Ngozi Okonjo-Iweala Akan Menjadi Pemimpin Wanita Pertama WTO

74

Who’s finally got a new boss?

The World Trade Organization aka WTO. 

Who’s the new boss then? 
Everybody, meet: Ngozi Okonjo-Iweala, seorang economist, yang juga mantan Menteri Keuangan Nigeria. Jadi, Okonjo-Iweala ini bakal jadi perempuan pertama dan orang Afrika pertama to lead the WTO, aka World Trade Organization.
 
Nice. Gimme some background. 
Ok, jadi emang sejak tahun lalu, WTO udah nggak ada pemimpinnya karena Direktur Jenderal WTO sebelumnya, namanya Roberto Azevêdo mengundurkan diri setahun lebih cepat pada Agustus lalu. Nah untuk mengisi kekosongan ini, negara-negara anggota WTO harus menentukan siapa pengganti beliau.  Long story short, ada dua kandidat penggantinya, yaitu Menteri Perdagangan Korea Selatan, Yoo Myung-hee dan mantan Menteri Keuangan Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala.
I see, and Okonjo-Iweala was elected? 
Hmm..it’s a bit complicated.  Jadi, dalam pemelihannya itu, Okonjo-Iweala udah unggul di atas kertas karena dapet dukungan dari berbagai negara anggota kayak Uni Eropa, Cina, Jepang, dan Australia. Namun, pemilihannya jadi tertunda karena Amerika Serikat mendukung Myung-hee, it became complicated karena dalam aturannya, seluruh anggota WTO harus on board ke satu calon.
Welp…terus gimana? 
Ya jadinya, Jumat (5/2) kemarin, Yoo Myung-hee memutuskan untuk mengundurkan diri. She said that she withdrew supaya WTO bisa move forward dan menangani isu-isu besar seperti menurunnya multilateralisme dan sengketa-sengketa dagang yang masih tertunda penyelesaiannya.  Selain itu, dia juga berharap agar WTO bisa segera menangani tantangan di masa depan kayak perdagangan yang proteksionis (perdagangan yang dibatasi oleh kebijakan pemerintah), climate change, dan perubahan dalam proses digitalisasi.
Got it.
Yap. Dalam keterangannya, Myung-hee juga bilang bahwa keputusannya udah final setelah dia konsultasi dengan Amerika Serikat. Selain itu, beliau menyebut bahwa WTO udah kelamaan tanpa pemimpin, jadi ya dia mundur aja supaya anggota WTO bisa mencapai konsensus.
Now, back to Okonjo-Iweala…
Well, as we said before, beliau adalah mantan Menteri Keuangan dan Menteri Luar Negeri Nigeria. Terus, beliau juga pernah kerja di Bank Dunia selama 25 tahun, sebagai development economists, dan membangun karirnya di sana hingga mencapai posisi Managing Director.  Beliau juga merupakan anggota dari board of Gavi (organisasi global yang bakal mendistribusikan vaksin covid-19 bareng sama COVAX), sampai akhir Desember ini.
Anything else? 
Yep. Terkait WTO ini, Okonjo-Iwaela menyebut bahwa lembaga itu butuh pemimpin baru dengan kemampuan untuk mengimplementasikan reformasi dan kerja bareng negara-negara anggota. Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan WTO bisa keluar dari kubu-kubu perdagangan yang ada (kubu AS dan kubu China). Oh iya FYI guys, beliau juga bakal jadi black women pertama yang memimpin organisasi perdagangan tersebut.
Clap clap…