WHO Umumkan Covid-19 Berasal Dari Hewan Sebelum Menyebar Ke Manusia

296

Who’s finally made a conclusion?

WHO, aka World Health Organization.

 
On what?
On the origin of coronavirus. Yep guys, kemarin, para peneliti WHO baru aja mengumumkan bahwa Covid-19 most likely berasal dari hewan sebelum akhirnya menyebar ke manusia. Dengan pernyataan ini, maka teori-teori yang bilang bahwa Covid-19 berasal dari suatu lab yang ada di Wuhan, China, sama sekali nggak terbukti.
 
WOW.
Yep, kesimpulan ini diambil setelah para peneliti WHO dateng langsung ke Wuhan dan melakukan investigasi ke tempat-tempat yang dicurigai sebagai asal mula penyebaran virus kayak ke pasar ikan dan Wuhan Institute of Virology dan the Wuhan Center for Disease Control laboratory. FYI, investigasi ini dilakukan selama 4 minggu.
Terus terus, apa lagi?
Lebih jauh, ahli WHO Dr. Peter Ben Embarek yang merupakan pimpinan dari tim investigasi ini juga bilang bahwa “most likely”, virusnya menular ke manusia dari hewan, tapi hewannya apa belum tau juga, dan masih diteliti lebih lanjut. Terus, disebutkan juga bahwa wabah Covid-19 nggak ditemukan di mana pun sebelum Desember, namun emang pas ditemukan itu, virusnya udah menyebar ke luar pasar ikan yang ada di Wuhan.
 
I see. Maksud dan tujuannya apa sih bikin penelitian begini?
Well, dengan diketahuinya informasi-informasi paling awal terkait pandemi ini, maka diharapkan bisa membantu kita mengetahui gimana asal mula sebuah wabah terjadi, dan of course, jadi informasi buat jaga-jaga supaya hal yang sama nggak kejadian di masa depan. FYI guys, menginvestigasi asal mula suatu wabah itu merupakan kerjaan yang rumit dan butuh waktu lama, misalnya virus SARS yang membutuhkan waktu penelitian sampe 10 tahun untuk tahu penyebab awalnya, dan ada juga Ebola, yang pertama kali diidentifikasi pada tahun 1970, dan sampe sekarang belum ketauan asalnya dari mana.
 
Terus katanya virusnya “bocor” dari lab yang ada di Wuhan ini nggak bener ya?
Enggak. Extremely unlikely katanya guys. Karena itu, nggak perlu lah diteliti lebih lanjut teori itu, kata WHO.
 
How about bats?
Yep, kelelawar dan trenggiling kan sebenernya yang paling sering disebut-sebut juga sebagai hewan yang menularkan Covid-19 ke manusia, namun sample yang didapatkan dari kedua hewan tersebut di Wuhan ternyata nggak serupa sama yang ditemukan di Covid-19 gengs. Ada juga kecurigaan bahwa minks (sejenis musang) merupakan hewan yang membawa virus, tapi yha belum jelas juga.
 
Got it. Anything else?
Well, terkait penemuan ini, pihak China mengumumkan bahwa intinya, pasar ikan di Wuhan itu merupakan tempat di mana virusnya pertama kali menyebar, bukan berasal dari sana. Tapi yha gimana virusnya bisa nyampe ke pasar ikan tadi, belum tau juga.