggris (4.267.015 kasus).
  • Minggu lalu, Norwegia baru aja melaporkan tiga petugas kesehatannya yang mendapat perawatan karena mengalami pembekuan darah. FYI guys, ketiganya sempat mendapat suntikan vaksin corona buatan perusahaan farmasi AstraZeneca. Otoritas kesehatan Norwegia bilang bahwa ketiganya mengalami pembekuan darah namun belum bisa memastikan jika hal itu terkait dengan pemberian vaksin.
  • Menanggapi kejadian itu, produsen vaksin AstraZeneca menyatakan bahwa nggak ada bukti yang menunjukkan vaksinnya dapat menyebabkan penggumpalan darah. Hal ini disampaikan oleh AZ sebagai respons atas beberapa negara Eropa dan Asia yang menangguhkan penggunaan vaksin dari AstraZeneca, setelah kejadian di Norwegia. Sementara itu, di Amerika Serikat, CDC masih belum memberikan izin penggunaan atas vaksin buatan AZ.
  • Kemarin, kasus posotif Covid-19 di Belanda melonjak hingga 6.396 kasus dalam 24 jam aja. Angka ini merupakan peningkatan tertinggi sejak pertengahan Januari lalu, di mana angkanya sempat stabil. FYI guys, peningkatan jumlah kasus ini juga terjadi hanya seminggu sebelum pemilu parlemen yang akan segera digelar.
  • Menanggapi munculnya kontroversi terkait vaksin AstraZeneca, WHO menyatakan bahwa nggak ada alasan untuk menghentikan penggunaan vaksin buatan AZ. Pernyataan WHO ini dikeluarkan nggak lama sesudah Bulgaria dan Thailand mengikuti langkah tiga negara Skandinavia untuk menghentikan sementara penggunaan AstraZeneca dalam program vaksinasi virus corona. Langkah itu ditempuh menyusul kematian sejumlah orang di Eropa akibat pembekuan darah, walau belum ada bukti yang benar bahwa kematian dipicu vaksin tersebut.
  • Berita baik dari Amerika Serikat, minggu lalu, Presiden Joe Biden bilang bahwa pemerintahannya bakal mempercepat proses vaksinasi, di mana pada 1 Mei mendatang, seluruh orang dewasa di Amerika Serikat udah bisa mulai divaksin, dan pada hari kemerdekaan AS yaitu pada 4th of July nanti, warganya udah bisa kumpul-kumpul. FYI guys, sejauh ini AS udah berhasil menyalurkan 100 juta dosis vaksin pada warganya, dan over the weekend kemarin, mereka berhasil rekor dengan memvaksinasi hingga lebih dari 2 juta dosis dalam sehari.


Reading in jealousy…