Orang Berkacamata Punya Resiko Lebih Kecil Terinfeksi Virus Corona

74

For when you haaaaaaate wearing glasses under your mask…

We all know the struggle.
Iya, emang perjuangan banget pake kacamata sambil pake masker tuh, karena most of the time, kacamata-mu jadi sering berembun. Eits, tapi guys, kamu mungkin bakal mempertimbangkan lagi untuk nggak ganti ke kontak lensa dulu, karena ternyata penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang pake kacamata punya resiko lebih kecil untuk terinfeksi virus corona. Jeng jeeeeng….
Yep, jadi hal ini diketahui dari hasil penelitian yang baru aja dilakukan di India belakangan ini. Jadi dalam penelitian itu diketahui bahwa untuk orang yang pake kacamata, maka risiko terinfeksi covid-19-nya berkurang sampe tiga kali lipat. Hal ini bisa terjadi karena salah satu media penularan virus adalah ketika kamu mengucek mata, hidung atau mulut dengan tanganmu. Namun dengan pake kacamata, maka kemungkinannya, kamu bakal lebih jarang mengucek mata, hingga bikin risiko kamu tertular semakin kecil.
Adapun penelitian ini dilakukan terhadap 304 orang (223-nya laki-laki dan 81 di antaranya perempuan) di sebuah rumah sakit di India dengan usia antara 10 sampai 80 tahun dan semuanya punya gejala Covid-19. Dari jumlah ini, 19 persen atau 60 orang di antaranya pake kacamata sepanjang waktu. Lebih jauh, penelitian ini juga menyebutkan bahwa yha emang sih, infeksi virus corona yang berasal dari mata itu emang jarang banget terjadi, namun perpindahan droplet dari mata ke hidung atau mulut sangat mudah terjadi. Karenanya, penggunaan kacamata pada jangka waktu yang lama diyakini bisa mengurangi risiko penularan Covid-19. Sedangkan buat para pekerja kesehatan, mereka harus go the extra miles dengan pake safety googles.