Brand Fashion Asal Barat Mengalami Pemboikotan di Negeri Tirai Bambu

78

For when you love to shop at Nike, Adidas, and H&M…

It would be difficult to find ’em in China.
Iya ni guys, karena emang sejak minggu lalu, ketiganya, beserta brand-brand fashion lain asal barat baru aja mengalami pemboikotan di Negeri Tirai Bambu tersebut. Akibatnya, saham dari perusahaan-perusahaan tadi juga ikut anjlok sejak minggu lalu.
 
Adapun alasan dari pemboikotan ini adalah karena perusahaan-perusahaan tadi speak up dan mengkritisi terkait adanya dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang, yang juga wilayah penghasil kapas yang merupakan bahan baku dari berbagai produk pakaian. Nah karena kritikan inilah, publik China nggak setuju dan banyak dari mereka yang memilih untuk memboikot brand-brand tersebut.
 
Akibat pemboikotan ini, saham Nike turun lebih dari tiga persen di Wall Street per Kamis (25/3), saham Adidas juga turun enam persen di Frankfurt, dan sahamnya H&M turun dua persen di Swedia. Selain tiga brand ini, Burberry juga ikutan di-boikot dan sahamnya turun juga sebanyak empat persen.  FYI, sebelumnya harga saham atas merek di atas cukup tinggi karena banyak masyarakat China yang membeli produk-produk mereka. Nah, gara-gara diboikot, saham mereka jadi ikutan turun deh, secaraaa China adalah pasar terbesar di dunia.