Resiko Gagal Jantung Berkurang Bagi Peminum Kopi Hitam

89

For when you cannot start your day without black coffee…

Same, same.
Dan ada kabar baik nih guys, buat kita-kita para pecinta kopi hitam. Jadi baru-baru ini, The AHA Journal Circulation: Heart Failure, baru aja mem-publish studi terbaru yang dilakukan tentang kopi. Studi tersebut merupakan studi komparasi data-data dari tiga studi yang pernah dilakukan sebelumnya,. Jadi yang pertama adalah yang dilakukan di Framingham, Massachusetts, kedua studi tentang risiko Atherosclerosis, dan ketiga adalah studi yang di-publish di the Cardiovascular Health Study. Secara keseluruhan, studi-studi tersebut punya data tentang pola makan dari sekitar 21.000 adult Americans.
Hasilnya, jeng jeeeeng jadi berdasarkan analisis dari ketiga data tadi, diketahui bahwa resiko gagal jantung dari orang-orang yang minum kopi hitam setiap harinya menurun antara 5 – 12 %, dibandingkan orang-orang yang nggak minum kopi.  Meaning, setiap kamu minum kopi, risiko gagal jantung-mu juga ada kemungkinan menurun gengs. Meanwhile, this will probably get you excited, bahwa hasil studi dari Atherosclerosis Risks menemukan bahwa kalo kamu cuma minum kopi segelas, maka risiko kamu kena gagal jantung sama aja sama yang nggak minum kopi sama sekali. Meanwhile, kalo kamu minumnya dua gelas atau lebih, maka resikonya turun sampai 30 persen!
Tapi inget ya guiiiiizzzze, bahwa kopi yang kita maksud adalah kopi item, Not your favourite es kopi susu. In fact, kalau nambah susu, gula, dll, khasiat kopinya bakal hilang. Terus, ukuran one cup of coffee di studi ini adalah 8 ounces, meanwhile standar ‘grande’ cup di café-café itu sekitar 16 ounces.  Kalau kebanyakan caffeine juga nggak baik untuk kesehatan gengs, so make sure minumnya jangan lebih dari four cups a day. And get some sleep. And don’t eat too much fried food. And avoid toxic people.
 
Yeppp demi jantung sehat!