Jokowi Minta Sekolah Tatap Muka Dimulai Pada Juli 2021

139

For when you can’t wait to go back to school…You’ll be able to, soon! 

Really? 
Yes. Kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim baru aja bilang bahwa sekolah udah boleh mulai tatap muka lagi setelah para guru divaksinasi. Menurut Mas Menteri, udah terlalu lama anak-anak kita sekolah tanpa tatap muka.
Hah seriiiius?
Yep. Lebih jauh Mas Nadiem bilang bahwa kalau program vaksinasinya bisa selesai pada akhir Juni, kemungkinan besar tahun ajaran baru depan sekolah udah boleh tatap muka. Rencananya, Kemendikbud punya target untuk memvaksinasi sekitar lima juta guru, terus Pak Jokowi juga pengen sekolahan mulai tatap muka pada Juli 2021.
Finallyyyyyyy….. 
Yha tapi meskipun udah boleh buka, namun perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia bilang bahwa sekolah masih teteup harus menerapkan protokol kesehatan karena emang covid-19 masih belum terkendali.  This meansyou still have to keep your distance with your besties ya.
Terus terus, siapa aja yang divaksin?
Yhaa menurut Mas Menteri sih yang jadi prioritas untuk divaksin adalah guru PAUD, SD, dan SLB dulu. Terus baru deh para guru SMP, SMA dan dosen perguruan tinggi. Hal ini karena anak-anak lebih susah menjalankan pendidikan jarak jauh karena mereka butuh interaksi fisik.
 
I see…
Adapun untuk distribusi vaksin ke daerah, maka penyalurannya bakal diatur oleh pemerintah pusat di bawah Kementerian Kesehatan. FYI guys, meskipun targetnya Kemendikbud mau memvaksin lima juta guru, namun saat ini ada sekitar 5,5 juta guru di Indonesia, both yang guru negeri dan swasta.
Ok…terus gimana cara dapet vaksinnya? 
If you’re a teacher, daftar peserta vaksin serta jadwal dan lokasinya bakal diumumin sama dinas kesehatan/dinas pendidikan/kantor wilayah di daerah masing-masing. Terus kalo udah dapat jadwal, guru dan tenaga pendidikan harus bawa identitas diri ke tempat vaksinasi untuk mendapatkan dosis vaksinnya. Selain itu, guru juga harus bawa surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan pas mau divaksin.
Ok, anything else? 
Dalam acara peluncuran program vaksinasi terhadap guru kemarin, disebutkan bahwa ada 650 guru, dosen, tenaga kependidikan, sampai ke pegiat pendidikan yang divaksin. Adapun organisasi profesi guru yang juga mengirim perwakilannya adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Guru Indonesia (IGI), Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), Forum Guru Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia, Majelis Nasional Pendidikan Katolik, Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI), Asosiasi Guru Seni Budaya Indonesia (AGSBI), dan asosiasi profesi guru lainnya.