Texas Alami Badai Salju Selama Satu Minggu Hingga Alami Krisis Air Bersih

31

Now everybody, let’s talk about Texas. 

What about it?
Jadi minggu kemarin, Texas, negara bagian di Amerika Serikat yang identik dengan cuaca hangatnya mengalami badai salju hebat selama hampir satu minggu full. Akibatnya, listrik mati, heater mati, dan terjadi krisis air bersih besar-besaran.
Di TEXAS?
Yep, Texas. Jadi emang hampir lebih dari setengah populasi Texas terdampak oleh badai ini. Terus Presiden Biden juga udah mengumumkan status bencana besar buat The Lone Star State dan bakal segera mengucurkan dana pemulihan buat para korban bencana.
 
Emang parah banget?
Parah guys. Jadi awalnya kan terjadi badai salju dulu tuh, abis itu, listrik langsung mati, meaning kalo nggak ada listrik, berarti nggak bisa nyalain penghangat ruangan juga, padahal tempraturnya minggu lalu itu dingin banget, yaitu sekitar -6 sampai 1 derajat celsius. Terus pas listriknya udah nyala, giliran tap water mereka yang mati karena terjadi kerusakan pipa-pipa air dan gas di berbagai lokasi. Akibatnya hingga Sabtu kemarin, masih ada sekitar 15 jutaan warga Texas yang nggak dapet akses air bersih.
 
Tapi kok bisa sih listriknya mati?
Karena ternyata, pembangkit listrik di Texas emang nggak dirancang untuk cuaca super dingin. Jadi pas terjadi badai itu guys, sumber listrik di Texas yang berasal dari natural gas, batu bara, dan pembangkit nuklir tiba-tiba mati dan pipa-pipanya bocor. At the same time, udara dingin juga menyebabkan konsumsi natural gas di Texas meningkat, hingga otoritas setempat terpaksa harus memutus akses listrik secara bergiliran biar kerusakan pipa-pipanya nggak makin parah.
 
Terus kalau air bersih?
Bad, too. Jadi gara-gara badai ini, ada lebih dari 1.300 sistem suplai air yang terganggu dan gangguan ini terjadi di 62% wilayah yang ada di Texas. FYI guys, di salah satu kota besarnya Texas, Houston, laporan soal pipa bocor aja udah mencapai lima ribu laporan. Dan tanpa adanya air bersih, warga jadi banyak yang nggak bisa mandi, bersih-bersih, hingga nge-flush toilet.
Geeeez…is this due to climate change? 
Yep, udah banyak penelitian yang membuktikan bahwa climate change menyebabkan cuaca yang ektrim, either kalau panas, panas banget, kalau dingin, dingin banget. Hal ini juga yang terjadi di Texas, di mana minggu lalu itu, wilayahnya mengalami rekor terdingin dalam 30 tahun terakhir, yaitu mencapai -18C.
 
Terus, ada korban ga?
Ada. Sejauh ini, tercatat ada 58 orang meninggal karena badai salju tadi. Penyebabnya adalah kedinginan akut (hipotermia), menghirup asap beracun (misalnya, berusaha stay warm dengan nyalain mesin mobil tapi jendela mobilnya nggak dibuka), hingga meninggal karena nggak mendapat pertolongan di rumah sakit, due to power outage. 

Sad :(, anything else I should know? 
Well, winter storm also means political storm for a politician from Texas, Ted Cruz yang juga pernah nyapres di tahun 2016 lalu. Jadi pas lagi badai kemarin, Cruz dan keluarganya malah terbang ke Cancun, Mexico buat liburan. Cruz menjelaskan bahwa gara-gara badai, kan sekolah jadi ditutup selama seminggu, nah terus anak-anak perempuannya minta jalan-jalan, jadi deh mereka sekeluarga cussss ke Cancun. Dalam permintaan maafnya, Cruz juga bilang dia emang salah dan harusnya nggak melakukan hal itu. MeanwhileWalikota Colorado City, Texas, baru aja mengundurkan diri gara-gara dia posting di Facebook untuk bilang ke masyarakatnya bahwa “the city owes them nothing” and “Only the strong will survive” untuk menanggapi warganya yang protes tentang listrik mati.