Survei Capres 2024 Versi LSI: Prabowo Unggul Disusul Ganjar dan Anies

86

For when you got the “where do you see yourself in 3 years” question…Maybe…as a president? 

Karena kemarin, Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru aja merilis hasil surveinya terkait siapa kandidat presiden yang mempunyai elektabilitas paling tinggi untuk maju di tahun 2024.

Dan hasilnya adalaaaaah…
Drumroll pleaseee…. Prabowo Subianto. Iya guys, Pak Menteri Pertahanan. Jadi berdasarkan hasil simulasi terbuka atas 29 nama yang bisa dipilih sebagai capres 2024, disebutkan bahwa ada empat figur yang dapat ‘nilai’ tertinggi, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Nah berdasarkan survey LSI, yang paling tinggi elektabilitasnya adalah Prabowo dengan 22,5 persen.  Next, dilanjut sama Ganjar Pranowo (10,6 persen), lalu Anies (10,2 persen) dan Ahok (7,2 persen).
Whooaa terus? 
Nah terus ketika namanya disimulasikan jadi 14, tetep aja, nama Pak Prabowo ada di urutan pertama dengan 25,3 persen, terus Ganjar di 14,7 persen, dan Anies dengan 13,1 persen.  Meanwhile, pas nama-namanya dibatasin jadi 10 nama, Prabowo tetap unggul sampai 26 persen, terus Ganjar 15,4 persen, dan Anies 13,3 persen.
Go on…
Terkait hasil risetnya ini, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan menyatakan bahwa meskipun LSI melakukan tiga simulasi, tetap aja urutannya nggak berubah, di mana Prabowo tetap yang pertama, terus Ganjar, Anies, Sandiaga Uno, dan selanjutnya ganti-gantian antara Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. FYI gengs, survei ini dilakukan pada 25 – 31 Januari 2021 dengan total responden 1.200 orang.  Adapun metode penelitian yang dipakai adalah metode multi-stage random sampling, dengan responden yang tersebar di 11 provinsi.
Uhm…interesting…
Yep, jadi berdasarkan data survei, para responden memilih kandidat presiden karena:

  • “orangnya tegas/berwibawa” (27,6 persen),
  • “orangnya merakyat/perhatian pada rakyat” (22,5 persen),
  • “orangnya jujur/bersih dari praktik KKN” (9,6 persen),
  • “orangnya pintar/berpendidikan” (7,2 persen), dan
  • “paling memperjuangkan kepentingan rakyat kecil” (6,8 persen).

What if...kita pilpresnya saat ini?

Nah, kalau pemilihan presidennya dilakukan ‘saat ini’, responden paling banyak memilih Jokowi (18 persen), Prabowo (12 persen), Anies (5,7 persen), Ganjar (3,5 persen), Sandiaga Uno (2,6 persen), Ahok (2,5 persen), and so on.  Meanwhile, untuk elektabilitas partai politik (parpol) dalam simulasi terbuka, parpol yang paling unggul adalah PDIP (20,1 persen), Gerindra (11,0 persen), Golkar (8,3 persen), PKS (6,8 persen), dan PKB (6,7 persen).
Anything else?  
Well, terkait kansnya maju di tahun 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bilang bahwa yhaa tidak menutup kemungkinan bahwa beliau bakal maju di tahun 2024 bareng Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.  Meanwhile, Kang Emil bilang  “Tidak ada yang tidak mungkin, tapi tadi kata Pak Sandi masih jauh. Kita fokus, saya menyelesaikan gubernur, Pak Sandi menyukseskan parekraf.”
Ok…