Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran Kartu Prakerja 2021

24

For when you’re still looking for a job…You may consider Kartu PraKerja. 

Ada lagi? 
Yes. Per kemarin banget, pemerintah udah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja 2021. Adapun pembukaannya dilakukan langsung sama Menko Perekonomian aka Ketua Umum Golkar, Pak Airlangga Hartarto.
Tell me more!
Ok. Jadi pendaftaran kali ini termasuk dalam gelombang ke-12, dan kuota yang tersedia adalah untuk 600 ribu orang. Menurut Pak Airlangga, program ini bakal tetap menggunakan metode semi-bansos, di mana kamu bakal dikasih uang sembari ikut pelatihan-pelatihan prakerjanya.
We’re talking about how much?
Here’s the breakdown: jadi bantuan untuk ikut pelatihannya ada Rp1 juta, terus kamu juga bakal dapet insentif setelah pelatihan sebesar Rp600 ribu setiap bulan untuk empat bulan, jadi totalnya adalah Rp2,4 juta. Selanjutnya, ada juga insentif kalo kamu ikutan survei satu kali sebanyak Rp 50 Ribu, dan surveinya ada tiga kali, jadi kamu bisa dapet Rp150 ribu.  FYI, total anggaran untuk program ini sebanyak Rp 10 triliun gengs.
Sign me in! Eh tapi syarat pendaftarannya apa aja?
Sama kayak tahun lalu, yaitu kamu harus seorang WNI, umur 18 tahun ke atas, dan nggak lagi kuliah. Jadi emang program ini khusus dibuat untuk para pencari kerja, pengangguran, dan juga wirausaha.  Menurut Pak Airlangga, bagi para pekerja yang dirumahkan dan pelaku usaha UMKM yang usahanya terpaksa berhenti gara-gara pandemi juga dianjurkan untuk daftar program Prakerja ini.
I see, cara daftarnya gimana? 
Pertama, kamu udah bisa mulai bikin akun di website program yaitu www.prakerja.go.id. Menurut Head of Communications dari Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, kamu udah bisa bikin akun sejak minggu kemarin. Nah, bagi yang sebelumnya udah punya akun tapi nggak lolos, maka kamu cuma perlu update aja kalau ada data yang berubah. Setelah punya akun, peserta harus verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir.  Next, peserta harus isi data diri dan upload foto KTP. Terus kamu harus mengisi beberapa pernyataan-pernyataan, ikutan tes motivasi dan kemampuan dasar, terus yhaaa tinggal nunggu hasil seleksinya.
Oh gitu… anything else? 
Pak Airlangga juga bilang kalau penerima program ini dibatasi jadi dua orang per Kartu Keluarga (KK).  Jadi, if you have more than one siblings, kamu harus bersaing sama saudara-saudaramu juga.  In case you forgot, program ini bekerjasama dengan tujuh platform digital, which includes Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.  Kalau kamu lulus seleksi, kamu bisa pilih tuh mau dapet pelatihan dari lembaga mana, don’t forget that you’ll also receive an online certificate.