Pemerintah Himbau Perayaan Tahun Baru China Dirumah Saja

81

Hi hi hi. Chinese New Year is tomorrow, and here’s to get you ready.

Yep, we got you all geared up to welcome the Year of Ox. Scroll down.

  • If you are an ASN (Aparatur Sipil Negara), you better stay home. Hal ini karena Menpan RB udah menerbitkan surat edaran yang melarang ASN pergi liburan antara tanggal 11 – 14 Februari 2021 aka pas perayaan Imlek. Adapun mereka yang melanggar bakal diberi sanksi berupa hukuman disiplin yang udah diatur dalam peraturan pemerintah sebelumnya.
  • If you are a karyawan swastayou better stay home, too. Jadi, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19 udah meminta ke para pemimpin perusahaan swasta untuk mengimbau ke pegawainya supaya nggak jalan-jalan ke luar kota pas tahun baru Imlek.
  • If you’re in Surabayachances are, kamu nggak bisa nonton Barongsai di luar rumah karena Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Wishnu Sakti Buana baru aja mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang imbauan supaya pertunjukan barongsai dilakukan secara daring aja. Hal ini berangkat dari pandangan bahwa kalo digelar offline, maka khawatir banyak warga yang ngumpul dan berpotensi memunculkan cluster Covid-19.
  • Still in Surabaya: Pak Whisnu juga mengimbau camat, lurah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan ke warganya bahwa pelaksanaan ibadah selama Imlek dilakukan secara daring. Tapi, prosesi di rumah ibadah masih boleh, dengan jumlah jemaah maksimal 50 persen dari kapasitas normalnya.
  • If you are in JakartaPak Anies Baswedan mengimbau supaya warga supaya nggak jalan-jalan ke luar kota saat libur perayaan Imlek 2021.  Sebisa mungkin menghindari tempat-tempat keramaian, but the best thing to do is to stay at home.  In fact, PSBB di Jakarta diperpanjang sampai 22 Februari 2021 nanti.
  • Di Yogyakarta, pemerintah setempat udah memastikan bahwa Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang rutin digelar saat perayaan tahun baru Imlek di Kampung Ketandan, Kota Yogyakarta bakal digelar secara daring. Keputusan ini diambil karena pemerintah berkaca dari tahun lalu, di mana acara tersebut selalu dihadiri banyak orang.
  • Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan saat libur imlek, Polda Metro Jaya udah menyiapkan pos-pos keamanan di jalur-jalur yang kemungkinan bakal padat. Mnurut kepolisian, puncak arus lonjakan kendaraan dan penumpang menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah kemungkinan akan terjadi pada Kamis aka tudai.
  • Masih dari polisi, diketahui juga bahwa Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal melakukan tes swab antigen secara acak di sejumlah area peristirahatan tol di Pulau Jawa selama masa libur Imlek. Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk pelacakan dan penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19) selama masa liburan.
  • Di Palembang, Sumatera Selatan, kegiatan Cap Go Meh di Pulau Kemaro yang biasanya dilaksanakan 15 hari setelah Imlek juga ditiadakan. Kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, tradisi ini biasanya diikuti hingga 20.000 orang wisatawan dari luar Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.
  • Since everything is moved online now, you might want to take a look on fitur-fitur baru di Facebook dan di Instagram yang dihadirkan untuk merayakan imlek. Adapun fitur-fitur ini meliputi Reactions, stiker, GIF, Avatar, dan AR Filter di Facebook dan Instagram.
  • For when you’re waiting for Angpau, there probably won’t be any. Karena Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kemarin udah meminta warga Khonghucu dan Tionghoa untuk mengubah tradisi pemberian amplop merah/angpau dari yang langsung menjadi transfer. Hal ini untuk menghindari kerumunan dan juga mencegah penyebaran covid-19. Menurutnya, “walaupun amplop merah seru, lebih seru yang di dalamnya.”
Mashoook Pak Menteri…