Gunung Gede Pangrango Terlihat Dari Kemayoran Jakarta

103

What is one thing that’s suuuuper unlikely to happen in Jakarta?

Bebas macet?
Nope. Ngeliat gunung, guys.
HAH apa sih maksudnya?
Yhaa jadi kemarin itu, super jarang banget tapi kalo kamu tinggal di Kemayoran Jakarta Pusat, chances are, kamu bisa liat Gunung Gede Pangrango yang terletak di Jawa Barat dengan mata telanjang!
Whoaa serius?
Iya. Jadi kemarin, ada seorang fotografer langit dengan nama akun @wibisono.ari yang meng-upload foto Gunung Gede Pangrango di Instagram-nya. Dalam captionnya, dia bilang bahwa pemandangan gunungnya itu diambil dari Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran Jakarta Pusat. Zuzur cakep guys fotonya.
 
Cooool…
Yep. Nah terkait hal ini, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan bahwa emang dalam beberapa hari terakhir ini, langit Jakarta lagi nggak berkabut karena polusi udara. Hal ini tentunya karena covid-19. Jadi seiring dengan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama corona, masyarakat banyak yang diam di rumah, hasilnya, udara ibu kota jadi lebih bersih dan less-polluted.
 
Nice to know.
Right? Selain itu, Pak Syaripudin menyebut bahwa hal ini menunjukkan that there’s still hope untuk lingkungan hidup yang lebih baik. Menurutnya PSBB bakal dilanjutkan untuk mengurangi penyebaran covid-19. Terus yha kalau mobilitas warga berkurang, pencemaran udara dari kendaraan dan tempat industri bisa berkurang juga.
Hmm ok, anything else? 
Iya.  Pemprov DKI juga mendorong supaya warga mau beralih ke transportasi umum.  Terus, Pemprov DKI juga mewajibkan kendaraan bermotor untuk melakukan uji emisi dari kendaraan mereka. Selain itu, pemerintah DKI juga lagi memperluas MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Hal-hal ini supaya udara di DKI Jakarta bisa lebih bersih dan bebas polusi.